Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Eva Nurliana, S.Pd

5 Langkah Agar Semangat Mengajar Tetap OKE

Eduaksi | Monday, 28 Feb 2022, 14:36 WIB
Dokpri.seusai presentasi pembelajaran siswa.smansa meulaboh

5 Langkah Agar tetap Semangat Dalam Mengajar

=======

Kata pakar psikologi, semangat/antusiasme itu menular. dengan semangat saja, mungkin separuh dari usaha kita sudah berhasil dan bermakna. minimal, kita sudah memulai dengan baik dan mempersepsi dengan tepat.

Secara prinsipil, semangat adalah kerja mental. namun semangat juga dipengaruhi oleh sugesti luar. namun, sugesti terbaik adalah yang datang dalam diri sendiri.

Dalam mengajar juga begitu. banyak variabel yang memengaruhi semangat dan sikap antusiasme kita. Beban kerja, problem pribadi, respon siswa dan rasa jemu, memengaruhi semangat tadi.

Maka wajar, bila semangat perlu diperbarui saban hari, setiap waktu, sesuai daya dan gaya masing masing guru.

Berikut ada 5 langkah agar antusiasme kita selalu konstan dalam mengajar:

1. Menyiapkan suatu tantangan baru dan rencana baru dalam skenario belajar siswa. sekecil apapun itu, akan berdampak pada semangat diri dan siswa.

bila semangat ini tumbuh dan menular dengan baik, agaknya sudah menjadi bagian dari "manfaat belajar itu sendiri.

2. Memperluas cakupan materi dan variasi belajar siswa dengan kondisi dan penyesuaian tertentu, mungkin saja bukan anda yang mengajar hari itu, tapi kakak kelas mereka di kelas sebelah. lalu mengambil konklusi bersama.

3. melibatkan partisipasi siswa seluas mungkin. bisa saja ini memakan waktu. metoda hibrid agak tepat digunakan, kita bisa menggabungkan banyak hal dan mencapai hasil belajar yang relevan.

4. terus menerus membangun konsep diri, sebagai guru yang memberi dampak bagi perkembangan siswa. sekecil apapun peran kita akan melekat"dalam pemgalaman siswa, dan itu menjadi amal-investasi yang abadi.

5. Meyakini bahwa tanggung jawab kita hanyalah memfasilitasi belajar siswa, membangun konstruksi pengetahuan dan pengalaman belajar secara interaktif, selebihnya kita meminta agar Allah swt sebagai Pemilik Ilmu Memberi cahaha di hati mereka sehingga mudah mencerna pengajaran dan selalu dalam bimbingan Nya.

*****

Terima Kasih, semoga bermanfaat

wassalam!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image