Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bahar Sungkowo MPd

Guru Paripurna dengan Pribadi Nan Mempesona : Profil Guru SHALIH

Guru Menulis | 2022-03-31 19:14:05

Ada pepatah mengatakan “ Guru kencing berdiri, Murid kencing berlari” mengingatkan kepada kita bahwa figur guru akan mempengaruhi kepribadian dan tabiat murid yang diajarkannya. Pepatah inipun diperkuat dengan predikat guru dengan akronim yang kepanjangannya di gugu dan di tiru. Dari kedua penjelasan diatas, maka penulis menekankan akan kepribadian guru adalah cerminan karakter muridnya. Penulis akan memaparkan profil guru SHALIH sebagai profil guru masa kini yang memiliki pribadi mempesona, pribadi guru paripurna dengan profil SHALIH nya. Nah langsung saja apakah tiga kata kunci dari tulisan ini yakni guru paripurna, mempesona dan profil SHALIH ini?. Berikut penjelasan penulis dibawah ini :

a. Guru Paripurna

Guru paripurna adalah guru sempurna. Makna paripurna adalah lengkap atau penuh. Guru adalah pribadi yang harus memenuhi kelengkapan, dan penuh dengan kebaikan-kebaikan dan kebermanfaatan-kebermanfatan. Dalam diri gurulah, peserta didik mendapatkan kebaikan-kebaikan dan kebermanfatan-kebermanfaatan, baik dalam ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap atau karakter. Guru masa kini adalah guru yang memahami, memaknai, serta mengamalkan empat kompetensi guru yakni : pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial. Guru masa depan adalah guru paripurna dengan kompetensi dan keahliannya.

b. Guru Mempesona

Guru mempesona adalah guru yang menarik dan menakjubkan peserta didik. Guru mempesona menjadikan siswa terpesona dengan kepribadiannya dan kepintaran ataupun kelihaiannya dalam mengajar dan mendidik peserta didik. Guru masa kini memiliki inner beauty, bukan sekedar cantik dan ganteng saja. Guru masa kini mampu menjadi bestii dalam memahami gejolak jiwa remaja, menjadi pribadi solutif terhadap curhatan peserta didik, baik permasalahn pelajaran ataupun masalah pergaulan sehari-hari. Guru mempesona memiliki kepribadian guru SHIFT, apa itu guru SHIFT?, akan penulis jelaskan pada penjelasan berikut ini :

c. Profil Guru SHIFT.

Profil guru SHIFT adalah kepribadian guru paripurna yang mempesona. Kedua pribadi guru ini terangkum dalam profil Guru SHIFT. Lalu apakah profil guru SHIFT itu?. Ada lima profil guru SHIFT sebagai berikut :

1. S adalah Sinergi, profil sinergi adalah profil guru yang dapat bekerja sama, berinetraksi dengan civitas sekolah serta berkolaborasi dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Profil sinergi dapat menenpatkan dirinya sesuai dengan lingkungan interaksinya dan dapat bekerjasama dan berkolaborasi.

2. H adalah Humanis, profil humanis adalah profil guru yang menghargai sisi kemanusiaan sebagai pembangun hubungan baik sesama manusia. Profil humanis mengangkat derajat toleransi, menghargai perbedaan, menjunjung nilai-nilai Hak Asasi Manusia (HAM) sebagai landasan berinteraksi sesama manusia.

3. I adalah Inovatif. Profil inovatif adalah mindset yang membangun serta sikap suka berkreasi menciptakan hal-hal yang baru sebagai solusi permasalahan yang dihadapi. Profil guru inovatif selalu mencipta hal-hal yang baru, berpikiran maju, cepat dalam beradaptasi terhadap teknologi dan keterampilan masa kini. Prinsipnya Inovasi adalah harga mati.

4. F adalah Fastabiqul Khairat. Profil fastabiqul khairat ini memberikan kontribusi untuk melakukan dan menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat. Pribadi fastabiqul khairat menjadikan kebiasaan mengerjakan sesuatu dengan sebaik-baiknya, mengajar dengan sebaik-baiknya dan mendidik dengan sebaik baiknya, karena bukan hanya dinilai oleh atasan, tapi dinilai oleh Tuhan Yang Maha Esa, sebagai ibadah kepada-Nya.

5. T adalah Teladan. Profil teladan adalah menjadikan tingkah lakunya cerminan kebaikan dan inspirasi bagi rekan sejawat, peserta didik, serta civitas sekolah lainnya. Dengan profil teladan, menjadi cermin bagi civitas sekolah untuk bersama-sama mewujudkan budaya keteladanan sehingga civitas sekolah menjadi pribadi-pribadi yang baik, dan bertanggung jawab. Wallahu alam.

d. Guru masa kini = guru yang 3I dan itu ada pada profil guru SHIFT.

Guru masa kini adalah guru yang 3I maksudnya adalah guru yang Inspiratif, Inner Beuty, dan Ikhlas. Peserta didik adalah pribadi yang butuh inspirator untuk kesuksesan meraih masa depan. Guru masa kini adalah guru yang disenangi dan diidolakan oleh peserta didik karena memiliki inner beaty atau sisi kecantikan baik kecantikan prilaku, kecantikan tutur kata (publik speaking) dan kecantikan penampilan yakni bersih, harum dan rapi. Hal inilah yang disenangi peserta didik. Guru masa kini adalah guru yang ikhlas dalam mengemban tugasnya. Peserta didik tidak menyukai guru yang sombong, killer dan banyak omong. Hanya guru yang penuh keikhlasan menjadi panutan peserta didik.

Guru masa kini dengan 3I ini semua ada pada profil guru SHIFT. Inspirator dan inner beaty selaras dengan sinergi, humanis dan inovatif, dimana profil ini akan meningkatkan kompetensi kepribadian, profesional dan sosial guru, sedangkan ikhlas ini selaras dengan profil fastabiqul khairat dan profil teladan. Masya Allah, jadi profil guru paripurna dan mempesona dengan pribadi SHIFT adalah karakteristik guru masa depan. Apakah anda sependapat dengan penulis?. Mungkin yaa mungkin tidak, karena tinjauannya tentunya berbeda. Ala kulli hal, guru masa depan adalah guru yang diidolakan dan mempesona peserta didik sebagai mana syair lagu terpesona yang akan penulis gubah seperti ini :

Terpesona dengan guru SHIFT

Terpesona aku terpesona

Memandangi guruku yang mempesona 2x

Pribadinya penuh teladan

Humanis dan bersinergi

Fastabiqul Khairat aku terpesona

Demikian artikel penulis yang sederhana ini, semoga menginspirasi.

Penulis : Bahar Sungkowo

Guru IPS dan Kewirausahaan SMP Internat Al-Kausar Kabupaten Sukabumi

Jawa Barat.

Nomor WA ; 087820994093

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image

Ikuti Berita Republika Lainnya