Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sutanto

Sutanto Nominator Cipta Lelagon Bocah Tingkat Nasional

Info Terkini | Thursday, 31 Mar 2022, 16:47 WIB

Guru MTsN 3 Bantul Drs. Sutanto masuk menjadi nominator Lomba Cipta Lelagon Tingkat Nasional yang diselenggarakan Panitia Peringatan Hadeging Kadipaten Pakualaman ke-216 Tahun (Jawa). Atas raihan tersebut lagunya yang berjudul “Njaga Karesikan” mendapat apresiasi berupa piagam penghargaan dan akan dibukukan oleh panitia.

Sertififikat diterima Sutanto di Ruang Danawara Barat, Pura Pakualaman Rabu (30/3/2022) diserahkan oleh Ririn Pamungkasari mewakili panitia.

Alumni Seni Musik IKIP Yogyakarta mengatakan, dirinya mengirim karya sudah di hari-hari terakhir deadline di 12 Maret 2022. Sehingga persiapan yang dilakukan kurang maksimal. Untuk membuat lelagon harus mematuhi tema keselarasan manusia dengan alam semesta dengan sasaran anak usia PAUD sampai Sekolah Dasar. Karya mesti dilengkapi notasi dan direkam dalam format mp3.

“Bisa masuk nominasi sudah merupakan karunia luarbiasa. Lirik berbahasa Jawa juga merupakan tantangan tersendiri. Lelagon bocah paling pas mestinya diiringi dengan gamelan, sedangkan saya hanya menggunakan orgen. Ini mungkin salahsatu kekurangan saya,” terang Sutanto.

Kepala MTsN 3 Bantul Sugeng Muhari, S.Pd.Si menyambut gembira atas prestasi yang ditorehkan salahsatu guru di madrasahnya. Hal itu dapat memacu guru lain untuk selalu berkarya dalam berbagai bidang.

“Selaku Kepala Madrasah saya bangga, Pak Tanto bisa masuk nominasi dalam lomba tingkat nasional ini. Tentu saja ini membawa nama baik madrasah kami dan akan menjadi spririt guru dan siswa untuk berkarya dan terus berkarya,” imbuh Sugeng.

Berikut lelagon Njaga Karesikan karya Sutanto selengkapnya:

Ayo kanca njaga karesikan/ Pekarangan omah lan plataran

Dimen endah kabeh yen sinawang/ Iku tandha saperangan saka iman

Aja lali nandur tetuwuhan/ Sawernane kembang lan woh-wohan

Mawar mlathi gedhang lan rambutan/ Nggulawenthah lemah paring Pangeran

Reff:

Njaga karesikan perangane iman/ Pakarti utama ditindakke

Kanthi rasa lila tansah ngupakara/ Kabeh tetuwuhan saben dina

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image