Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Finah Aulia

FAKTOR YANG MENDORONG BELANJA ONLINE SEMAKIN MENINGKAT DAN DIMINATI

Bisnis | Thursday, 03 Mar 2022, 13:38 WIB

Penulis : Finah Aulia

Perkembangan teknologi adalah kemajuan teknologi yang dari masa ke masa akan terus berkembang ke arah yang lebih cangih. Perkembangan ini merupakan sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena perkembangan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.

Perkembangan Teknologi mengakibatkan perubahan signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan manusia. Perkembangan teknologi meliputi perkembangan infrastruktur teknologi, khususnya dalam bidang teknologi informasi, seperti adanya perangkat keras, perangkat lunak, teknologi penyimpanan atau penyimpanan . (Laudon, 2006: 174)

Perkembangan teknologi tidak hanya mempengaruhi bidang teknologi informasi, kesehatan, pendidikan, pemerintahan, tetapi juga pada dunia bisnis. Perkembangan teknologi informasi dan internet telah membawa dampak transformasional yang menciptakan paradigma baru pada dunia bisnis berupa bisnis elektronik (e-business).

E-business adalah penggunaan teknologi digital dan internet untuk menjalankan proses-proses bisnis utama dalam suatu perusahaan. E-business meliputi aktivitas pengelolaan internal dalam suatu perusahaan serta kegiatan koordinasi dengan pemasok dan mitra bisnis serta perdagangan elektronik (e-commerce).

Merchant Machine, lembaga riset asal Inggris (databooks.com; 2019/04/23) merilis daftar sepuluh negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia dan Indonesia memimpin jajaran negara-negara tersebut dengan pertumbuhan 78 persen pada 2018. Hasil studi Polling Indonesia bekerja sama dengan APJII (kompas.com, 16/05/2019), merilis data jumlah pengguna internet di Indonesia tumbuh 10,12 persen. Jumlah pengguna internet di Indonesia lebih dari 100 juta orang.

APJII mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia paling banyak mengakses konten video, chating dan media sosial, serta aktivitas jual beli online. APJII (15/05/2019) menyatakan 93,9 persen masyarakat Indonesia mengakses internet dengan menggunakan smartphone.

Data di atas menunjukkan bahwa Indonesia memiliki daya tarik bagi pelaku bisnis online. Berikut adalah beberapa pelaku e-commerce dengan platform tertentu yang cukup dikenal pembeli dan calon pembeli di antaranya Bukalapak, Shopee, Lazada, Tokopedia, OLX, Traveloka, Alibaba dan Amazon.

Dengan adanya situs-situs e-Commerce atau jual beli online, Selain platform jual beli online, jejaring media sosial ini dimanfaatkan pula oleh pelaku bisnis dan masyarakat untuk melakukan jual beli barang. Dengan koneksi internet yang semakin mudah didapatkan, komunikasi real-time menggunakan media sosial juga akan memperlancar proses jual beli.

Berikut ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan minat berbelanja online :

1. Kenyamanan

Faktor kenyamanan ini penting terutama bagi masyarakat yang menghindari keramaian yang berdesak-desakan apabila berbelanja di toko, apabila saat ada diskon dan di hari hari-hari libur. Masyarakat memilih berbelanja online juga untuk menghindari interaksi tatap muka yang terkadang menimbulkan ketidaknyamanan ketika sedang berbelanja.

2. Kelengkapan Informasi

Internet membuat akses terhadap informasi lebih mudah. Selain itu beberapa platform menyediakan fitur rating dan review untuk memberikan ulasan tentang kualitas dan informasi produk.

3. Ketersediaan Produk Dan Jasa

Hanya dengan mengakses website, masyarakat dapat mengetahui ketersediaan barang tanpa harus berkunjung ke toko tersebut. Hal ini juga membantu calon pembeli yang berlokasi jauh dengan toko, dengan tidak perlu berkunjung namun tetap dapat membeli barang secara online.

4. Efisiensi Biaya Dan Waktu

Beberapa website, contohnya eBay, menawarkan kepada calon pembeli harga terbaik dengan membandingkan harga di beberapa toko sekaligus. Perbandingan harga ini menjadi berarti bagi calon pembeli. Selain itu, online shopping dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.

5. Tersedia Banyak Promo

Berkembangnya e-commerce membuat pelaku toko online memberikan banyak promo untuk menarik pelanggan. Beragam promo yang ditawarkan berbagai tempat belanja inilah yang membuat banyak orang bertransaksi di dunia maya. Jenis promo yang ditawarkan oleh pelaku bisnis online juga beragam, mulai dari berupa potongan harga, poin reward yang dapat ditukarkan, hingga voucher belanja.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image