Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Andriana

Berikut Tanda-tanda Smartphone Android Anda Terjangkit Malware

Teknologi | Tuesday, 22 Mar 2022, 13:10 WIB

Malware saat ini bukan hanya menyerang komputer PC atau laptop saja, melainkan smartphone Android juga bisa terinfeksi. Seperti virus yang menyerang Android yaitu Loapi namanya.

Salah satu cara malware masuk ke Android yaitu dengan mengunduh file APK /aplikasi dari pihak ketiga, atau bahkan aplikasi di Google Play Store juga bisa, karena kemungkinan besar sudah disusupi oleh malware.

Lalu apa tanda-tandanya smartphone Android terkena malware? Nah berikut ini tandanya Android terjangkit malware, seperti dilansir dari bettermind dan juga sumber lainnya.

1. Smartphone Lemot

Apabila kinerja smartphone Android menjadi lemot atau lambat dan parahnya lagi sering hang padahal baru beli, dan sudah me-reboot namun tetap saja lemot, kemungkinan besar smartphone tersebut terjangkit malware.

2. Baterai Cepat Habis

Sebaiknya Anda curiga jika baterai smartphone cepat habis, padahal hanya memakai aplikasi ringan. Smartphone yang ada malware-nya akan terus bekerja tanpa henti, tujuannya untuk mengambil data sehingga tanpa disadari baterai cepat boros karena malware tersebut bekerja sembunyi-sembunyi di background.

3. Kuota Internet Berkurang Banyak

Jika merasa kuota internet cepat habis padahal penggunaan tidak berlebihan, kemungkinan besar smartphone terserang malware. Ada beberapa kemungkinan kenapa kuota internet cepat habis.

Yang pertama biasanya malware mengumpulkan data pribadi seperti kontak, akun perbankan, nomor kartu kredit dan lain sebagainya. Setelah memperoleh data tersebut, malware kemudian mentransfernya ke si penyebar malware dan transfer tersebut menggunakan kuota internet di smartphone Anda.

Atau kemungkinan kedua yaitu malware yang ada di smartphone mengontrol sistem dengan membuka halaman-halaman yang isinya iklan tidak jelas.

4. Panggilan Sering Terputus

Tanda yang terakhir smarthpone terkena malware mempengaruhi panggilan telpon keluar atau masuk cirinya yaitu saat menerima atau menelpon tiba-tiba telpon putus.

Selengkapnya >> prismaham.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image