Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image riska nur

Peranan guru dalam tantangan pendidikan dimasa pendemi

Guru Menulis | Monday, 28 Mar 2022, 13:46 WIB

PERANAN GURU DALAM TANTANGAN PENDIDIKAN DIMASA PANDEMI

Guru meruapakan panutan bagi para peserta didik dalam menuntut ilmu peranan guru didalam memberikan pelajaran sangatlah berpengaruh dapat dikatakan bahwa guru merupakan seseorang yang menyuarakan pendidikan kepada masyarakat.

Didalam islam juga sosok guru sangat strategis disamping mengemban keilmuan agar peserta didik menguasai ilmu- ilmu agama, guru juga mengemban tugas suci misi kenabian yakni membimbing dan mengarahkan peserta didik menuju jalan Allah SWT.

Seharusnya guru memiliki alternatif dalam memberikan pendidikan kepada peserta didik selain itu guru memiliki tanggung jawab supaya pendidikan dapat berjalan dengan lancar dan baik.Akan tetapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman. Guru seharusnya dapat menyadari mengenai tantangan-tantangan terkhusus diera yang serba digital seperti saat ini.

Tentunya dapat dikatakan bahwa suatu tantangan akan selalu ada seiring dengan adanya perputaran zaman dan sosok guru harus dapat memberikan solusi supaya tantangan yang dihadapi bisa berdampak positif untuk perkembangan pendidikan diindonesia. Di massa yang serba digital ini tantangan guru bermacam-macam. Guru juga harus dapat menyesuaikan cara mengajar dengan kebutuhan pelajar masa kini dengan memanfaatkan teknologi dan informasi saat ini.

Guru meupakan sosok pekerja keras yang selama ini patut untuk dicontoh bagi guru guru yng baru memulai karir sebagai guru. Ditengah pembatasan sosial diakibatkan wabah Covid 19 mereka tetap semangat mengejar dan mengajar ilmu pengetahuan hampir tidak ada yang menyangka wajah pendididkan kita berubah drastis dikarenakan covid 19

Namun konsep sekolah dirumah tidak pernah menjadi menjadi arus utama dalam wacana pendidikan nasional diindonesia walaupun semakin populer penerapan pembelajaran online (online learning) selama ini kita hanya mengetahui bahwa yang memakai pembelajaran online hanya pada universitas terbuka program kuliah karyawan dari sejumlah universitas dan kursus-kursus tambahan (online Couses)

Akan tetapi kebijakan tersebut wajib dijalankan disebabkan karena penyebaran wabah yang semakin meluas hampir diseluruh indonesia mapun luar negeri oleh sebab itu memaksa perubahan dari pendidikan formal dibangku sekolah menjadi belajar dirumah. Dengan sistem online. Sistem pendidikan tentu tidak mudah dilakukan terutama bagi guru yang biasa melakukan pembelajaran secara langsung disekolah disamping itu disiplin pribadi untuk belajar secara mandiri ada fasilitas dan sumber daya yang mesti disediakan.

Melihat kondisi saat ini belum juga ada kepastian kapan masa pandemi akan berakhir yang sudah berlangsung selama 2 tahun terakhir ini dengan pembelajaran secara daring tentunya ada perubahan yang signifikansi dalam sistem belajar mengajar bila sebelumnya bertatap muka secara langsung dan kini belajar secara daring dirumah masing-masing

Banyak hambatan yang terjadi ketika nelaksanakan pembelajaran ditengah pandemi seperti ini. Mulai dari pihak guru khususnya guru yang tidak muda lagi ada sebagian guru yang belum paham betul dengan menggunakan teknologi terutama dalam menghadapi pembelajaran daring. Seakan sudah terbiasa dengan pembelajaran tatap muka kemudian mendadak diubah dengan pembelajaran daring yang diakibatkan oleh pandemi covid hal tersebut tidak lah muda bagi guru-guru khususny guru senior. Guru harus mempersiapkan diri dalam memilih metode pembelajaran yang tepat namun juga dapat diterima dengan baik bagi dirinya dan para peserta didiknya. Perlu adanya pengetahuan yang memadai tentang teknologi atau aplikasi aplikasi pembelajaranyang menyesuaikan dengan kondisi pembelajaran daring. Selain untuk belajar bagi diri sendiri guru juga bisa memberikan pemahaman mengenai kebutuhan teknologi yang digunakan. Sungguh besar perjuangan guru dalam memberikan pelajar ke peserta didik dimasa pandemi. Dan banyaknya hambatan yang dirasakan selain guru yaitu peserta didik mulai dari kuata internet, jaringan yang tidak stabil, ketiduran disaat pembelajaran dan masih banyak lagi tidak bisa dipungkiri hal ini sangat wajar terjadi diakibatkan ketidak siapan peserta didik dalam pembelajaran daring

Dalam kondisi ini guru harus bisa berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran daring seperti menurut pak nadiem makariem menteri pendidikan dan kebudayaan mengatakan “ guru harus terus berinovasi dan meningkatkan metode pembelajaran disetiap saat”. Guru harus pintar pintar memilih dan mengkolaborasikan metode-metode pembelajaran yang asyik dan menyenangkan supaya pesert didik semangat dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran daring.

Dari segi ekonomi ataupun keterbatasan kuota internet pemerintah telah menyediakan kuota internet bagi guru maupun peserta didik dengan harapan kuota tersebut digunakan untuk media pembelajaran daring selama pandei covid 19.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image