Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Hery Purnama

Belajar Berkebun, Santri SMP Ar-Rohmah Tahfidz Kunjungi Kusuma Agrowisata Kota Batu

Eduaksi | Tuesday, 29 Mar 2022, 06:29 WIB
Santri SMP Ar-Rohmah Tahfidz Pesantren Hidayatullah Malang outing class ke Kusuma Agrowisata Kota Batu.

Malang — Belajar di alam terbuka bisa menjadi pembelajaran yang asyik dan menyenangkan. Terlebih destinasinya menyuguhkan pengalaman seru bercocok tanam di kebun layaknya seorang petani.

Seperti yang dilakukan oleh SMP Integral Ar-Rohmah Tahfidz Pesantren Hidayatullah Malang, Jawa Timur. Ratusan santri kelas VII dan VIII itu diajak outing class ke Kusuma Agrowisata Kota Batu, Sabtu (26/3).

Penanggung jawab acara, Gatot Manisya Aban mengatakan, kegiatan di luar kelas itu bagian dari mengedukasi santri tentang pentingnya pertanian dalam kehidupan keseharian.

"Hasil dari berkebun atau bertani itu sangat penting bagi ketersediaan pangan,"ujarnya.

Ustadz Aban, demikian sapaan akrabnya menambahkan, melalui kegiatan tersebut setiap santri diajari langsung menanam berbagai tanaman. Seperti buah-buahan, sayur-mayur dan padi.

Sehingga harapannya akan tumbuh kreatifitas dalam diri mereka untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada menjadi kebun yang produktif. Tidak hanya itu, para santri juga akan semakin menghargai setiap makanan yang merupakan hasil dari setiap bertani atau berkebun tersebut.

Sementar itu Ihsan Haqiqi, salah satu santri kelas VII mengaku senang dan antuasias mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak pukul 8.30 pagi hingga Ashar itu. Banyak pengalaman berharga yang ia dapatkan selama mengikuti _outing class_ tersebut. Salah satunya ia menjadi tahu tahapan dalam menanam dan merawat berbagai tumbuhan. Selain itu ia juga semakin menghargai profesi mulia seorang petani.(Hery Purnama)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image