Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image rahayu pawitri

Cara Menentukan Prioritas

Gaya Hidup | Sunday, 20 Mar 2022, 15:41 WIB

Dalam kehidupan kita sehari-hari, seringkali kita harus memilih pekerjaan mana yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu.

Umumnya kita menggunakan skala prioritas berdasar kepentingan dan urgensinya. Dan biasanya kita pun disarankan untuk mendahulukan pekerjaan yang lebih penting dibanding yang urgen.

Alasannya, karena pekerjaan penting lebih banyak berkaitan dengan tujuan hidup kita. Tapi bagaimana jika kita memang memiliki pekerjaan yang perlu segera diselesaikan? Apakah kita tetap perlu mendahulukan pekerjaan penting yang seringkali tenggat waktunya lebih lama?

Sebetulnya, membuat prioritas berdasarkan urgensitas juga tidak salah. Karena prinsip dasar produktivitas itu sifatnya personal. Artinya, santai saja jika memang ingin membuat prioritas berdasarkan kepentingan, tingkat kesulitan, atau urgensitas dari pekerjaan tersebut.

4 Cara menentukan prioritas pekerjaan

Berikut adalah cara menentukan prioritas yang bisa teman Retizen gunakan untuk menentukan pekerjaan mana yang sebaiknya dikerjakan terlebih dahulu.

#1. Berdasar kepentingannya

Ada 4 kelompok dalam prioritas ini, yaitu :

* Urgen tapi tidak penting; contoh menyelesaikan pekerjaan dengan tenggat waktu terdekat, membuat laporan yang harus diselesaikan esok hari. Pekerjaan pada kelompok ini biasanya pekerjaan yang punya tenggat waktu (DL) pendek.

* Penting tapi tidak urgen; merencanakan anak sekolah, melatih ketrampilan baru, atau menyusun rencana hidup. Ciri pekerjaan pada kategori ini umumnya tidak punya tenggat waktu kecuali kita sendiri yang menentukan.

* Penting dan Urgen; contoh: mencari referensi SMP untuk anak yang akan lulus SD, membuat laporan pajak tahunan yang hampir jatuh tempo.

* Tidak penting dan tidak urgen; contoh: menyelesaikan bucket list tontonan drakor.

#2. Berdasar tenggat waktu

Punya pekerjaan yang numpuk dan semua harus selesai dalam satu hari? Tentukan mana yang harus selesai terlebih dahulu. Pada kelompok ini kepentingan satu pekerjaan tidak perlu dipertimbangkan. Cek saja mana yang harus selesai pada jam yang paling awal.

#3. Berdasarkan tingkat kemudahan

Beberapa orang lebih suka mengerjakan pekerjaan mudah terlebih dahulu. Bagi mereka ini akan menghindarkan diri dari menunda pekerjaan yang lebih banyak.

Dengan mengerjakan pekerjaan mudah lebih dulu, mereka akan memiliki lebih banyak pekerjaan yang selesai, dibanding mengerjakan pekerjaan yang sulit terlebih dahulu.

Cara membuat prioritas dengan cara ini lebih cocok untuk jenis pekerjaan dengan tenggat waktu yang sangat longgar.

#4. Berdasarkan tingkat kesulitan

Pernah mendengar tentang eat the frog? Ini adalah cara untuk membuat prioritas berdasarkan tingkat kesulitan sebuah pekerjaan.

Pekerjaan yang sulit umumnya membutuhkan energi dan tingkat fokus yang tinggi. Kondisi seperti ini biasanya kita miliki pada waktu pagi hari. Inilah alasan sehingga kita sering disarankan untuk mengerjakan pekerjaan yang paling sulit di pagi hari, saat kondisi pikiran masih segar, dan daya fokus masih tinggi.

Jadi, cara mana yang terbaik? Teman Retizen lah yang bisa menentukan. Jangan lupa, produktivitas itu sifatnya sangat personal sistem yang digunakan dan outputnya tentu akan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.

Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel produktivitas berikutnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image