Bisakah Teknologi Menggantikan Guru

Image
hupron fadilah
Guru Menulis | Wednesday, 16 Mar 2022, 16:23 WIB

“Bisakah Teknologi Menggantikan Guru?”

Akhir-akhir ini saya sering banget menemukan judul tulisan seperti itu, mungkin Sobat Guru Hebat juga demikian.Jawabannya seolah-olah masih memiliki dua kemungkinan, bisa IYA bisa TIDAK.Padahal jika diamati diksi per diksi dari judul tersebut sepemahaman dan sekeyakinan saya jelas TIDAK BISA jawabannya,Yaps, teknologi tidak kan bisa mengantikan guru!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata teknologi mengandung arti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis, ilmu pengetahuan terapan atau keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Teknologi itu alat/media, Guru itu subyek. Subyek pengguna alat, pengguna kapur, pengguna spidol, pengguna internet dan sebagainya yang ke semuanya itu bisa digolongkan dalam teknologi (alat/media yang memudahkan pekerjaan guru).Seyogyanya keduanya bukan hal yang pas untuk ganti menggantikan. Istilah jawawanya mah “Not apple to apple”.

Pertanyaan atau judul yang menurut saya tepat adalah “Bisakan teknologi menggantikan (PERAN) guru?”Nah, kalau itu bisa memiliki peluang jawaban bisa dan tidak bisa.Salah satu peran guru yang sudah sangat dapat dengan mudah tergantikan oleh teknologi adalah peran sebagai penyampai informasi atau ilmu pengetahuan.Kalau siswa sebatas ingin tahu atau mendapatkan informasi baru, teknologi informasi sudah sangat dapat membantu siswa tanpa harus bertemu guru.

Dan yang terpenting yang harus kita pahami bersama bahwa, yang dibutuhkan siswa bukan hanya itu. Informasi dan ilmu pengetahuan adalah sebagian kecil dari kebutuhan tumbuh kembang siswa.Mereka butuh ruang untuk di dengar, mereka butuh masukan, mereka butuh teman, mereka butuh bimbingan, mereka butuh dorongan, mereka butuh penilaian untuk perbaikan kedepan, mereka butuh support system dan lain sebagainya.

Dan kesemuanya itu adalah peran-peran guru yang tidak mungkin dapat digantikan oleh teknologi.Jadi, Sobat Guru Hebat sekalian, hadirmu tetap akan selalu dibutuhkan.Teruslah memahami peran dan menjalankan peran-peran tersebut dengan maksimal dengan satu-satunya cara, yaitu terus belajar.Sekiranya masih ingin terus mengajar, teruslah belajar karena sejatinya,

Guru Hebat Guru Pembelajar.

Oleh: Fadhil Mas Ghufron

#GuruMenulis #Republika #RetizenRepublika #GuruBelajar #gurupembelajar #komunitasgurupembelajar #MerdekaBelajar #schoollesderstalk #schoolleaderstalkindonesia #transformationalteaching #sekolahmenyenangkan #joyfulschool #joyfulschooltrainer #trainerforteacher #personaldevelopment #blendedlearning #hybridlearning #teachersmatter

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bisakah Teknologi Menggantikan Guru

Siapakah Guru Terbaik Masa Kini

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Jajaran Pejabat Strutural Lapas Karanganyar Adakan Penutupan Taruna Poltekip Angkatan 53 Gel II

Image

Khusyuk, WBP Lapas Pati Ikuti Kegiatan Pengajian

Image

5 Rekomendasi Restoran Hits Dengan Pemandangan Terindah Di Bandung

Image

3 Cara Lolos Psikotes Kerja yang Harus Diperhatikan

Image

Cara Download YouTube Jadi MP3 ke Galeri HP dengan Situs YTMP3

Image

Wujudkan Akuntabilitas Perencanaan Anggaran, Rupbasan Surakarta Ikuti Supervisi di Kemenkumham Jaten

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image