Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image BATMAN LEGO

7 Tanda Whatsapp Anda Disadap, Ini Cara Mengatasinya

Teknologi | Friday, 25 Feb 2022, 00:50 WIB

thegasruk.com - Akun Whatsapp berpotensi dibajak atau disadap sekalipun sudah menerapkan enkripsi.Setidaknya ada sejumlah tanda Whatsap disadapp yang bisa dikenali cirinya.

Penyadapan bisa merugikan pengguna lantaran dapat mengawasi seluruh aktivitas Anda di Whatsapp. Mulai dari isi pesan, isi kotak, aktivitas komunikasi, termasuk potensi kebocoran data dari diri sangat mungkin terjadi.

Ciri Whatsapp Dibajak yang tidak Disadari pengguna

Oleh karena itu, untuk menghindari agar tidak menjadi korban kejahatan penyadapan Whatsapp, kenali tanda Whatsapp Anda disadap orang lain dan cara mencegahnya.

Tanda Whatsapp Disadap

Berikut tanda - tanda Wa yang disadap, dirangkum berbagai sumber:

1. Akun Whatsapp tiba-tiba keluar sendiri

Saat ini akun Whatsapp tak bisa digunakan pada dua perangkat secara bersamaan. Jika nomor yang sama digunakan pada salah satu perangkat akan keluar dengan sendirinya.

Jika terjadi demikian, itu bisa menandakan ada orang lain yang berusaha menyusup ke dalam akun Whatsapp Anda. Biasanya akan muncul notifikasi yang menginnformasikan bahwa nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar dan telah didaftarkan pada telepon lain.

Apabila Anda mendapatkan notifikasi seperti itu, jangan tekan 'Oke'. Sebaliknya, lakukan vertifikasi agar akun Whatsapp tak berpindah ke ponsel lain.

2. Terlihat online padahal tidak aktif

Apabila status online namun Whatsapp sedang tidak aktif, kondisi tersebut bisa menjadi tanda mencurigakan, salah satunya potensi penyadapan.

Untuk mengetahuinya, disarankan untuk melihat status Whatsapp Anda melalui akun lain saat Anda melalui akun lain saat Anda tak sedang membuka aplikasi Whatsapp di ponsel maupun di desktop.

3. Mendapat kiriman kode OTP

Apabila Whatsapp keluar secara tiba-tiba dan Anda mendapatkan kiriman kode OTP, makan disarankan untuk tidak menyerahkan kode rahasia itu kepada siapa pun.

Jika Anda menyerahkan kode tersebut, secara otomatis Anda memberikan akses akun Whatsapp kepada penyadap. Lewat kode OTP ,penyadap bisa dengan mudah masuk ke akun dan meraup data yang ada di akun tersebut.

4. Mengirim chat sendiri

Jika Anda merasa tak mengirimkan pesan tetapi ada pesan terkirim dari kolom chat, maka bisa jadi ada seseorang yang sedang menyadap Whatsapp Anda.

Mengirim pesan tanpa sepengetahuan pengguna menjadi salah satu tanda Whatsapp disadap. Untuk itu, amati jika ada aktivitas yang mencurigakan di akun Whatsapp Anda.

5. Pesan telah terbaca

centang dua berwarna biru menjadi penanda sebuah pesan di kolom chat sudah dibaca.tetapi jika anda merasa tak pernah membaca atau membuka pesan tersebut, bisa menjadi salah satu ciri-ciri Whatsapp disadap dari jauh.

Pada kondisi tersebut, akun Whatsapp pengguna disalin ke aplikasi kloning Whatsapp menggunakan kode QR yang biasanya digunakan pada WA web.

6. Hp sering panas, baterai boros

Jika baterai ponsel Anda sering terkuras lebih cepat dari biasa dan melihat ada notifikasi pengunduhan yang sedang berlangsung tetapi tak dikenal, akun WA Anda berindikasi disadap oleh pihak ketiga.

Tanda lain adalah hp sering panas dengan sendirinya bahkan ketika layar di matikan. Gejala hp panas ini bahkan terasa lebih sering dari sebelumnya, maka Anda harus berhati-hati bahwa prosesor tengah melakukan pekerjaan berat dan kemungkinan disadap.

7. Whatsapp sering lemot dan eror

Jika Whatsapp tengah disusupi orang lain. Anda mungkin memperhatikan bahwa ponsel Anda, terutama Whatsapp, akan berjalan lebih lambat dari sebelumnya. Hal tersebut terjadi karena penggunaan RAM yang berlebihan untuk aplikasi tertentu.

SELANJUTNYAA>>>>>

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image