Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Adeummunasywah Adeummunasywah

Peran perempuan sebagai Ibu dan pengatur rumah tangga

Info Terkini | Tuesday, 29 Mar 2022, 13:09 WIB

Peran Perempuan sebagai ibu dan pengatur rumah tangga

Oleh : Eli Kusrini( muslimah peduli umat)

Ketika seorang wanita yang telah menikah dengan laki2 yang di pilihnya maka ketundukannys yang utama selain kepada Alloh dan rosulnya adalah kepada laki laki yang telah menjadi suaminya. Sehingga di katakan bahwa antara orang tua dan suami yang harus diutamakan adalah suaminya. Sehingga sosok suami yang menjadi pemimmpin dalam keluarga menjadi penentu baik buruknya istri dalam bersikap, bertindak maupun mendidik anak.

Baru baru ini kita di gemparkan dengan berita tentang seorang ibu di brebes yang tega menggorok ketiga anaknya hingga satu diantaranya meninggal dunia. Dilansir dari popmama. Com 21/3/22 bahwasanya alasan dari ibu yang bernama kanti utami (35 th) tega membunuh anaknya adalah karena alasan ekonomi dari suami yang sering menganggur dan suami yang suka membentaknya dan anak2 nya. Sehingga timbul keinginan untuk menyelamatkan anaknya agar tidak mndapat perlakuan yang buruk seperti yang diterimanya.

Dari kasus yang terjadi di atas terlihat jelas bahwa kewarasan seorang istri tergantung bagaimana seorang suami memperlakukannya. Suami bertanggung jawab penuh terhadap nafkah bagi istri dan anak anaknya. Dalam surat al baqoroh:233 di katakan" dan kewajiban bapak memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf, seseorang tidak di bebani melainkan menurut kadar kesanggupannya.

Jika seorang suami telah memberikan hak kepada keluarganya maka seorang istri bertanggung jawab sebagai ibu dan pengatur dalam rumah tangga karena ibu adalah sosok pendidik pertama dan utama bagi anak anaknya. Seorang istri mempunyai tanggung jawab taat dan patuh kepada suami, selalu menjaga nama baik suami, menjaga diri dan amanah terhadap harta suami dan tidak meminta sesuatu kepada suaminya yang tidak bisa disanggupinya. Tanggung jawab dari seorang ibu kepada anaknya selain menyusui adalah mendidik anak dengan baik dengan cara menanamkan aqidah yang bersih seperti firman Alloh dalam surat Muhammad:19 "maka ketahuilah bahwa sesungguhnya tidak ada sesembahan yang haq melainkan Alloh. Selain itu wajib juga mengajari sholat serta menanamkan kecintaan kepada Alloh dan rosulnya dan mengajari mereka Alquran.

Para ibu pada masa kejayaan islam benar2 memotivasi anak anaknya untuk mendapat kebaikan lebih2 alquran sebagaimana mereka mengusakan kebaikan bagi jiwa anak anaknya.

Permasalahan yang terjadi di negara kita seperti yang terjadi di atas adalah salah satu masalah yang banyak sekali timbul di negara kita salah satunya karena sistem yang diterapkan di negara kita tidak bisa menjamin kemaslahatan berumah tangga sehingga kemuliaan seorang istri dan ibu tidak terjaga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image