Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image SONY

5 Manfaat Pengolahan Air Limbah di Industri

Info Terkini | Tuesday, 15 Mar 2022, 13:08 WIB

Pengolahan air limbah melibatkan proses biologis, fisik dan kimia menghilangkan kontaminan dari air yang tidak aman untuk digunakan manusia untuk membuatnya berguna kembali. Karena kekurangan air di seluruh dunia, sebagian besar pemerintah mencari teknologi modern yang dapat digunakan untuk mengolah air limbah yang berasal dari rumah, restoran, dan resor.

Air limbah dari rumah lebih mudah didaur ulang daripada yang berasal dari restoran dan industri. Hal ini karena mengandung kadar bahan organik yang lebih tinggi seperti minyak. Sistem pengolahan air limbah yang berbeda digunakan pada air buangan berminyak yang dikeluarkan oleh pabrik, yang lebih efektif daripada pengolahan air limbah biasa. Berikut adalah beberapa manfaat dari pengolahan air limbah:

1. Menjaga air bersih dan dapat digunakan

Mengolah air limbah Anda dalam suatu proses memastikan bahwa Anda memiliki air bersih yang dapat digunakan kembali. Anda juga dapat memurnikan dan membersihkan air Anda untuk konsumsi manusia.

2. Pengurangan Limbah

Melalui proses tersebut, jumlah limbah yang dilepaskan ke lingkungan berkurang, sehingga meminimalkan pencemaran lingkungan.

3. Mencegah Penyakit

Mengobati pembuangan Anda mencegah bakteri penyebab penyakit masuk ke sumber air yang dapat membahayakan tanaman dan hewan. Situs web Lingkungan JNE menyediakan kumpulan sumber daya dan informasi online yang mungkin menarik bagi Anda.

4. Membantu perekonomian

Ini membantu dalam perekonomian negara karena mengurangi jumlah uang yang dihabiskan untuk memulai proyek lingkungan untuk mencegah polusi. Pengolahan air menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga karena membutuhkan tenaga kerja untuk menjalankan pabrik pengolahan.

5. Produksi Energi

Selama proses pengolahan air bersih dan air limbah, lumpur dikumpulkan dan ditempatkan dalam wadah tertutup penuh, dan bakteri anaerob dimasukkan. Wadah kemudian dipanaskan pada 35 derajat Celcius dan gas yang mengandung sejumlah besar metana dihasilkan. Gas ini kemudian dipanen dan dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik. Hal ini membuat pengolahan air industri mandiri karena energi pengolahan air digunakan untuk memberi daya pada instalasi pengolahan air limbah.

Energi ekstra dapat diangkut ke jaringan nasional suatu negara yang mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Pengolahan limbah al-Samra di Yordania adalah contoh yang baik dari pengolahan air limbah industri yang digunakan di Timur Tengah. Menurut pejabat pemerintah Yordania, 40 persen energi yang digunakan berasal dari metana yang dihasilkan dalam proses pengolahan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image