Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ficri P

6 Manfaat Memasang Paving Block Untuk Halaman Depan Rumah

Gaya Hidup | Tuesday, 15 Mar 2022, 11:18 WIB

Paving block atau conblock merupakan sejenis batu bata yang dirancang secara tertentu untuk menutupi permukaan tanah di daerah luar area layaknya teras, taman, atau jalur setapak. Tujuan pemasangan paving block adalah untuk menyebabkan permukaan tanah pada eksterior hunian Anda menjadi lebih rata, rapi, dan kelihatan tambah estetis.

Namun tak sekedar alasan gaya, pastinya pemasangan paving block pada hunian terhitung punyai banyak manfaat lainnya. Nah, tersebut sebagian di antaranya yang wajib Anda ketahui.

1. Daya Tahan Tinggi

Selama dirawat dengan baik, paving block punyai kekuatan tahan yang tinggi dan tidak mudah rusak walaupun Anda kerap melintasinya dengan beraneka kendaraan berat layaknya motor, mobil, atau truk. Bahkan bisa saja retak, namun itu akan memakan waktu bertahun-tahun lamanya sebelum itu terjadi. Selain itu, paving block terhitung dapat bertahan di area yang ekstrem misalnya udara yang panas, hujan, sampai salju.

2. Daya Serap Tinggi

Paving block amat efektif untuk menghambat banjir gara-gara punyai celah berpori yang dapat menyerap air hujan dengan cepat dan memiliki daya serap air yang tinggi. Oleh gara-gara itu, penggunaan paving block dapat menjadi sistem drainase yang baik sebagai solusi untuk mengatasi endapan air yang menggenang di area luar tempat tinggal Anda saat musim hujan.

3. Pemasangan Mudah

Hal paling baik dari penggunaan paving block untuk rumah adalah sistem pemasangannya yang relatif mudah. Namun meski langkah instalasinya cukup sederhana, supaya meraih permukaan paving block yang stabil dan dapat bertahan sampai puluhan tahun lamanya, Anda wajib selalu memasangnya dengan baik dan benar.

4. Investasi yang Terjangkau

Tahukah Anda, paving block dapat bertahan sampai 30 tahun lamanya. Kalaupun rusak hanya akan terjadi keretakan di sebagian titik, Anda tidak wajib melakukan perbaikan seluruh daerah paving block. Cukup bongkar pada anggota yang rusak, sesudah itu tukar dengan menggunakan conblock yang baru. Karena kekuatan tahan dan fleksibilitasnya tersebut, hal ini menjadikan paving block sebagai investasi yang lebih hemat dan terjangkau untuk jangka panjang.

5. Pemeliharaan Mudah

Untuk memelihara paving block supaya tidak ringan rusak, Anda cuma wajib membilasnya secara tertata dengan air selang dan menyapunya setiap hari. Seiring berjalannya waktu, Anda akan mendapatkan rumput liar dan gulma yang tumbuh di celah paving. Namun Anda dapat mengatasinya dengan mencabut akarnya atau dengan cara lain layaknya menyiramnya menggunakan air panas yang dicampur dengan garam.

6. Meningkatkan Daya Tarik

Paving block tawarkan sejumlah besar desain yang ada di dalam beraneka ukuran dan warna berbeda. Tentunya, hal ini terlalu mungkin Anda untuk memilih bervariasi pola dan warna yang dapat sesuai dengan selera dan kebutuhan. Baik itu untuk menciptakan tampilan rumah yang bergaya minimalis, klasik, formal, atau santai, Anda dapat mewujudkan seutuhnya dengan memilih motif paving block yang tepat.

Hingga saat ini, penggunaan paving block sudah banyak dimanfaatkan oleh beraneka kebutuhan konstruksi jalanan layaknya pembangunan trotoar, lahan parkir perkantoran, sampai properti spesial seperti jalan komplek atau area depan perumahan. Karena paving block punya banyak manfaat, Anda dapat menempatkan paving block untuk halaman depan rumah Anda karena tampilannya kelihatan lebih rapi dan tertata.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image