Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman nur Rahman

Materi Soshum UTBK SBMPTN (TPS & TKA) Yang Sering Muncul

Eduaksi | Monday, 14 Mar 2022, 22:08 WIB

Materi soshum UTBK berikut ini harus kamu kuasai, supaya bisa mempersiapkan diri dengan matang dan tidak bingung saat mengerjakan soal tes UTBK.

Proses UTBK SBMPTN dari tahun ke tahun sering mengalami perubahan seperti dalam persyaratan atau ukuran passing grade nya. Namun bagian penting yang harus diperhatikan tentu ruang lingkup materi soshum maupun materi saintek.

Materi soshum yang akan diujikan umumnya sama, yaitu meliputi Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS) yang memiliki jenis soal yang mirip, tiap tahunnya.

Mengenal dengan baik persebaran materi TKA dan TPS akan memudahkan kamu dalam mempersiapkan UTBK SBMPTN. Kamu juga akan berpeluang mendapatkan hasil atau nilai yang memuaskan, karena telah berhasil menguasai materinya.

Selanjutnya kamu bisa mencari materi yang pernah diujikan pada tahun sebelumnya melalui daftar soal dan pembahasan melalui internet atau buku kisi-kisi UTBK yang banyak dijual di pasaran.

Dibawah ini adalah jenis materi Soshum UTBK yang sering diujikan, lengkap dengan persebaran materinya.

TKA Soshum

TKA merupakan tes yang akan mengukur kemampuan kamu tentang materi soshum atau sosial humaniora. Materi soshum ini akan diujikan, karena dianggap sebagai dasar pemahaman yang harus dimiliki oleh calon mahasiswa pada jurusan yang akan diambil di kampus.

Ada perbedaan pada tahun 2021 dan kedepan, karena mapel Matematika sudah tidak diikutsertakan. Meski begitu, kamu akan menemukan perhitungan lain untuk bidang ilmu seperti ekonomi.

Sejarah

Sejarah merupakan ilmu pengetahuan tentang masa lampau, sehingga mau tidak mau, dalam bidang ini kamu harus lebih banyak menghafal materi.

Supaya pembelajaran tidak melebar, berikut beberapa topik yang sedikit hingga banyak yang muncul di tes TKA Soshum Sejarah.

Masa order baru dan reformasi, materi tentang penjajahan eropa, masa penjajahan jepang sampai proklamasi, tentang demokrasi, dinamika politik dunia adalah daftar materi yang mayoritas akan paling sering muncul.

Berikutnya materi yang menengah hingga yang jarang, meliputi Masa pra aksara, sejarah dunia, organisasi regional dan global dan perang dunia I dan II.

Nah, bagi yang lebih suka belajar melalui internet, tidak perlu bingung untuk cari contoh soal dan materi UTBK sejarah, ada portal website soal dan pembahasan UTBK lengkap yang bisa kamu kunjungi, yaitu Tomatalikuang.com.

Ekonomi

Ekonomi merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang perilaku manusia dalam mengelola sumberdaya alam, kemudian muncul aktivitas yang disebut produksi, distribusi dan konsumsi.

Di sekolah ilmu ekonomi banyak mempelajari seperti tentang penawaran, permintaan, perdagangan dan hal pengelolaan sumberdaya lainnya.

Nah bagi kamu yang sedang mempersiapkan UTBK SBMPTN, ada materi yang sebaiknya kamu kuasai supaya bisa mendapat hasil terbaik, materi tersebut diantaranya:

Tentang siklus akuntansi, misalnya soal urutan dalam siklus akuntansi, pencatatan dalam siklus akuntansi untuk mencatat pembelian kredit, menyelesaikan studi kasus pencatatan akuntansi dan sejenisnya.

Tentang sistem ekonomi, misalnya soal definisi sistem ekonomi tradisional, liberal, pancasila dan lain-lain.

Selain itu ada juga tentang pendapatan Nasional, badan usaha, tentang pasar (bentuk dan jenisnya), perilaku konsumen, produsen dan sedikit tentang manajemen, biaya produksi dan perdagangan internasional.

Geografi

Geografi merupakan ilmu yang mempelajari tentang semua hal tentang bumi dan hubungan dengan seluruh isinya. Ilmu geografi juga dikenal dengan geografi fisik (ilmu geografi yang mengkaji tentang gejala alam seperti lapisan tanah, atmosfer, litosfer dan sejenisnya) dan geografi manusia (ilmu geografi yang mengkaji tentang hubungan manusia atau perilaku manusia di dalam bumi).

Jenis materi soal soshum UTBK Geografi yang sering muncul diantaranya :

● Meteorologi atau ilmu tentang cuaca

● Klimatologi atau ilmu tentang iklim di wilayah tertentu

● Oseanografi atau ilmu tentang kelautan meliputi sedimentasi, batuan atau pergerakan air laut

● Atmosfer atau lapisan gas yang menyelimuti bumi

● Litosfer atau tentang lapisan kerak bumi

● Tentang Peta

● Hidrosfer atau ilmu tentang lapisan air yang ada di permukaan bumi

● Pengelolaan sumber daya alam terbaik, bagi sda yang bisa diperbaharui maupun sda yang tidak

Selain itu, kamu juga akan menemukan beberapa soal dan pembahasan tentang lingkungan, sistem informasi geografi, konsep wilayah dan tata ruang di tes UTBK soshum.

Sosiologi

Sosiologi merupakan ilmu tentang fakta sosial dan perilaku manusia. Sosiologi bisa menerangkan bagaimana sebuah struktur sosial manusia terbangun dan fakta-fakta tentang pola pikir manusia individu maupun kelompok.

Pada soal soshum UTBK SBMPTN, ilmu sosiologi biasanya menampilkan soal tentang, kelompok sosial, yang merupakan kumpulan individu yang punya nilai, interaksi dan tujuan tertentu secara bersama-sama.

Konflik sosial yang merupakan pertentangan yang terjadi di masyarakat, misalnya disebabkan faktor ekonomi, komunikasi maupun hal lain yang memiliki perbedaan keinginan.

Selanjutnya, kamu juga akan menemukan soal soshum UTBK tentang pengendalian sosial, diferensiasi sosial, interaksi sosial, mobilitas sosial, lembaga sosial dan hal sosial lainnya.

TPS Soshum

TPS merupakan tes untuk mengukur kemampuan di bidang penalaran dan pengetahuan umum. Pasalnya tes pada TPS sangat berguna bagi perkembangan peserta didik nantinya saat di kehidupan sehari-hari maupun di kampus.

Penalaran Umum

Penalaran Umum dalam soal soshum UTBK merupakan soal yang akan menguji nalar kamu. Jenis soal berupa paragraf kesesuaian pernyataan, pemahaman visual dan pernyataan benar salah.

Pengetahuan Kuantitatif

Pengetahuan kuantitatif adalah jenis soal yang akan menguji kemampuan berhitung. Maka jenis soal yang sering muncul diantaranya tentang sistem persamaan, bilangan, sudut, statistika, peluang, aljabar, perbandingan, himpunan dan persamaan garis lurus.

Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Pengetahuan dan pemahaman umum berisi soal yang akan menguji tentang pemahaman kamu tentang ilmu bahasa. Jenis soal yang akan muncul diantaranya tentang ide pokok, bentuk kata, main idea, kata rujukan, fungsi paragraf, sikap penulis, kesimpulan, sinonim dan purpose.

Pemahaman Bacaan dan Menulis

Jenis soal TPS soshum UTBK yang terakhir adalah pemahaman bacaan dan menulis. Pada jenis soal ini kamu akan menemukan contoh soal seperti kalimat efektif, ejaan, kalimat majemuk, bentuk kata, simpulan dan konjungsi.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image