Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image FF Code

Tautan Internal Sangat Penting Untuk SEO

Teknologi | Wednesday, 09 Mar 2022, 20:24 WIB

John Mueller dari Google menjawab pertanyaan tentang tautan internal dan menegaskan bahwa tautan internal yang melampaui navigasi Breadcrumb situs adalah salah satu "hal terbesar" yang dapat dilakukan penerbit untuk memberi tahu Google konten apa yang paling penting.

Navigasi Breadcrumb

Dalam cerita anak-anak, seorang protagonis mungkin menjelajah ke hutan dan meninggalkan jejak Breadcrumb yang bisa mereka ikuti untuk menghindari tersesat.

Sebuah situs web juga menyediakan jejak "Breadcrumb" dalam bentuk navigasi situs Breadcrumb sehingga pengunjung situs dapat menavigasi kembali melalui struktur situs web sebuah situs web.

Biasanya Breadcrumb dimulai di halaman beranda kemudian pergi ke halaman kategori dan kemudian pergi ke sebuah artikel.

Home > Kategori > Artikel (Anda Disini)Data Terstruktur Breadcrumb

Data terstruktur breadcrumb adalah cerminan dari navigasi breadcrumb yang merupakan bagian dari apa yang disebut navigasi internal.

Navigasi internal memudahkan pengunjung situs untuk menavigasi situs web, bolak-balik antara kategori dan sub-kategori situs web untuk menemukan hal-hal menarik untuk dibaca.

Data terstruktur Breadcrumb memberi tahu Google tentang topik kategori situs web.

Kategori ini sekitar x.Kategori ini tentang y.Kategori ini adalah tentang z.

Navigasi situs Breadcrumb tercermin dalam data terstruktur, yang merupakan konteks dari apa yang sedang dibahas.

Apakah Data Terstruktur Breadcrumb Cukup untuk Internal Linking?

Orang yang mengajukan pertanyaan ingin tahu apakah menyiapkan navigasi data terstruktur Breadcrumb cukup untuk penautan internal untuk SEO.

Ini pertanyaannya:

“Jika Anda memiliki data terstruktur untuk pengaturan Breadcrumb, apakah tautan internal masih penting untuk SEO?”

Tautan Internal itu Penting

John Mueller dari Google menanggapi dengan menyatakan bahwa tautan internal adalah kesempatan untuk mengomunikasikan kepada Google sesuatu yang lebih dari apa yang dapat dikomunikasikan oleh tautan navigasi internal.

John Mueller menjawab jika tautan internal itu penting:

"Ya, tentu saja.

Ini adalah sesuatu di mana tautan internal sangat penting untuk SEO.

Saya pikir ini adalah salah satu hal terbesar yang dapat Anda lakukan di situs web untuk memandu Google dan mengarahkan pengunjung ke halaman yang menurut Anda penting.

Dan apa yang Anda anggap penting sepenuhnya terserah Anda.

Anda dapat memutuskan untuk membuat hal-hal penting di mana Anda mendapatkan uang paling banyak atau Anda dapat membuat hal-hal penting di mana Anda adalah pesaing terkuat atau mungkin Anda pesaing terlemah.

Dengan tautan internal, Anda dapat benar-benar memfokuskan hal-hal pada arah tersebut dan bagian-bagian situs Anda.

Dan itu bukan sesuatu yang bisa Anda ganti dengan data terstruktur.

Jadi hanya karena ada data terstruktur di suatu halaman di suatu tempat, saya tidak akan melihatnya sebagai pengganti tautan internal normal.

Meskipun dalam data terstruktur Anda juga memberikan URL, kami tidak menggunakan URL tersebut dengan cara yang sama seperti kami menggunakan tautan internal normal pada suatu halaman.

Jadi bukan berarti anotasi hreflang menggantikan tautan antar versi negara atau anotasi breadcrumb menggantikan tautan antara berbagai tingkat situs web.

Anda harus benar-benar memiliki tautan HTML normal di antara berbagai bagian situs web Anda.

Dan idealnya, Anda tidak hanya harus memiliki seperangkat tautan dasar, tetapi Anda harus melihatnya dengan cara yang strategis dan memikirkan apa yang paling Anda pedulikan dan bagaimana Anda dapat menyorotinya dengan tautan internal Anda.”

Mengapa Tautan Internal Penting

John Mueller tidak mengatakan tautan internal adalah faktor peringkat. Dia hanya mengatakan bahwa ini adalah cara yang baik untuk memberi tahu Google halaman mana di situs yang penting.

Jika kita mundur sedikit dan melihat bagaimana sebuah situs web terstruktur, di situs web tradisional struktur situsnya menyerupai piramida.

Bagian atas piramida adalah titik kecil yang biasanya memiliki informasi umum tentang situs tersebut dan apa yang ditawarkannya.

Saat Anda mengeklik melalui lapisan kategori dan subkategori melalui navigasi situs, topik berubah dari sangat umum (di atas) menjadi semakin sangat spesifik, jauh di bawah struktur situs piramidal itu.

Semakin besar situs, semakin banyak halaman yang ada dan semakin besar kemungkinan halaman penting bisa terkubur dan tetap terlupakan dalam longsoran konten.

Apa yang disarankan John Mueller adalah bahwa tautan internal strategis adalah cara untuk mengarahkan Google dan pengunjung situs ke topik yang paling populer atau penting.

Penggunaan tautan internal yang bijaksana dapat membantu Google dan pengunjung situs dengan cepat mendapatkan konten penting.

Seperti yang disarankan Mueller:

“ Anda harus melihatnya secara strategis dan memikirkan apa yang paling Anda pedulikan dan bagaimana Anda bisa menyorotinya dengan tautan internal Anda.”

Pentingnya tautan internal bukan untuk "menipu" Google agar berpikir bahwa halaman web relevan untuk XYZ.

Ini memberitahu mesin pencari halaman apa yang paling penting.

Tautan internal hanyalah cara untuk menunjuk ke konten penting Anda dan memastikan bahwa mesin pencari dapat menemukannya dan memberi peringkat.

Demikian ulasan mengenai pentingnya internal link, untuk kamu yang butuh Jasa PBN Berkualitas hub WA: 0831-4949-4844

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image