Tips Membeli Power Bank yang Perlu Anda Ketahui, Cek Yuk!

Image
Rika Andriana
Teknologi | Sunday, 13 Mar 2022, 09:33 WIB

Bagi Anda yang sering menggunakan smartphone pasti akan sering men-charger. Apalagi jika Anda menggunakannya sangat waktu yang intens.

Bayangkan jika Anda sedang melakukan perjalanan jauh kemudian tiba-tiba ponsel mati dan sulit mendapatkan jaringan listrik, hal ini akan menjadi masalah.

Namun Anda tak perlu khawatir, untuk mengatasi masalah itu ada alat yang dapat menyimpan daya listrik sehingga bisa Anda gunakan untuk mencharge kembali ponsel smartphone tanpa harus menyolokkan pada jaringan listrik.

Akan tetapi, Anda perlu memperhatikan juga dalam memilih power bank yang sesuai dengan kebutuhan ponsel. Saat ini power bank banyak dijual dengan harga murah, tapi tidak awet bahkan cepat rusak.

Jika Anda tidak teliti dalam memilih power bank yang bagus, hal ini akan sangat berbahaya karena dapat merusak ponsel Anda. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memilih power bank sebelum Anda membelinya.

1. Cari tahu daya baterai smartphone dan power bank

Ponsel dengan kapasitas baterai yang cukup besar, pasti akan menyedot daya dalam power bank Anda. Untuk itu Anda harus mengetahui daya dari baterai smartphone tersebut. Jangan sampai daya baterai smartphone Anda besar, tapi power bank yang Anda beli lebih kecil, maka ponsel yang dicharger oleh power bank tidak akan bisa terisi dengan penuh.

Oleh karena itu, pilih power bank yang memiliki daya simpan sesuai dengan kebutuhan ponsel atau bahkan lebih besar.

2. Powerbank dengan fitur power-cut dan auto-cut

Sebaiknya power bank yang Anda beli memiliki fitur power-cut. Hal ini untuk mencegah jika power bank tersebut mengalami masalah dalam kelistrikan. Dengan adanya fitur ini, maka ponsel Anda akan aman.

Sedangkan auto-cut sangat berfungsi untuk menghentikan daya listrik saat power bank tersebut sudah penuh ketika daya sedang diisi ulang. Biasanya power bank yang memiliki fitur auto-cut akan lebih awet.

3. Perhatikan garansi

Perhatikan garansi dari power bank yang akan Anda beli. Selain itu, jika klaim garansi harus ke mana. Lebih baik jika toko tersebut akan memberikan jaminan apabila power bank tersebut rusak dan mengharuskan Anda kembali ke mereka untuk membantu dalam klaim garansi.

Hati-hati jika power bank tersebut memiliki garansi kurang dari 1 bulan. Sebaiknya Anda jangan membelinya. Karena kemungkinan besar power bank tersebut kualitasnya menjadi pertanyaan.

4. Perhatikan merek

Sebelum Anda membeli power bank, alangkah baiknya Anda sering-sering mencari informasi terlebih dulu. Bisa baca di forum-forum atau blog, atau bisa cari di Google merek apa yang bisa dijadikan referensi.

Atau jika Anda sudah kenal dengan merek tersebut dan juga mempunyai reputasi yang bagus di bidang baterai atau peralatan elektronik, hal ini akan lebih bagus. Kalau bisa Anda membelinya di tempat yang memang resmi dari merek tersebut.

Baca selengkapnya >>> hnpp.org bettermind.id

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Rika Andriana adalah seorang blogger yang memiliki hobi menulis artikel yang berkaitan dengan teknologi dan aplikasi.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Masalah pada Karburator Penyebab Motor Susah Dihidupkan

Image

Rutan Banjarnegara Terima Arahan dan Penguatan Tusi dari Sekjen Kumham

Image

Bicara Buah Hati di Bukit Obelix

Image

Desentralisasi dalam Konsep Tata Kepemerintahan

Image

Bukan Hanya Skill, Warga Binaan Rutan Majene Juga Dapat Upah Panen Sayuran

Image

Dukung Pemberantasan Narkoba, Imigrasi Palembang Gelar Pengecekan Urine Rutin

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image