Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sandi Bagus

Apakah Makan Buah dan Sayur Setiap Hari Saja Cukup ?

Gaya Hidup | Monday, 28 Mar 2022, 11:13 WIB

Pernah berpikir seperti itu sebelumnya ? Melakukan diet sehat hanya dengan konsumsi buah dan sayuran saja setiap harinya ternyata juga tidak baik loh. Kenapa ?

Seperti pada artikel Vice.com, yang berjudul "Inilah yang Dialami Tubuhmu Jika Tiap Hari Hanya Makan Buah dan Sayur"

"Buah dan sayuran kaya akan serat dan karbohidrat, tetapi tak menyediakan cukup makronutrien seperti lemak dan protein yang dibutuhkan tubuh."

"Kamu masih bisa mendapatkan protein yang dibutuhkan dari pola makan nabati, tetapi bakalan sulit memenuhi protein lengkap tanpa biji-bijian." - Amy Shapiro, ahli gizi dari New York.

Foto dari eatingfruits.id via instagram

Memang seharusnya selain menyehatkan, juga perlu disediakan nutrisi lain yang seimbang seperti lemak dan protein. Seperti biasa, hal yang seimbang lebih diutamakan. Seperti kata seorang ahli gizi, Amy Shapiro, kalo cuman konsumsi makanan nabati saja, massa ototmu akan berkurang dan kekuatan tubuh akan berkurang.

Cuma makan buah dan sayuran bisa membuatmu kekurangan beberapa nutrisi penting, seperti total volume kalori,” - ahli nutrisi Stephanie Di Figlia-Peck di New York

Stephanie Di Figlia juga menjelaskan bahwa ada beberapa nutrisi penting untuk volume kalori yang harusnya tercukupi malah jadi berkurang. Memang benar cara defisit kalori semacam ini dipakai untuk melakukan diet sehat. Namun terlalu banyak melakukan defisit kalori secara berlebihan juga tidak baik.

Artikel terbaru dari situs ggl.life, yang berjudul "Cara Defisit Kalori Paling Efektif agar Diet Berhasil", menjelaskan bahwa,

"Kesalahan yang sering dilakukan saat diet, seperti hanya melakukan pengurangan kalori tanpa mempertimbangkan kecukupan gizi, sangat berbahaya. Apalagi hal ini dilakukan dalam jangka waktu lama.

Tubuh memang bisa kurus, tetapi katabolisme otot yang memicu tubuh kehilangan banyak massa otot juga bisa terjadi" - ggl.life

Nah kan, kalo begini jadinya kan, kurus iya, lemes juga iya. Asupan seimbang sangat diperlukan dengan cara mengetahui dan mencatat asupan kalori yang keluar dan masuk setiap harinya. Dengan begitu program dietmu lebih aman dan sehat.

Tapi memang perlu di ingat bahwa, hal yang over sepertinya memang tidak baik.

Kamu sependapat ?

Sumber :

https://www.vice.com/id/article/j534zp/inilah-yang-dialami-tubuhmu-jika-tiap-hari-hanya-makan-buah-dan-sayur

https://ggl.life/blog/cara-defisit-kalori-paling-efektif-agar-diet-berhasil

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image