Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Suryanta Bakti

Ini Lho, Cara Gampang Branding di Facebook

Bisnis | Wednesday, 02 Mar 2022, 02:11 WIB

Strategi pemasaran di era digital saat ini mudah dilakukan melalui media sosial, salah satunya Facebook. Jumlah pengguna Facebook lebih banyak dibanding dengan media sosial lainnya. Sudah bukan zamannya lagi melakukan pemasaran melalui pintu ke pintu, melainkan cukup memanfaatkan media sosial.

Melalui digital platform, Anda sudah bisa membangun personal branding produk-produk yang Anda jual melalui aplikasi Facebook dengan mudah.

Saat ini Facebook juga dilengkapi dengan marketplace yang menyediakan lapak jualan online, selain itu Facebook juga menyediakan fitur Facebook Ads yang memudahkan Anda dalam menentukan target konsumen.

Berikut ini cara branding produk di Facebook tanpa ribet lagi:

1. Mengelola profil secara profesional

Buat perencanaan yang matang untuk mengelola profil Anda, misalnya Facebook ingin dikenal konsumen seperti apa, terutama menyangkut dengan kepribadian bisnis Anda. Anda bisa memberikan informasi secara detail melalui kelengkapan data di bio, apa yang akan Anda share di laman, atau apa yang Anda like, semua direncanakan untuk strategi pemasaran.

Kelola profil semenarik mungkin, seperti nama akun facebook yang mudah diingat konsumen, foto profil yang mencitrakan kepribadian dan bisnis Anda. Gunakan deskripsi dengan bahasa yang friendly, singkat, jelas, mengenai background Anda dan bisnis Anda. Setting cover foto yang menggambarkan profil bisnis Anda ataupun profesi Anda.

2. Gunakan foto-foto yang berkualitas

Cara membuat branding produk yakni dengan mengupload foto-foto pilihan dengan resolusi yang tinggi supaya gambar terlihat jelas, gunakan aesthetic pada gambar untuk menarik hati pelanggan untuk mengunjungi profil Anda.

Deskripsikan sedetail mungkin produk yang Anda jual, jangan gunakan copy paste dari toko lain melainkan hasil dari deskripsi sendiri.

Cara branding produk di Facebook gampang-gampang susah, mudah dalam pemasaran dan mendapatkan pelanggan namun juga tidak bisa dilakukan asal-asalan untuk kebutuhan bisnis jangka panjang. Sebelum post setiap content, lakukan pemeriksaan ulang agar tetap sesuai role bisnis yang sudah direncanakan.

3. Gabung grup para pengusaha dibidang yang sama

Gabung grup di Facebook cukup relevan dalam menjalin hubungan kerjasama sesama pebisnis, sekaligus memperkenalkan personal branding bisnis Anda dengan pebisnis lainnya.

Gunakan bahasa ajakan yang santai namun sopan saat melakukan post penawaran produk Anda di grup-grup Facebook. Jangan lupa untuk memantau page insight yang dihubungkan dengan Messenger.

Promosi juga bisa dilakukan melalui Facebook live untuk menjalin kedekatan dengan pelanggan, termasuk membalas komentar-komentar sebagai bagian dari apresiasi untuk mereka yang sudah follow up akun Anda.

Jika segala usaha yang dilakukan masih belum mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan fitur iklan di Facebook Ads atau marketplace. Itulah tadi cara branding produk di Facebook yang bisa Anda praktikkan saat memulai berbisnis melalui digital platform seperti Facebook.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image