Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rika Andriana

Tips Membeli Power Bank yang Perlu Anda Ketahui, Cek Yuk!

Teknologi | Sunday, 13 Mar 2022, 09:33 WIB

Bagi Anda yang sering menggunakan smartphone pasti akan sering men-charger. Apalagi jika Anda menggunakannya sangat waktu yang intens.

Bayangkan jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh kemudian tiba-tiba ponsel mati dan sulit mendapatkan jaringan listrik, hal ini akan menjadi masalah.

Namun Anda tak perlu khawatir, untuk mengatasi masalah itu ada alat yang dapat menyimpan daya listrik sehingga bisa Anda gunakan untuk mencharge kembali ponsel smartphone tanpa harus menyolokkan pada jaringan listrik.

Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan juga dalam memilih power bank yang sesuai dengan kebutuhan ponsel. Saat ini power bank banyak dijual dengan harga murah, tapi tidak awet bahkan cepat rusak.

Jika Anda tidak teliti dalam memilih power bank yang bagus, hal ini akan sangat berbahaya karena dapat merusak ponsel Anda. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih power bank sebelum Anda membelinya.

1. Cari tahu daya baterai smartphone dan power bank

Ponsel dengan kapasitas baterai yang cukup besar, pasti akan menyedot daya dalam power bank Anda. Untuk itu Anda harus mengetahui daya dari baterai smartphone tersebut. Jangan sampai daya baterai smartphone Anda besar, tapi power bank yang Anda beli lebih kecil, maka ponsel yang dicharger oleh power bank tidak akan bisa terisi dengan penuh.

Oleh karena itu, pilih power bank yang memiliki daya simpan sesuai dengan kebutuhan ponsel atau bahkan lebih besar.

2. Powerbank dengan fitur power-cut dan auto-cut

Sebaiknya power bank yang Anda beli memiliki fitur power-cut. Hal ini untuk mencegah jika power bank tersebut mengalami masalah dalam kelistrikan. Dengan adanya fitur ini, maka ponsel Anda akan aman.

Sedangkan auto-cut sangat berfungsi untuk menghentikan daya listrik saat power bank tersebut sudah penuh ketika daya sedang diisi ulang. Biasanya power bank yang memiliki fitur auto-cut akan lebih awet.

3. Perhatikan garansi

Perhatikan garansi dari power bank yang akan Anda beli. Selain itu, jika klaim garansi harus ke mana. Lebih baik jika toko tersebut akan memberikan jaminan apabila power bank tersebut rusak dan mengharuskan Anda kembali ke mereka untuk membantu dalam klaim garansi.

Hati-hati jika power bank tersebut memiliki garansi kurang dari 1 bulan. Sebaiknya Anda jangan membelinya. Karena kemungkinan besar power bank tersebut kualitasnya menjadi pertanyaan.

4. Perhatikan merek

Sebelum Anda membeli power bank, alangkah baiknya Anda sering-sering mencari informasi terlebih dulu. Bisa baca di forum-forum atau blog, atau bisa cari di Google merek apa yang bisa dijadikan referensi.

Atau jika Anda sudah kenal dengan merek tersebut dan juga mempunyai reputasi yang bagus di bidang baterai atau peralatan elektronik, hal ini akan lebih bagus. Kalau bisa Anda membelinya di tempat yang memang resmi dari merek tersebut.

Baca selengkapnya >>> hnpp.org bettermind.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image