Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Imawan Anshari

Pesona Mandalika Makin Tersohor Berkat MotoGP

Wisata | Sunday, 20 Mar 2022, 11:22 WIB
Mandalika Lombok NTB - Foto: Kemenparekraf

Siapa dulu yang kenal Mandalika? Dari spot pantai yang dikenal sambil lalu, kemudian menjadi sorotan publik berkat adanya MotoGP. Orang dari mana-mana juga menyadari bahwa ada Pantai Kuta selain di Bali.

Nama Indonesia pun makin tersohor karena menjadi topik perbincangan banyak orang, bukan hanya jadi bahan obrolan masyarakat di dalam negeri saja, namun juga juga di luar negeri, karena Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi tuan rumah untuk ajang balap motor internasional MotoGP pada tahun 2022 ini.

Meskipun MotoGP bukan cabang olahraga yang begitu populer di masyarakat luas seperti sepak bola, namun kehadiran ajang MotoGP di tanah air telah memiliki daya pikat tersendiri, khususnya bagi masyarakat Indonesia, terlebih perhelatannya kini akan diadakan di tanah air kita sendiri, tepatnya di kawasan Mandalika.

Dan mungkin selama ini nama Mandalika tidak terlalu punya gaung layaknya Bali, namun pesona Mandalika pun tak kalah menawan untuk dikunjungi. Mandalika punya banyak potensi wisata alam, budaya, hingga kuliner yang tak kalah memikat.

Mandalika Memiliki Daya Pikat yang Menawan

Mandalika merupakan sebuah daerah pesisir yang berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Daerah ini memiliki potensi alam dan budaya yang sangat memikat. Untuk itu, Mandalika juga masuk dalam lima destinasi super prioritas atau “Bali Baru” bersama Borobudur di Jawa Tengah, Likupang di Sulawesi Utara, Danau Toba di Sumatera Utara, dan Labuan Baju di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tentu saja penetapan tersebut dilandasi karena Mandalika memiliki banyak potensi alam dan budaya yang menawan, sehingga diharapkan bisa menunjang pertumbuhan ekonomi dan juga pariwisata Indonesia, khususnya di kawasan Mandalika, Lombok – Nusa Tengga Barat.

Keindahan Mandalika dapat terlihat dari banyaknya pilihan pantai eksotis yang mampu memanjakan para pengunjungnya. Sebut saja ada Pantai Kuta dengan bentangan laut dengan bukit-bukit di sekitarnya, ada juga Pantai Serenting yang menawarkan suasana tenang dengan air jernihnya, selain itu ada juga Pantai Tanjung Aan yang menawarkan keindahan matahari terbenamnya, ada juga Pantai Mawi dan Pantai Ubrug yang bisa digunakan berselancar karena memiliki ombak yang menantang, ataupun ada Pantai Seger yang menawarkan budaya dan tradisi lewat perayaan Bau Nyalenya, serta masih banyak lagi destinasi pantai indah lainnya yang bisa dijelajahi di sini.

Pantai Tanjung Aan dengan sunsetnya yang cantik - Foto: jokembe.com

Menariknya lagi, di sekitaran Mandalika juga terdapat wisata air terjun yang indah, yaitu ada Air Terjun Benang Kelambu yang berbentuk melebar menyerupai sebuah kelambu. Selain itu, ada juga Air Terjun Penimbungan (Torean) yang memiliki tinggi sekitar 100 meter, dan tidak ketinggalan ada juga Air Terjun Tie Teja yang terkenal sebagai air terjun kembar yang cantik, serta masih banyak lagi air terjun bagus lainnya.

Pesona wisatanya tidak hanya itu saja, tidak jauh dari Mandalika juga terdapat Desa Wisata, yaitu ada Desa Sade dan Desa Ende yang akan menyuguhkan keindahan adat dan budaya asli masyarakat setempat. Di sini kita bisa melihat lebih dekat seperti apa rumah adat Sasak, aneka kain tenun tradisionalnya, musik daerah hingga tarian tradisionalnya.

Selain itu, di sini juga selalu ada aneka kuliner khasnya yang juga wajib untuk disantap, seperti ada Ayam Taliwang yang begitu lezat, Sate Bulayak yang menggugah selera, Sayur Ares yang begitu nikmat, dan masih banyak lagi aneka kuliner dan jajanan tradisional lainnya yang pantang untuk tidak dicicipi ketika bertandang ke sini.

Makanya, bertandang ke Mandalika tentu saja tidak akan mengecewakan, karena berbagai destinasi wisatanya cukup beragam, sehingga bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Dan kini ke Mandalika semakin mengasyikan karena sekaligus bisa menonton perhelatan MotoGP.

Mandalika Jadi Tempat Balap Motor Bergengsi MotoGP

Selain memiliki berbagai potensi wisata dan budaya yang menakjubkan tersebut, tidak dipungkiri bahwa kehadiran ajang MotoGP di Mandalika pun sekaligus telah membantu mendongkrak pariwisata dan ekonomi masyarakat karena meningkatnya pengunjung MotoGP yang datang dari dalam hingga luar negeri.

Di mana agenda MotoGP dijadwalkan akan dimulai sejak tanggal 18 Maret 2022 untuk sesi latihan bebas, dan tanggal 19 Maret 2022 akan dilakukan latihan bebas dan kualifikasi 1 dan 2, serta untuk acara puncak lomba balapannya akan berlangsung pada tanggal 20 Maret 2022.

Terselenggaranya ajang MotoGP di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah – Nusa Tenggara Barat (NTB) ini tentu saja memberikan rasa bangga bagi kita semua, karena hal ini menunjukan bahwa Indonesia juga mampu menggelar ajang bergengsi MotoGP seperti negara-negara lainnya.

Dan tentu saja, Sirkuit Mandalika ini pun tidak kalah dengan sirkuit lain, karena memiliki desain berstandar internasional yang sangat indah dengan panjang lintasan 4.310 KM dengan lebar 15 meter, sehingga membuat para pembalap bisa melajukan kendaraannya dengan semakin leluasa dan lincah saat beradu kecepatan.

Sirkuit Mandalika Lombok NTB - Foto: Bay Ismoyo/AFP

Maka bisa dibayangkan, betapa menyenangkannya bila kita bisa menonton langsung ajang MotoGP ini di Mandalika, tentu saja sensasinya akan terasa berbeda bila dibandingkan hanya menontonnya dari televisi saja. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menonton langsung MotoGP di Mandalika karena sikon yang tidak mengizinkan.

Makanya, sangat wajar bila kita merasa iri kepada orang-orang yang berkesempatan untuk melihat langsung gelaran MotoGP di sirkuit Mandalika, karena momentum ini adalah sebuah kesempatan yang sangat berharga bagi para penggemar MotoGP di Indonesia untuk bisa melihat secara langsung dari dekat seperti apa keseruan para pembalap berkelas dunia tersebut melibas jalanan sirkuit Mandalika.

Meski begitu, untuk mengurangi rasa sedih karena tidak berhasil datang ke Lombok untuk melihat langsung ajang MotoGP ini, maka tidak sedikit dari kita mencoba menghibur diri dengan menonton balapan ini secara live dengan dukungan wifi cepat sehingga tetap bisa menyaksikan keseruan balapan MotoGP meski dari jauh.

Ya, menyaksikan ajang MotoGP secara online menjadi pilihan tepat bagi sebagian orang yang tidak berhasil datang langsung ke Mandalika saat ini. Meski begitu, supaya menonton onlinenya tetap lancar maka diperlukan dukungan internet yang cepat, salah satunya menggunakan IndiHome internet stabil sehingga membuat live streaming tetap berjalan lancar sepanjang balapan MotoGP berlangsung.

Selain menyediakan akses internet bagi pelanggannya, IndiHome juga ternyata memberikan kejutan bagi para pelanggan setianya untuk bisa melihat langsung ajang MotoGP di Mandalika, hanya dengan menukarkan 1 poin myIndiHome dan posting foto di sosial media, maka siapapun memiliki kesempatan untuk bisa menonton langsung MotoGP di Mandalika.

Sungguh beruntung banget bagi yang bisa mendapat tiket gratis nonton MotoGP di Mandalika ini, karena kapan lagi ada kesempatan bagus serupa ini. Jadi, selain bisa menyaksikan langsung gelaran MotoGP, sekaligus bisa juga mengeksplor keindahan alam Mandalika yang menawan.

Hal ini juga yang dilakukan oleh para pembalap MotoGP dari negara luar, mereka menyempatkan diri bertandang ke berbagai tempat wisata yang ada, dan tidak sedikit dari mereka yang terpesona dengan keindahan alam di Mandalika dan sekitarnya. Hal ini terlihat jelas dari unggahan mereka di sosial medianya, mereka mengungkapkan rasa kagum pada kecantikan alam yang dimiliki suku Sasak tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image