Peluang Ekonomi Ampas Tahu Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Kerupuk

Image
Liva Fatrianda
Bisnis | Tuesday, 01 Mar 2022, 18:46 WIB

Banyak orang suka dengan kerupuk apalagi jika kerupuk memiliki rasa yang enak, renyah dan nikmat. Kerupuk pun banyak dijadikan camilan yang mampu membuat saat bersantai dengan keluarga menjadi lebih hangat. Nah kali ini ada kerupuk yang enak gurih dan nikmat yaitu kerupuk tahu, kerupuk ini dibuat dari bahan ampas tahu yang memang dimanfaatkan dengan baik untuk dibuat kerupuk yang bernilai jual tinggi. Ampas tahu ini merupakan limbah dari pembuatan tahu, ampas tahu didapatkan dari hasil pembuatan tahu. Jika tidak dimanfaatkan dengan baik maka ampas tahu akan mengalami kebusukan dan mencemari lingkungan, sehingga dengan kandungan gizi yang cukup tinggi dari ampas tahu membuat limbah tahu ini dapat dimanfaatkan dengan baik. Selain untuk makanan sendiri, kerupuk tahu ini bisa dijadikan peluang usaha. Peluang usaha kerupuk tahu sangat efisien untuk dijalankan. Selain untuk mengurangi pencemaran lingkungan juga mampu mendatangkan keuntungan tersendiri. Memanfaatkan limbah tahu ini menjadi gagasan usaha yang cemerlang. Apalagi modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini sangat minim, dengan memanfaatkan ampas tahu berharga murah. Jika ditekuni dan dijalankan dengan baik maka usaha kerupuk ampas tahu akan menghasilkan keuntungan menajubkan.

Ketika memulai usaha ampas tahu ini maka yang dibutuhkan ialah bahan baku dan peralatan produksi. Bahan – bahan ini bisa dibeli dipasaran misalnya tapioka, garam, bawang putih, udang kering. Sedangkan bahan ampas tahu bisa membelinya dipabrik tahu terdekat. Siapkan peralatan untuk mempermudah pekerjaan misalnya alat pemeras, alat pengaduk adonan, pengukus, pisau dan talenan, tempat penjemuran, wajan, timbangan, kompor dan gas.

Agar produk dikenal oleh masyarakat maka perlu melakukan pemasaran. Pemasaran dapat dilakukan dengan memasarkan produk ke warung kecil, supermarket, pasar, media sosial dan tempat lainnya yang mau menampung kerupuk ampas tahu. Buat kemasan yang menarik supaya pemasaran produk bisa berjalan dengan mudah. Kerupuk dengan rasa yang disukai akan banyak diminati jadi buat kerupuk secara konsisten agar mendapatkan penggemar tetap.

Proses pengolahan yang mudah, ditambah bahan baku murah membuat ampas tahu menjadi peluang usaha menjanjikan. Apalagi masyarakat kita sudah familiar dan tidak bisa lepas dari yang namanya kerupuk, bisa jadi semakin mendapatkan keuntungan besar. Namun tidak sekedar menjalankan atau mengolah, proses distribusi juga harus diperhatikan jika ingin sukses menjalaninya.

Selanjutnya, tentukan harga dari setiap kemasan yang dibuat. Jangan takut dengan harga yang sedikit mahal jika anda yakin dengan kualitas produk yang diberikan. Saat ini banyak konsumen yang sadar bahwa harga berbanding lurus dengan kualitas.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Pamerkan Produk Halal Indonesia Berpartisipasi Dalam OIC Halal Expo 2022 di Turki

Image

Memposisikan IMM : Menghidupkan Tradisi Intelektual Melalui Tradisi Membaca, Menulis dan Diskusi

Image

Tiga derajat agung yang bisa diraih manusia tatkala musibah menghampirinya

Image

Masjid Raya Al-Azhom, Sejarah dan Penyebaran Islam di Kota Tangerang

Image

Paradigma MBKM di Era Disrupsi

Image

Indahnya Kebersamaan, Warga Binaan Lapas Besi Sambut Perayaan Hari Raya Natal Tahun 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image