Warga Kampung- Setu, Ciganjur Pawai Obor Menyambut Bulan Suci Romadhon

Image
arief rachman Hakim
Info Terkini | Sunday, 27 Mar 2022, 00:28 WIB

Warga Kampung-Setu, Kelurahan Ciganjur Kecamatan Jagakarsa Jakarta- Selatan adakan pawai obor untuk menyambut datangnya bulan suci Romadhon di sambut dengan gembira oleh warga sekitar, sabtu malam (26/03/2022).

menggelar pawai obor pada Sabtu malam sebagai tradisi tahunan dalam menyambut datangnya bulan Romadhon 1443 Hijriah.

Menurut Bang Arief Rachman hakim mengatakan pawai obor itu kembali digelar setelah sempat ditiadakan selama dua tahun karena pandemi COVID-19.

"Tradisinya menyambut Romadhon, hanya saja kita sempat meniadakan kegiatan pawai obor ini selama dua tahun karena memang kondisi tidak memungkinkan karena virus corona itu, " kata Bang Arief Rachman hakim, Sabtu malam tadi.

Beliau mengatakan dalam menggelar pawai obor menyambut bulan Romadhon kali ini, digagas berbagai organisasi masyarakat kepemudaan (ormas), Pemuda Pancasila, BJI, Pejabat. Sanggar Seni Budaya betawi , sanggar Babeh Jupri, Sanggar Serumpun Padi, Sanggar sarmili.

Dalam pawai obor, Penyelenggara memberlakukan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat, sebab hal itu menjadi salah satu syarat izin bagi para peserta pawai obor dan peserta Harus sudah wajib vaksin.

Pawai obor yang diiringi marching band itu, mengambil start dari Masjid Elsyfa dan di Masjid Assa'adatain, Kelurahan Ciganjur

Bang Arief mengemukakan, hal itu selaras dalam Surah Alhajj ayat 32, yang terjemahannya “barang siapa yang mengagungkan syiar-syiar Allah ,maka sesungguhnya itu dari ketakwaan hati”.

bulan Romadhon adalah bulan dari segala bulan yang dimuliakan berdasarkan salah satu hadits Nabi Muhammad SAW, yang isinya ”Siapa bergembira dengan masuknya bulan Romadhon, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka".

Sementara salah satu Pimpinan Sanggar Seni Betawi babeh Jupri , Subhan mengatakan tradisi pawai obor merupakan rangkaian kegiatan yang memberikan efek positif, yang tidak hanya bagi kalangan anak-anak,Remaja melainkan juga bagi Orang tua

"Karena kita lihat saja tantangan anak-anak maupun remaja kita saat ini semakin besar, karena itu perlu kegiatan semacam ini untuk menjadi wadah bagi mereka meningkatkan ketaqwaan, menanamkan hal-hal positif pada mereka dan menjadi contoh yang baik untuk wilayah lainnya"

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Senyum Hangat sambut Kalapas Polewali, Bupati Polman akan Hadir Berikan Remisi 17 Agustus

Image

DPRK Gelar Paripurna Laporan Penyampaian Reses II Masa Persidangan III Tahun 2022

Image

Kembangkan Instrumen yang Tepat di Setiap Lembaga, LPM Uhamka Laksanakan RTM

Image

MAJU! Bahas IKN, HI UMKT Gelar Seminar Moving Capital Geopolitics of Indonesia

Image

KKN Tematik UPI 2022 : Sosialisasi Parenting dalam Membingkai Ulang Pola Asuh Anak Di Desa Dayeuhkol

Image

Grup Astern Music Hibur Warga Ceme

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image