Inilah Bahaya Jika Anda Terlalu Sering Bermain Smartphone di Tempat Yang Gelap

Image
Rika Andriana
Teknologi | Thursday, 17 Mar 2022, 06:22 WIB

Jika Anda masih bermain smartphone di tempat yang gelap, sebaiknya hal tersebut jangan dilakukan lagi. Soalnya, para ahli kesehatan memiliki pendapat jika memainkan smartphone dalam keadaan gelap dengan jangka waktu yang lama akan membahayakan kesehatan penggunanya.

Berikut ini beberapa resiko yang bisa terjadi jika Anda terlalu sering bermain smartphone di tempat gelap bagi kesehatan seperti dikutip dari android62 dan juga berbagai sumber.

1. Sulit Tidur

Para penelitian dari Rensselaer Polytechnic Institute di New York, AS, mengungkapkan bahwa paparan blue light dari smartphone bisa menurunkan kadar hormon melatonin di tubuh sampai dengan 23 persen.

Sementara melatonin merupakan zat alami di tubuh yang membantu seseorang untuk dapat tidur. Jadi dengan melatonin ini akan mengganggu siklus tidur. Sehingga semakin dekat Anda dengan layar smartphone, maka Anda akan semakin susah untuk tidur.

Akibat dari kurang tidur tersebut, maka akan mengakibatkan masalah kesehatan lainnya, yaitu melemahkan daya ingat, serta depresi.

2. Merusak Retina Mata

Seperti kita ketahui umumnya smartphone mempunyai fitur untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Jadi meski dalam keadaan terang maupun gelap, smartphone masih bisa dimainkan.

Sedangkan layar smartphone yang Anda lihat di tempat gelap akan terlihat sekali blue light atau sinar birunya. Nah pancaran langsung blue light ke mata ini akan menembus luar mata sampai ke bagian dalam. Efeknya dalam waktu panjang akan merusak retina mata.

3. Resiko Kena Kanker

Blue light pada layar smartphone termasuk dalam high-energy visible light. Sinar ini mempunyai gelombang yang relatif pendek, kira-kira 415-155 nanometer, namun mempunyai tingkat energi tinggi.

Dari penelitian yang terbit di European Journal of Cancer Prevention, paparan blue light ini ternyata dapat menimbulkan resiko kanker payudara sampai 17 persen. Dari penjelasan European Journal of Cancer Prevention ini blue light menekan produksi melatonin, yaitu hormon yang tugasnya menidurkan sel-sel kanker, serta meningkatkan produksi hormon estrogen yang memicu kanker payudara.

Baca Selengkapnya >>> bettermind.id

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rika Andriana adalah seorang blogger yang memiliki hobi menulis artikel yang berkaitan dengan teknologi dan aplikasi.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Kelebihan dan Kekurangan Jenis-Jenis Penggunaan Spanduk

Image

Upayakan Kemaslahatan Umat, Illiza Sa'aduddin Djamal Justru Berujung Digugat

Image

Tingkatkan Kedisiplinan, WBP Lapas Tanjung Raja Kemenkumham Sumsel Aktif Ikuti Pembinaan Pramuka

Image

Kalapas Banyuasin Hadiri Tasyakuran HUT Bhayangkara ke - 76, Wujud Sinergi yang baik

Image

Kuy, Kenali Profil Risiko dalam Investasi dengan Benar

Image

Indikator Penghambat Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia Dalam Perspektif Pembangunan

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image