Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Kalena

Rencana Mau Traveling? 7 Tips Ini Cocok Buat Kamu yang Pergi Traveling Sendirian

Wisata | Friday, 25 Mar 2022, 16:42 WIB

Pergi ngebolang sendirian memang membuat traveling jadi lebih seru. Mau traveling sendiri ke Jakarta, Jogja, Bali, atau lainnya jadi bebas. Terlebih bagi Kamu yang gak suka aturan atau pengen keliling tanpa tekanan dari orang lain.

Tapi, jangan lupa beberapa hal yang harus Kamu perhatikan sebelum dan selama traveling. Hal ini bertujuan supaya Kamu gak merasa bingung atau bahkan kesepian walaupun perginya sendirian. Nah, berikut ini 7 tips traveling sendirian ala seorang travel enthusiast, Kalena Efris yang perlu diperhatikan agar perjalanan traveling nanti jadi menyenangkan.

Instagram : @kalenaefris

1. Riset dulu kebutuhan Kamu sebelum pergi traveling

Pergi berlibur sudah pasti membuat Kamu memerlukan banyak kebutuhan, bukan? mulai dari tiket, barang bawaan, akomodasi, dan sebagainya. Jangan anggap pergi sendiri itu hal yang sepele walaupun Kamu sering melakukannya. Karena kita gak pernah tahu apa yang akan terjadi selama traveling nanti.

Siapkan tiket perjalanan Kamu sejak jauh-jauh hari. Jangan sampai Kamu gak kebagian tiket gara-gara telat memesan. Berikutnya siapkan barang bawaan yang seperlunya saja. Ingat, Kamu itu mau berlibur, bukannya pindahan.

Yang gak kalah penting adalah pikirkan akomodasi selama Kamu di tempat tujuan traveling. Usahakan jangan cari penginapan setelah Kamu sampai di lokasi, tapi sebelum Kamu berangkat. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir sulitnya mencari penginapan ketika Kamu sampai lokasi di waktu malam hari.

2. Siapkan anggaran dan buat perincian yang detail

Membuat daftar belanja selama traveling penting buat Kamu yang ingin menikmati nuansa traveling murah. Dengan begitu Kamu gak bakal kehabisan uang saku. Apalagi pergi berlibur sendiri, jadi besar kemungkinan gak ada yang bisa nolong Kamu jika nanti kehabisan budget.

Sebagai tips traveling yang hemat, Kalena Efris menyampaikan tentang pentingnya rincian anggaran yang jelas, mulai dari berangkat sampai kembali ke rumah. Perlu diingat, jangan egois! Selama kamu traveling, ikuti panduan belanja di daftar yang telah Kamu buat. Jangan mentang-mentang Kamu sendiri dan bebas berbuat apa aja, Kamu jadi lalai dalam membelanjakan uang. Bisa-bisa nanti Kamu kehabisan uang sebelum pulang.

3. Pahami rute perjalanan di sekitar tempat traveling

Btw, mungkin Kamu akan kebingungan mencari jalan ketika berada di tempat asing. Solusinya, pahami dulu rute jalan yang ada di sekitaran tempat traveling. Jangan andalin maps, tempat traveling biasanya sulit mencari sinyal, terutama di tempat-tempat wisata alam.

Instagram : @kalenaefris

Rute ini Kamu buat sebelum berangkat ya. Ketika mau jalan, ikuti rute yang paling memungkinkan. Gak harus lewat jalan yang paling dekat, tapi pilihlah jalan yang paling aman buat Kamu lewati sendirian.

4. Selalu menjaga komunikasi dengan orang terdekat / keluarga

Sekuat apapun tenagamu dan sebanyak apapun uang sakumu. Usahakan untuk menjaga komunikasi dengan orang terdekat / keluarga, karena sangat penting untuk menjaga keamananmu selama traveling. Gak cuma sekali atau dua kali. Rutinlah menghubungi orang terdekatmu ketika travelingmu berpindah-pindah. Tips ini juga penting bagi solo traveling untuk wanita.

Pergi jalan-jalan sendirian memang asyik. Tapi jangan berlebihan, karena ada resiko yang kemungkinan dapat Kamu alami. Untuk itu, selagi Kamu bisa menghubungi keluarga kenapa tidak? Terlebih saat travelingmu di tempat yang sukar dijangkau. Bisa bahaya buat keselamatan diri sendiri, terutama untuk kalangan wanita.

5.Jaga diri dan barang bawaan dengan baik

Biasanya ini yang dianggap sepele oleh kebanyakan traveler. Gak jarang orang pulang dari traveling sering kehilangan barang bawaannya. Ataupun ketika sampai di rumah langsung jatuh sakit. Sebenarnya kebiasaan ini mudah untuk diminimalisir, namun tergantung apakah Kamu mau mengikutinya atau gak.

Umumnya kalau orang sudah terlanjut asyik berlibur atau jalan-jalan, dia gak memikirkan kapan harus lanjut dan kapan harus istirahat. Boro-boro tidur siang, malam aja besar kemungkinan dia gunakan untuk mencari sensasi liburan lainnya.

Pergi berlibur sendirian memang memiliki kesan tersendiri daripada bersama teman, pacar, keluarga, atau komunitas. Kita gak perlu nurutin kemauan orang lain, sehingga kita bisa memaksimalkan cara menikmati liburan sendirian. Tapi jangan lupa tips-tips di atas agar traveling kita tetap aman hingga sekembalinya di rumah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image