Peran perempuan sebagai Ibu dan pengatur rumah tangga

Image
Adeummunasywah Adeummunasywah
Info Terkini | Tuesday, 29 Mar 2022, 13:09 WIB

Peran Perempuan sebagai ibu dan pengatur rumah tangga

Oleh : Eli Kusrini( muslimah peduli umat)

Ketika seorang wanita yang telah menikah dengan laki2 yang di pilihnya maka ketundukannys yang utama selain kepada Alloh dan rosulnya adalah kepada laki laki yang telah menjadi suaminya. Sehingga di katakan bahwa antara orang tua dan suami yang harus diutamakan adalah suaminya. Sehingga sosok suami yang menjadi pemimmpin dalam keluarga menjadi penentu baik buruknya istri dalam bersikap, bertindak maupun mendidik anak.

Baru baru ini kita di gemparkan dengan berita tentang seorang ibu di brebes yang tega menggorok ketiga anaknya hingga satu diantaranya meninggal dunia. Dilansir dari popmama. Com 21/3/22 bahwasanya alasan dari ibu yang bernama kanti utami (35 th) tega membunuh anaknya adalah karena alasan ekonomi dari suami yang sering menganggur dan suami yang suka membentaknya dan anak2 nya. Sehingga timbul keinginan untuk menyelamatkan anaknya agar tidak mndapat perlakuan yang buruk seperti yang diterimanya.

Dari kasus yang terjadi di atas terlihat jelas bahwa kewarasan seorang istri tergantung bagaimana seorang suami memperlakukannya. Suami bertanggung jawab penuh terhadap nafkah bagi istri dan anak anaknya. Dalam surat al baqoroh:233 di katakan" dan kewajiban bapak memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf, seseorang tidak di bebani melainkan menurut kadar kesanggupannya.

Jika seorang suami telah memberikan hak kepada keluarganya maka seorang istri bertanggung jawab sebagai ibu dan pengatur dalam rumah tangga karena ibu adalah sosok pendidik pertama dan utama bagi anak anaknya. Seorang istri mempunyai tanggung jawab taat dan patuh kepada suami, selalu menjaga nama baik suami, menjaga diri dan amanah terhadap harta suami dan tidak meminta sesuatu kepada suaminya yang tidak bisa disanggupinya. Tanggung jawab dari seorang ibu kepada anaknya selain menyusui adalah mendidik anak dengan baik dengan cara menanamkan aqidah yang bersih seperti firman Alloh dalam surat Muhammad:19 "maka ketahuilah bahwa sesungguhnya tidak ada sesembahan yang haq melainkan Alloh. Selain itu wajib juga mengajari sholat serta menanamkan kecintaan kepada Alloh dan rosulnya dan mengajari mereka Alquran.

Para ibu pada masa kejayaan islam benar2 memotivasi anak anaknya untuk mendapat kebaikan lebih2 alquran sebagaimana mereka mengusakan kebaikan bagi jiwa anak anaknya.

Permasalahan yang terjadi di negara kita seperti yang terjadi di atas adalah salah satu masalah yang banyak sekali timbul di negara kita salah satunya karena sistem yang diterapkan di negara kita tidak bisa menjamin kemaslahatan berumah tangga sehingga kemuliaan seorang istri dan ibu tidak terjaga.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Waspadalah terhadap yang Fana

Hari Guru 2021: Islam Memuliakan Guru

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

APBN 2022 Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional

Image

OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK MELALUI PEMBENTUKAN KADER SMART CEGAH STUNTING DI DESA MANGGIHAN

Image

SMPN 1 Padalarang Salurkan Tanda Kasih Kepada Korban Gempa Cianjur

Image

Sejarah Penamaan Pada Hari Jumat dan Anjuran Salat Wajib bagi Laki-laki Muslim

Image

ANGGARAN PENDIDIKAN DI INDONESIA YANG BELUM BISA DI KATAKAN TEPAT SASARAN

Image

Manfaat Memasak Bersama Anak

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image