Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Andriana

4 Tips Agar Smartphone Anda Tidak Mengalami Panas Berlebih

Teknologi | Tuesday, 15 Mar 2022, 17:28 WIB

Pengguna smartphone sering mengeluh bahwa smartphone mereka sering menjadi terlalu panas.

Panas berlebih pada smartphone dapat memiliki beberapa penyebab, dimulai dengan penggunaan game dan program lain yang terus berlanjut. Jika dibiarkan, dampaknya akan parah atau dapat meledak.

Jadi bagaimana Anda menjaga smartphone Anda dari panas berlebih? Berikut beberapa tips agar smartphone kamu tidak kepanasan, dirangkum dari android62 dan berbagai sumber.

1. Jangan bermain game berlebihan

Kelebihan dari smartphone adalah bisa bermain game mulai dari game ringan hingga game berat untuk mengisi waktu luang Anda.

Game yang dimainkan di smartphone menghabiskan semua bagian atau komponen GPU, CPU, RAM, dan baterai secara bersamaan.

Parahnya jika kamu bermain dalam waktu yang lama, smartphone Android kamu akan menjadi terlalu panas.

2. Jangan gunakan smartphone saat sedang diisi daya

Kebiasaan buruk lainnya dari pengguna smartphone adalah menggunakan ponsel saat sedang diisi atau diisi dayanya, terutama saat pengguna sedang bermain game, menonton video atau hal lainnya.

Hal ini sangat perlu untuk menjadi perhatian, karena sudah terdapat kasus dimana smartphone terbakar karena terjadi panas berlebih saat diisi daya.

3. Matikan fitur atau aplikasi tak penting

Langkah selanjutnya adalah menonaktifkan atau mematikan fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi atau GPS untuk mengurangi atau menghemat daya baterai agar smartphone Anda tidak kepanasan.

Beberapa fitur atau aplikasi yang sebenarnya tidak kita perlukan ternyata berjalan di background. Yang artinya meskipun kita tidak menggunakan aplikasi ini, mereka tetap berjalan. Hal ini akan membuat pemakaian daya yang berlebih pada smartphone.

4. Streaming video yang berlebih

Tanpa kita sadari, pada saat kita menonton video secara online atau melakukan panggilan video akan membuat smartphone cepat panas. Hal ini karena aktivitas ini memakan banyak daya.

Jika kondisi smartphone sudah terasa panas, segera hentikan untuk menonton video atau panggilan video call.

Baca Selengkapnya >>> bettermind.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image