Keuntungan Adanya MotoGP di Mandalika

Image
nisaahani
Olahraga | Thursday, 24 Mar 2022, 19:32 WIB

Melihat kehebohan MotoGP Mandalika akhir-akhir ini membuat saya teringat kenangan masa kecil. Saat itu, di daerah dekat rumah saya dibuat sirkuit dan ada turnamen balap.

Dan sama seperti masyarakat di daerah sirkuit Mandalika, masyarakat di sekitar sirkuit berbondong-bondong ingin menonton. Ramai sekali waktu itu, sampai beberapa jalan ditutup.

Meski saat itu saya belum paham balapan apapun, saya juga ingin menonton, kepo aja gitu. Sayangnya saya mesti sekolah. Jadi cuma bisa dengar ceritanya dan sisa-sisa keramaiannya setelah pulang sekolah.

Padahal dulu media sosial belum se-booming sekarang dan info tentang balapan sepertinya juga belum seramai sekarang, tapi antusias warga untuk menonton tinggi sekali. Mungkin karena sirkuit baru dan ada rasa bangga sebagai warga sekitar kali ya, jadi segitu penasarannya dengan arena balap dan juga balapannya sendiri.

Dulu saja sudah heboh sekali, apalagi sekarang ya. Agak kebayang sih betapa ramainya masyarakat sekitar arena sirkuit, apalagi ini turnamen kelas internasional. Pasti kedatangan banyak pengunjung. Dan, itu bisa jadi berkah dan keuntungan.

Berikut keuntungan adanya MotoGP di Mandalika Lombok Indonesia:

Exposure untuk Indonesia meningkat

Beberapa kali kelakuan para pembalap jadi trending topik. Upload-an mereka tentang keindahan dan kearifan budaya lokal yang dilihat jutaan followers jadi promosi gratis.

Sumber foto: twitter MotoGP

Selain itu, akun resmi MotoGP juga mengunggah banyak posting-an yang mention Indonesia. Baru-baru ini yang lagi heboh tentang pawang hujan. Sampai beberapa hari setelahnya pun masih trending.

Jika banyak yang mengenal Indonesia, sangat memungkinkan pariwisata dan hal terkait Indonesia semakin di-notice orang. Kedepannya bisa meningkatkan pengunjung dan menarik orang untuk tahu lebih banyak tentang Indonesia.

Meningkatkan perekonomian

Saya lihat komen-komen orang yang ke Mandalika, mereka bilang pengunjung hotel dan penyewa kendaraan meningkat tajam. Perputaran ekonomi khususnya di daerah sekitar sirkuit pun meningkat. Masyarakat memanfaatkan dengan baik momen jarang ini dengan berbondong-bondong ke Mandalika Lombok untuk menonton pertandingan dan berlibur.

Menggunakan hasil karya anak bangsa

Sumber foto: twitter MotoGP

Sudah lihat piala MotoGP di Mandalika yang berbentuk obor kan? Itu merupakan hasil karya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia, Tuksedo Studio, Gianyar, Bali.

Tuksedo Studio yang terkenal dengan spesialis manufaktur mobil-mobil klasik handmade dipercaya merancang dan memproduksi trofi acara bergengsi ini oleh penyelenggara, yaitu PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

Menambah kepercayaan untuk menjadi tuan rumah event besar lainnya

Kesuksesan turnamen MotoGP di Mandalika menambah prestasi Indonesia dalam menyelenggarakan event besar. Nantinya, kemungkinan besar Indonesia dipercaya jadi tuan rumah event skala internasional lainnya.

Masyarakat bisa berkesempatan nonton MotoGP gratis

Agak iri saat tahu IndiHome mengadakan program “Experience MotoGP Mandalika with IndiHome” bagi pelanggan High Value Customer (HVC).

Hanya dengan menukarkan 1 poin myIndiHome dan posting foto di media sosial Instagram/Facebook/Twitter, lalu tag akun IndiHome dan gunakan hastag #AktivitasTanpaBatas #MotoGPbarengIndiHome #InternetnyaIndonesia, para pelanggan yang beruntuk akan mendapat kesempatan menyaksikan MotoGP series 2022 secara langsung di Mandalika secara gratis dan memperoleh merchandise eksklusif yang menarik.

Saya yang sudah jadi pelanggan sejak tahun 2017 karena alhamdulillah sejauh ini IndiHome internet stabil dan wifi cepat, kan mau juga bisa nonton MotoGP secara gratis. :(

Ada banyak lagi sih keuntungan yang didapat dari perhelatan akbar ini, tapi mungkin ini yang bisa disebutkan sekarang. Membangga banget ya Indonesia bisa jadi tuan rumah event besar ini? Semoga nanti ada acara besar lainnya di Indonesia yang mendatangkan banyak manfaat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

www.nisaahani.com

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Staff Registrasi Bapas Semarang Siap Menyajikan Data yang Akuntabel

Image

APK Bapas Semarang Turun Ke Ladang Untuk Melakukan Pengawasan Program Asimilasi Dalam Lapas

Image

Tingkatkan Akuntabilitas Bapas Semarang Laporkan Capaian Output Melalui E-Monev

Image

Sepakat dengan Menhan Prabowo Dukung Kriteria Calon Taruna

Image

Dari Gunungkidul ke Solo, SMA Muhammadiyah Al Mujahiddin Jalin Kerjasama dengan UMS

Image

Pelatihan Persyaratan dan Pengenalan serta Dokumentasi ISO 9001:2015 MPP Grobogan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image