Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ramon Momon

Menag: Awal Puasa 1 Ramadhan Jatuh pada Ahad 3 April 2022

Agama | Friday, 01 Apr 2022, 19:31 WIB

Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan awal Ramadhan jatuh pada Ahad tanggal 3 April 2022. Penetapan itu diambil berdasarkan sidang Isbat yang digelar di Kemenag pada Jumat (1/4/2022) hari ini.

"Secara mufakat bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Ahad, 3 April 2022," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qaumas, dalam siaran langsung Sidang Isbat.

Menag mengatakan sidang Isbat diikuti oleh Komisi VIII DPR RI, perwakilan duta besar negara sahabat, lembaga astronomi, para pakar, serta jajaran Kemenag. Menag mengatakan, pemerintah dalam menentukan awal Ramadhan selalu menggunakan dua metode yakni hisab dan rukyat.

"Dua metode ini, bukan dua metode yang diperhadapkan atau dpertentangkan. "Keduanya saling melengkapi satu sama lain sama pentingnya. Perukyat harus kuasa keduanya," katanya.

Menag mengatakan, berdasarkan laporan sejumlah Kemenag daerah 101 titik rukyat di 34 provinsi, dari yang melaporkan kesemuanya melaporkan tidak melihat hilal. "Berdasarkan hisab posisi hilal sudah di atas ufuk belum penuhi MABIMS baru serta laporan rukyatul hilal, secara muafakat 1 Ramadhan jatuh hari Ahad 3 April 2022," ujarnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image