Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syarif. S

Simulasi Reksadana Tokopedia VS Bibit

Bisnis | Sunday, 27 Mar 2022, 11:29 WIB
Source: Istock

Investasi reksa dana kini semakin mudah. Perusahaan fintech saat ini berlomba-lomba untuk menawarkan produk mereka. Sementara perusahaan fintech biasanya bekerja secara langsung dengan manajer investasi (MI), marketplace sering kali menjadi tangan kedua, melalui kemitraan dengan agen penjualan reksa dana (APERD).

Contohnya Tokopedia yang bermitra dengan Bareksa. Menarik untuk melihat simulasi reksadana di e-commerce "hijau" ini, apalagi dibandingkan dengan APERD Online yang semakin populer seperti Reksa Dana Bibit. Mana yang lebih baik? Simulasi reksadana Tokopedia atau Bibit?

Reksadana Tokopedia

Investasi reksa dana di Tokopedia terbilang mudah. Anda cukup menggunakan aplikasi Tokopedia, mendaftar dengan mengisi pekerjaan Anda, pendidikan, sumber pendapatan, tujuan investasi, upload ID Anda dan sign online. Setelah itu, Anda bisa langsung berinvestasi reksa dana di Tokopedia.

Perlu Anda ketahui bahwa investasi reksa dana di Tokopedia aman karena reksa dana Tokopedia diatur dan didaftarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, Anda bisa berinvestasi di reksa dana dengan pecahan terkecil yaitu Rp 10.000, dan cara pembayarannya semudah berbelanja online.

Namun, produk reksa dana di Reksa Dana Tokopedia tidak banyak. Karena pada saat penulisan ini hanya ada dua produk reksa dana yaitu Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra dan Syailendra Dana Kas yang merupakan reksa dana pasar uang.

Tentu saja, ini adalah kerugian. Pasalnya, Anda tidak bisa berinvestasi di reksa dana lain seperti reksa dana saham dan reksa dana obligasi.

Untuk pemula yang ingin mengakses, Reksa Dana Tokopedia mungkin cocok. Ingatlah bahwa kedua produk reksa dana ini adalah reksa dana pasar uang, dan tergolong paling tidak berisiko. Pada saat penulisan, hasil tahunan juga cukup bagus, dengan Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra sebesar 4,915% dan Syailendra Dana Kas sebesar 6,129%.

Bagaimana dengan Bibit?

Bibit jauh lebih unggul dalam hal integritas produk. Selain itu, Bibit memiliki tidak kurang dari 88 produk reksa dana dari 17 perusahaan manajemen investasi. Ada berbagai macam reksa dana, dari reksa dana pasar uang, saham, obligasi, hingga reksa dana syariah dan indeks di aplikasi Bibit.

Serupa dengan Tokopedia, Bibit juga menawarkan investasi minimal Rp 10.000. Jadi, bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas tetapi ingin mulai berinvestasi, jangan khawatir. Mudahnya, "Reksa Dana Rp10.000" terdaftar secara teratur, jadi Anda hanya perlu memilih dari waktu ke waktu berdasarkan kemampuan, tujuan, dan analisis pengembalian reksa dana Anda.

Selain penawaran produk lengkap, aplikasi ini menyediakan berita terbaru terkait investasi dan tips investasi lengkap untuk pemula. Dengan cara ini, Anda dapat berinvestasi sekaligus belajar dan menjadi investor yang lebih mahir.

Berdasarkan simulasi reksa dana Tokopedia dan Bibit, manakah yang akan Anda pilih? Tetapi apa pun pilihan Anda, pastikan untuk berinvestasi dalam platform yang sederhana dan fungsional berdasarkan kemampuan dan tujuan keuangan Anda.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image