Rumah Sakit Universitas Airlangga: Meningkatkan Mutu Pelayanan Pasien Melalui Digitalisasi Sistem Kesehatan
Hospitality | 2025-10-31 10:31:13
Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) menawarkan berbagai layanan yang terintegrasi dan terkenal dengan sistem pelayanannya yang cepat dan akurat,namun semua itu dapat tercapai berkat bantuan dari digitalisasi,hal ini terungkap dari observasi saya Ketika melakukan kunjungan di RSUA tersebut.
Alur Pelayanan Rumah Sakit Universitas Airlangga
Alur pelayanan di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) terbagi menjadi 2 kategori utama,yaitu Instalasi Rawat Jalan dan Instalasi Gawat Darurat (IGD),secara keseluruhan alur pelayanannya sangatlah runtut dan mudah diikuti oleh pasien.
Instalasi Rawat Jalan
Alur instalasi rawat jalan Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) dimulai dengan menekan tombol untuk mengambil antrian dan menunggu nomor antrian dipanggil pada loket 1-5,kemudian di loket kita akan diminta untuk menyerahkan Kartu Identitas,Kartu Pasien Unair(untuk pasien lama),fotokopi BPJS,KTP dan surat rujukan (bila pasien kontrol setelah dirawat),kemudia tergantung dari tujuan pasien datang untuk rehab atau pemeriksaan,pasien akan diarahkan menuju ke lantai 2 atau 3 untuk menunggu di depan ruang rehab atau poli tujuan dan menunggu panggilan antrian.Setelah melakukan konsultasi dan admisi maka pasien dapat melanjutkan ke kasir untuk melakukan pembayaran.
Instalasi Gawat Darurat (IGD)
Alur Instalasi Gawat Darurat (IGD) dimulai dengan melakukan pendaftaran dengan menunjukkan fotokopi KK dan kartu BPJS dan dilanjutkan dengan Triage (Penilaian Derajat Kegawatan),Triage terbagi menjadi 3 kategori yaitu:
· Merah (Gawat Darurat Berat): Kondisi yang mengancam jiwa atau berpotensi menyebabkan cedera serius dan memerlukan pertolongan medis segera.
·Kuning (Gawat Darurat Ringan): Kondisi medis yang memerlukan perhatian segera akan tetapi tidak mengancam jiwa.
·Hijau (Bukan Gawat Darurat): Pasien dengan kondisi tidak gawat dan tidak darurat yang berada di prioritas ketiga setelah pasien merah dan kuning
Pasien dengan Triage merah dan kuning akan segera diarahkan ke Resusitasi Gawat Darurat (RES)/Medik/Bedah/VK bersalin,sedangkan pasien dengan Triage hijau akan diarahkan ruang non-emergency(Poliklinik).
Digitalisasi dalam Sistem Pelayanan
Dengan adanya sistem antrian online dan penjelasan alur pelayanan yang tersedia di web Rumah Sakit Universitas Airlangga(RSUA) maka pasien dapat mendapatkan nomor antrian dan perawatan dengan lebih cepat dan efektif.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
