Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image azizah suci

Meningkatkan Minat Belajar dengan Menggunakan Metode Fun Learning Pada Masa Pandemi Di Desa Ngroto

Eduaksi | Tuesday, 15 Mar 2022, 10:49 WIB

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melaksanakan PMM(Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) di Desa Ngroto, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur yang dimulai pada tanggal 15 November-15 Desember 2021. Mereka mengadakan kegiatan yang menarik di desa seperti mengadakan kegiatan digital marketing pada UMKM,mereka juga mengadakan kegiatan dalam ranah Pendidikan yaitu Fun Learning.

Pandemi covid-19 telah ada didunia selama 2 tahun yang akhirnya membuat pembelajaran yang awalnya tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Peralihan sistem Pendidikan ini membuat banyak perubahan bagi pelajar. Karena pembelajaran jarak jauh atau online tidak mudah bagi anak-anak usia tk atau sekolah dasar yang masih harus didampingi ketika pembelajaran. Fasilitas yang kurang dan segi ekonomi yang tidak memadai menjadikan pembelajaran online sulit dilaksanakan.

Metode pembejaran secara jarak jauh atau yang disebut daring menyebabkan dampak seperti turunnya semangat belajar pada siswa di sekolah. Pembelajaran yang dilakukan jarak jauh menjadi membosankan dan tidak menarik karena tidak adanya teman sebaya atau partner bermain. Agar terciptanya semangat belajar kembali Mahasiswa PMM UMM Kelompok 86 Gelombang 15 2021 membantu pembelajaran Dengan menggunakan model pembelajaran Fun Learning. Fun Learning adalah salah satu model pembelajaran dengan memberikan suasana menyenangkan bagi peserta didik saat belajar. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Ngroto,Kecamatan Pujon,Kabupaten Malang. Dengan sasarannya adalah anak anak yang belajar di TK Dharmawanita Persatuan Ngroto.

Pelaksanaan kegiatan pembelajaran diawali dengan senam yang bermanfaat untuk kebugaran serta dapat meningkatkan semangat belajar sebelum dimulainya pembelajaran. Metode pembelajaran Fun Learning dilakukan dengan belajar yang diselingi bermain. Yang pertama dengan pengenalan macam-macam warna kepada anak-anak. Pengenalan warna tersebut dilakukan dengan games mencari warna kepada anak-anak yang sudah dibagi kelompok dan memegang masing-masing kertas yang sudah berwarna. Yang kedua dengan pengenalan anggota tubuh. Pengenalan anggota tubuh ini dilakukan dengan games membuat lingkaran besar lalu memegang Pundak teman didepannya dan mengitari lingkaran itu dengan diiringi lagu anak-anak,jika lagu sudah dihentikan maka setiap anak-anak memegang anggota tubuh yang dikatakan oleh anggota PMM.

Selain itu dalam penerapan pembelajaran dengan menggunakan metode fun learning kelompok PMM ini membuat suasana pembelajaran dengan senyaman mungkin sehingga proses pembelajaran akan lebih aktif,kreatif,efektif,dan menyenangkan. Kegiatan pembelajaran juga diselingi dengan humor,ice breaking, dan pemberian gift kepada semua anak-anak sehingga setiap harinya akan termotivasi untuk giat belajar dan menumbuhkan semangat belajar.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image