Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Abigail Fionna

Sistem POS Makin Canggih, Perusahaan Ini Tambahkan Fitur Keren

Bisnis | Friday, 01 Apr 2022, 13:32 WIB

POS atau Point of Sales adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mengelola setiap transaksi pada saat proses checkout. Sistem ini sering disebut juga sebagai aplikasi kasir dan sangat dibutuhkan oleh bisnis retail karena dapat membuat proses transaksi menjadi lebih efektif.

HashMicro, sebagai perusahaan penyedia software ERP juga meluncurkan software PoS. Dengan software ini, Anda bisa mengelola inventaris, menambahkan program promosi, dan melakukan stock transfer dengan mudah. Selain itu Anda juga bisa menganalisis penjualan di semua cabang secara otomatis.

"Saat ini software PoS menjadi software penting untuk bisnis retail. Sayangnya, masih banyak software PoS yang memiliki fitur kurang mumpuni," ungkap Lusiana, Business Development Director HashMicro.

"Maka dari itu, HashMicro meluncurkan software PoS dengan tiga fitur utama yang sangat penting untuk kepentingan bisnis retail," jelasnya.

Kemudahan Penggunaan

Software PoS dari HashMicro mempunyai interface yang user friendly. Tampilannya mudah untuk dipahami, sehingga dapat mempermudah transaksi dan melancarkan operasional bisnis retail Anda. Selain itu, software kasir HashMicro juga ringan dan cepat.

Software ini juga berbasis web sehingga bisa Anda akses lewat perangkat apapun. Lusiana menjelaskan jika teknologi digital seperti ini sangat dibutuhkan, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Sehingga Anda bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja, meskipun Anda sedang work from home atau bekerja dari rumah.

Software ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan data analitik yang lengkap. Dengan bantuan aplikasi kasir ini, data operasional bisnis seperti penjualan akan tersentralisasi sehingga performa bisnis bisa Anda tinjau dengan praktis. Anda juga bisa mengelola banyak cabang toko serta data-data lainnya secara real time.

Terdapat multi payment action yang memungkinkan pelanggan Anda untuk membayar dengan berbagai jenis metode. Bisa dengan uang tunai, menggunakan kartu kredit maupun debit, serta dengan berbagai macam e-wallet sehingga sangat efisien bagi pelanggan maupun bagi perusahaan.

Terintegrasi dengan Software Lain

Sistem PoS HashMicro sudah terintegrasi dengan software lain sehingga dapat membuat bisnis Anda berjalan dengan lebih efisien. Software yang terintegrasi dengan sistem ini adalah software ERP, accounting, inventory/stock management, dan software-software lain.

Lusiana mengungkapkan jika fokus utamanya ada pada efisiensi. Pihaknya berusaha mengeliminasi hambatan berupa proses administrasi dan kalkulasi yang kompleks. Maka dari itu, HashMicro menciptakan software yang terintegrasi sebagai solusi.

Anda bisa mendapatkan berbagai update mengenai inventaris secara real time. Dengan software ini, Anda bisa mencari produk dengan mudah, memantau penjualan setiap item yang ada, serta menerima notifikasi ketika stok mulai menipis.

Selain itu, Anda juga bisa mengelola promosi. Data pelanggan dan membership akan tersedia, sehingga Anda bisa membuat promosi yang dipersonalisasi. Proses percetakan dan pengiriman invoice pun sangat mudah, termasuk ketika ada promosi.

Setiap data akan tercatat secara otomatis, begitupun dengan data penukaran barang, pengembalian barang, dan cicilan pembayaran. Anda bisa mendapatkan laporannya dengan reportase data yang mudah untuk dimengerti.

Fitur Canggih

Belum banyak sistem PoS yang memiliki fitur canggih seperti AI. Bisa dibilang, jika HarshMicro adalah software PoS pertama yang berbasis AI pertama di Indonesia. Dengan ini, Anda bisa melakukan analisis data, memprediksi penjualan, dan rekomendasi penjualan dengan teknologi AI sehingga jauh lebih akurat dan efisien.

Lusiana mengatakan jika di tahun 2035 fitur AI dapat meningkatkan produktivitas perusahaan hingga 40 persen, seperti apa yang diteliti oleh CTI Group. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi pengguna bisnis.

"HashMicro akan membantu pertumbuhan perusahaan dan bisnis retail melalui peluncuran fitur ini," tutur Lusiana.

HashMicro Bersiap untuk Menghadapi Industri 5.0

Software PoS dari HashMicro memiliki tiga fitur utama yang membuat software semakin canggih.

Selain mendapatkan kemudahan penggunaan, software juga terintegrasi dengan software lain sehingga membuatnya semakin efektif. Software ini juga berbasis AI yang membuatnya semakin canggih. Kecanggihan tersebut merupakan sebuah keharusan agar dapat beradaptasi sesuai perkembangan zaman.

"Meskipun Indonesia sedang fokus mengembangkan industri 4.0, tidak ada salahnya bersiap untuk menghadapi industri 5.0," tutup Lusiana.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image