4 Tips Menjaga Smartphone Agar Tetap Awet dan Tidak Cepat Rusak

Image
Rika Andriana
Teknologi | Wednesday, 23 Mar 2022, 14:00 WIB

Sebagus dan semahalnya smartphone namun jika kurang perawatan atau pemakaian yang hati-hati, pasti akan cepat rusak dan tidak awet. Apabila sudah rusak uang pasti akan keluar, karena yang pertama pasti Anda lakukan adalah akan melakukan servis atau membeli yang baru.

Namun, jika Anda tidak ingin keluar uang, langkah terbaik yaitu menjaga smartphone tersebut. Nah berikut ini caranya agar smartphone kesayangan Anda lebih awet seperti yang dikutip dari careercenter.id dan sumber lainnya.

1. Rutin Dibersihkan

Meski sepele namun jika smartphone terlihat kotor pasti tidak sedap dipandang. Kotornya ponsel pintar bisa disebabkan oleh debu atau lainnya. Usahakan membersihkan smartphone secara rutin, baik itu di bagian luar atau dalam, yang terutama adalah di layarnya.

Untuk membersihkan di layar bisa menggunakan tisu kering atau kain pembersih kacamata. Teteskan tisu tersebut dengan alkohol, dan jangan menggunakan tisu basah, karena sangat riskan apabila smartphone terkena air. Sementara untuk membersihkan bagian sela-sela seperti lubang untuk earphone atau charger bisa memakai cutton bud.

2. Isi Daya Baterai Sesuai Kebutuhan

Hindari mengisi daya baterai dengan jangka waktu yang lama. Segera cabut charger jika sudah full 100 persen, karena jika dibiarkan terus sampai lama maka bisa menyebabkan overheating dan baterai pun tidak akan awet.

Walaupun saat ini sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan teknologi yang bisa memutus aliran listrik sendiri ketika sudah 100 persen, namun alangkah baiknya hal tersebut tidak dilakukan.

3. Taruh di Tempat Aman

Simpanlah smartphone di tempat yang aman baik dari jangkauan anak-anak atau lainnya. Pasalnya, ponsel yang ditaruh di dekat anak-anak sangat berisiko yaitu terbanting atau jatuh dan akhirnya rusak. Bukan hanya itu, saat akan menaruh smartphone di atas meja ketika sudah selesai dipakai, cek dulu apakah meja tersebut tidak ada genangan air.

Hindari juga menyimpan smartphone di dalam saku celana dalam waktu yang lama, karena bisa menyebabkan layar di smartphone pecah. Selain itu, perhatikan waktu mengisi daya baterai, lebih baik saat mengisi baterai simpan smartphone di tempat yang terbuka.

Kemudian jangan menyimpan makanan atau minuman di dekat smartphone, karena kalau makanan atau minum itu tumpah dan mengenai smartphone dampaknya yaitu kerusakan.

4. Pasang Pelindung Layar Serta Casing

Agar bodi smartphone tidak baret atau lecet serta layar aman dari goresan sehingga tidak merusak penampilan, maka cara yang paling mudah yaitu dengan memasang pelindung layar dan casing smartphone.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rika Andriana adalah seorang blogger yang memiliki hobi menulis artikel yang berkaitan dengan teknologi dan aplikasi.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Rutan Temanggung adakan FUN GAME untuk Seluruh Pegawai Memperingati HUT RI dan HDKD 2022

Image

Perkuat Tusi Kehumasan, Pengelola Humas Jepara Ikuti Penguatan dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham

Image

Jurnal ku hari ini

Image

Rupbasan Surakarta ikuti Penguatan Kehumasan oleh Sekretaris Jenderal

Image

Resmikan Eco Bee Park, Menteri LHK Dorong UMKM Semakin Maju Manfaatkan Madu dan Kelor

Image

Jelang Upacara HUT RI dan HDKD Ke-77 Tahun 2022, LPKA Kelas I Palembang Kemenkumham Sumsel Ikuti Rap

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image