5 Hal Unik tentang Mandalika, Sudah Tahu?

Image
Triyatni Ashari
Olahraga | Friday, 25 Mar 2022, 21:14 WIB

Event Mandalika secara fisik memang sudah berakhir, namun euforianya masih terasa hingga sekarang. Didapuk jadi tuan rumah di ajang internasional memang menjadi kebanggaan tersendiri. Apalagi, ajang ini membuat banyak orang senang karena yang sudah lama merindukan event offline.

Event yang diselenggarakan di Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada tanggal 18-20 Maret 2022 ini memang sudah selesai digelar. Namun ternyata, di balik banyaknya kehebohan yang terjadi, ada beberapa hal unik mengenai sirkuit Mandalika ini sendiri.

1. Menjadi Tuan Rumah Setelah 25 tahun

Ajang balap motor paling bergengsi sedunia itu sebenarnya pernah mendapuk Indonesia sebagai tuan rumah pada tahun 1997. Jika dihitung-hitung, itu berjarak 25 tahun dengan MotoGP Mandalika 2022. Tapi, sirkuit yang digunakan dulu terletak di Bogor, Jawa Barat, yang dinamakan Sirkuit Sentul.

2. Tiket Terjual Ludes di tiketapasaja.com

Di tengah masih asingnya event offline karena selama 2 tahun pandemi melanda dunia, siapa sangka tiket event MotoGP Mandalika ini ludes lho di salah satu platform penjualan tiker resmi Mandalika yang bernama tiketapasaja,com. Rekor penjualan tiket terjadi selama dua bulan terakhir sebelum acara.

3. Hadiah Tiket Gratis

Dalam liputan beritasatu.com, ada sejumlah 15 perusahaan terkemuka di Indonesia yang telah ikut menyukseskan penyelenggaraan Mandalika GP Series paling bergengsi ini.

Komitmen dukungan itu pun disampaikan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku bagian dari ITDC Group di Jakarta, pada Selasa (8/3/2022).

Kelimabelas perusahaan yang telah sukses berkomitmen menjadi sponsor Mandalika GP Series tersebut di antaranya PT Pertamina (Persero) untuk track naming right serta PT Telkom Indonesia, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., PT Bank Mandiri (Persero), Tbk., PT PGN Tbk sebagai venue partner, PT GoTo Gojek Tokopedia, dan PT PP (Persero) sebagai main sponsor, serta Aprillia Indonesia, Astra Honda Motor, J&T Express, PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk., TDR High Performance Technology, RCB (Racing Boy) dan KYT Helmet sebagai supporting sponsor.

PT Telkom Indonesia, khususnya IndiHome sebagai penyedia layanan internet terbesar di Indonesia pun tidak mau kalah dalam memeriahkan acara MotoGP ini. Mereka memberikan kabar gembira untuk pelanggan setia IndiHome internet stabil terpilih. 50 Pelanggan HVC Platinum kemarin ikut merasakan atmosfer nonton balapan langsung MotoGP Mandalika melalui program “Experience MotoGP Mandalika with IndiHome”, pada 19-20 Maret 2022. Masing-masing pelanggan mendapatkan 2 tiket nonton MotoGP dan merchandise eksklusif.

4. Didukung 2 Grup Perusahaan Besar Indonesia

Dua grup media besar di industri pertelevisian Indonesia yakni TRANSMEDIA dan MNC Group juga ikut mendukung penuh perhelatan MotoGP Mandalika 2022 dengan meningkatkan intensitas publikasi melalui pemberitaan, terlebih menjelang hari-H pelaksanaan.

TRANSMEDIA melalui Trans7 sendiri diketahui memiliki hak siar untuk platform free to air terestrial dengan memperolehnya secara langsung dari pihak Dorna Sports, bahkan diketahui juga telah memperpanjang kontraknya hingga 2027.

Bagi yang tidak memasang TV di rumah, ini merupakan hal yang menarik. Kebetulan kemarin suami juga langsung menonton acara MotoGP melalui streaming online IndiHome di Trans7. Sebagai pelopor Wifi cepat, nonton streaming tanpa buffer merupakan kenikmatan sendiri.

5. Sekaligus Promosi Wisata

Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui. Begitulah mungkin peribahasa yang bisa diibaratkan pada perhelatan akbar ini. Di tengah menurunnya kepopuleran sektor wisata selama pandemi, ajang MotoGP ini sekaligus menjadi penarik wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjungi pariwisata Indonesia khususnya di Lombok.

Gelaran race MotoGP Mandalika 2022 juga dimanfaatkan betul oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk mempromosikan pariwisata Indonesia.

Tahukah Anda? MotoGP Mandalika 2022 merupakan salah satu sarana yang digunakan oleh Kemenparekraf untuk menjalankan program recovery sektor pariwisata berbasis meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE).

Kemenparekraf menargetkan MotoGP Mandalika 2022 kemarin dapat menjadi momentum untuk membangkitkan kembali pariwisata di Indonesia khususnya Lombok setelah sempat terdampak oleh pandemi Covid-19.

Untuk mewujudkan target tersebut, Kemenparekraf memberikan kebijakan pelonggaran persyaratan untuk perjalanan wisatawan khususnya domestik yang ingin mengunjungi sejumlah destinasi wisata Indonesia. Apakah Anda salah satu orang yang sudah menghadiri MotoGP secara langsung di Lombok?

Nah, itu dia 5 hal unik seputar MotoGP Mandalika 2022. Kita berharap, semoga event ini bisa memberikan banyak manfaat. Baik untuk persatuan Indonesia, maupun menjadi batu loncatan kembali agar pariwisata Indonesia semakin dikenal di dunia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

A Mom Blogger

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Lapas Batu Ikuti Sosialisasi Penyusunan SKP Secara Daring

Image

Cara Dapat Barang Gratis di Akulaku Tanpa Undang Teman

Image

Kejujuran Adalah Bekal Hidup Mu Nak

Image

Game Online PC Gratis Yang Wajib Kamu Mainkan Sekarang!!

Image

Kemenkumham Jateng Siap Diaudit BPK RI

Image

Masa Berlaku Paspor Kini 10 Tahun, Imigrasi Siapkan Juknisnya

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image