Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Melatih Diri Menjadi Mahasiswa Kreatif

Eduaksi | Wednesday, 23 Feb 2022, 16:34 WIB

Di zaman yang serba modern seperti ini, para mahasiswa dituntut agar bisa berfikir kreatif dan inovatif. Bahkan banyak dunia industri yang memerlukan sumber daya manusia yang sangat kreatif dan inovatif. Kamu dituntut agar berfikir yang out of the box dan bisa berkreasi semaksimal mungkin. Sebagai mahasiswa penerus generasi bangsa, kamu harus siap untuk melatih pola pikir kembali.

Berikut ini adalah tips yang tepat untuk meningkatkan daya kreativitas yang bisa kamu coba

1. Mencari insight baru

Pertama-tama kamu harus membuka diri dengan mencoba melakukan hal-hal yang baru, dengan begitu mungkin kamu bisa menemukan insight baru di sekitarmu. Bisa dimulai dengan mengikuti beberapa seminar atau webinar sampai mengikuti kursus.

2. Perbanyak membaca

Ada pepatah mengatakan ilmu itu ada di mana-mana, pengetahuan di mana-mana tersebar, kalau kita bersedia membaca dan bersedia mendengar. Ingat ide kreativitas itu bisa datang dari mana saja, jadi biasakanlah membaca.

3. Membuat catatan

Memang ada kalanya pikiran kita buntu, tetapi ada kalanya juga pikiran kita tiba-tiba muncul banyak sekali ide. Fungsi catatan ini adalah untuk menampung semua ide tersebut, lalu kamu bisa fokus menyusun strategi yang akan kamu jalankan.

4. Berkumpul dengan orang yang ahli atau kreatif

Memiliki teman yang kreatif bisa menularkan ke-kreatifitasnya kepada kamu. Contohnya kamu bisa meminta masukan atau sudut pandang darinya untuk memecahkan suatu masalah. Bisa jadi ketika kamu memiliki masalah itu terjadi karena terlalu fokus dengan satu sudut pandang dan tidak melihat dari sudut pandang yang lain.

5. Beristirahat yang cukup

Ketika tubuh dan pikiran sudah diforsir untuk melakukan segala hal, maka yang tidak kalah pentingnya itu istirahat. Sejumlah penelitian menunjukan bahwa ketika memberikan waktu istirahat untuk otak, disitulah akan muncul kemampuan otak yang lebih baik dan kreatif.

Menjadi orang yang kreatif tidak selalu membutuhkan bakat maupun pendidikan yang mahal. Namun kreatif itu bisa didapat dengan latihan dan pengembangan, karena semua orang sudah pasti memilikinya. Nah pertanyaannya apakah yang kamu sudah siap untuk menggali lebih dalam ide yang muncul atau tidak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image