Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Humas FT-UMJ

Dekan FT-UMJ Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat Pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Olahraga | Monday, 14 Mar 2022, 11:13 WIB
Foto Bersama Dekan Fakultas Teknik UMJ dengan para Pendekar Tapak Suci pada Minggu, 30 Januari 2022. Dok. Pribadi

Jakarta – Dekan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta mengikuti acara ujian kenaikan tingkat pendekar Perguruan Seni Bela Diri Indonesia Tapak Suci Putera Muhammadiyah yang di laksanakan selama 2 hari dari tanggal 29-30 Januari 2022 di Yogyakarta. atau disingkat Tapak Suci, adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Tapak Suci berasas islam, bersumber pada Al Qur’an dan As-Sunnah, berjiwa persaudaraan, berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke-11.

Sebanyak Empat Belas Wilayah Tapak Suci di Indonesia mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) Pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah tersebut. Ujian kenaikan tingkat ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Adapun materi ujian kenaikan tingkat pendekar meliputi ragawi dan keilmuan, fisik dan mental, pengetahuan organinsasi Tapak Suci atau ketapaksucian, Al Islam dan Kemuhammadiyahan, penguji berasal dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah Muhammad Afnan Hadikusumo mengatakan bahwa ujian kenaikan tingkat Pendekar Tapak Suci ini diikuti 200 peserta se-Jawa Bali. Para peserta yang mengikuti ujian kenaikan tingkat pendekar ini datang dari beragam tingkatan. “Ada yang dari kader utama menuju pendekar muda, pendekar muda menuju pendekar madya, pendekar madya menuju pendekar kepala dan pendekar kepala menuju pendekar utama,” ucap Muhammad Afnan Hadikusumo

Ia berharapagar kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini akan melahirkan pendekar-pendekar sejati dan berkualitas sebagai penerus Perguruan tapak Suci. “Ujian kenaikan tingkat Pendekar kali ini digelar dengan aturan-aturan tertentu untuk mengantisipasi adanya ijazah-ijazah yang disinyalir palsu di beberapa daerah,” ucap Adnan.

Baca Juga : Dekan Fakultas Teknik UMJ Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat Pendekar Tapak Suci Putera Muhammadiyah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image