Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Robin sah

Safari Ta'aruf.....

Info Terkini | Wednesday, 16 Mar 2022, 14:37 WIB

Dua titik. Itulah target minimal yang harus dicapai. Dalam tempo dua hari pula. Artinya, satu hari satu target. Sangat realistis. Maklum, satu titik dengan yang lain cukup berjauhan. Apalagi kalau start hitungnya dari titik pemberangkatan, Surabaya. Tambah jauh lagi.

Yah. Itulah misi yang harus saya dan seorang sahabat lakukan. Berkunjung ke dua kampus/pesantren yang berbeda. Yaitu; Darul Madinah (DA), Madiun. Yang satu lagi; MA Hidayatullah Bojonegoro.

Kedua lembaga ini memiliki kesamaan dalam konsentrasi pendidikan. Yaitu tahfidz al-Qur'an. DA sendiri merupakan pesantren putri yang lebih dahulu hadir ketimbang MA Hidayatullah Bojonegoro. Kurang tahu tepatnya tahun berapa.

Untuk MA Bojonegoro sendiri, berdiri tahun 2013 silam. Ada kesamaan antar keduanya; selain memang konsentrasi pembinaan tahfidz putri, juga sama-sama baru menempati kampus baru. Terpisah secara totalitas dari kampus utama, yang memang bercampur dengan beberapa lembaga pendidikan lain.

Artinya; kedua kampus ini sama-sama bertumbuh-kembang. Muridnya terus bertambah. Fasilitasnya pun demikian. Soal kondusivitas belajar, sangat mendukung.

Kembali ke dua misi di atas. Tujuan bertandang ke dua kampus putri ini, selain bersilaturrahim, juga memiliki agenda mengenalkan (Ta'aruf) Sekolah Tinggi Agama Islam Luqman al-Hakim (STAIL) Surabaya, ke santriwati-santriwati dua kampus tersebut. Wa bil khusus, untuk kelas 12 yang sebentari akan lulus sekolah/pesantren.

Terutama terkait dengan program unggulan terbaru dari STAIL; Kuliah Program Tahfidz bersanad.

Mengingat latar mereka sebagai hafizhoh, yang sudah mendalami al-Qur'an kurun waktu 3-6 tahun (SMP-SMA/sederajat), sangat disayangkan kalau sampai tidak dilanjutkan studinya, untuk lebih mendalami bidang al-Qur'an.

Mulai dari bacaan, isi, sampai tafsirnya. Spesialnya lagi, yang bertindak sebagai pembimbing utama dalam program ini, yaitu syaikhah asal Yaman, yang telah memegang beberapa sanad al-Qur'an.

Singkat cerita, al-Hamdulillah dua misi itu bisa tercapai dengan baik. Para santriwati pun cukup antusian mendengarkan penjelasan. Beberapa di antara mereka juga tak malu bertanya, demi meminta pemaparan lebih dalam terkait bagaimana sistem perkuliahan di STAIL.

Selain program tahfidz bersanad, sebagai informasi, STAIL juga membuka kelas: Takhasus/putra, reguler pagi dan reguler sore/karyawan.

Adapun prodi ada empat; Ekonomi Syariah (Eksya), Komunikasi Penyiatan Islam (KPI), Managemen Pendidikan Islam (MPI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI).

Akan ada safari ta'ruf lain yang akan dilakukan. Hari ini di ar-Rohmah putra dan putri, Malang. Oleh dua anggota yang lain. Minggu depan, insya Allah akan lanjut lagi. Semoga senantiasa diberi kesehatan dan keberkahan.

Oia, informasi terkait STAIL, juga bisa buka web resmi: stail.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image