Membangun Ekosistem Terbaik untuk Atlet eSport

Image
Dewangga Setiawan
Olahraga | Monday, 21 Feb 2022, 13:33 WIB

Mau jadi apa nantinya kamu main game terus begitu?

Main game tidak bisa menjamin masa depan kamu!

Main game hanya buang-buang waktu dan duit!

Memang bisa sukses kalau jadi gamers?

Begitulah kira-kira ucapan yang sering kita dengar dari orang tua ketika tahu anaknya memiliki cita-cita sebagai seorang gamers professional. Ada yang senasib? Sini kita tos dulu!

Masih banyak diantara para gamers yang belum mau menunjukkan passion kepada orang tuanya, hingga kini saya yakin pasti banyak diluar sana yang sembunyi-sembunyi saat mengikuti turnamen dan baru akan show off ketika menuai prestasi.

Stigma negatif dari dulu hingga sekarang terhadap profesi gamers masih melekat walaupun zaman sekarang perkembangan teknologi dan game sudah jauh lebih baik dibandingkan dulu. Gamers sudah bertransformasi menjadi profesi yang menjanjikan dan dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Berbeda dengan game pada umumnya, eSport lebih mengedepankan komunikasi, koordinasi dan interaksi melalui saluran digital yang didukung dengan internet andal.

Kunci Memaksimalkan Potensi Anak di Dunia eSport

Pertama Orang tua dan sekolah merupakan ekosistem tumbuh kembang anak yang mana merupkan kunci untuk memaksimalkan dampak positif serta memutus dampak negative dari bermain game. Orang tua pun juga harus ikut terjun turun tangan untuk ikut serta mendalami dunia games yang sedang digemari oleh anaknya.

Hal ini bisa digunakan untuk menerapkan aturan-aturan disiplin sehingga anak bisa bermain game dengan visi dan misi yang jelas. Dukungan orang tua terhadap aktifitas main game di rumah salah satunya dengan menyediakan kemudahan akses internet cepat.

Seperti yang kita ketahui menjadi atlet eSport bukan terbentuk dari adanya bakat namun juga buah hasil dari berlatih tanpa batas supaya skill lebih terasah serta problem solving & logic lebih tajam.

Industri eSport di Indonesia Terus Berkembang

eSport menjelma menjadi cabang olahraga favorit generasi milenial sekarang, popularitas game online yang juga semakin bertambah penggunanya, membuat berbagai brand untuk menggelar turnamen game online lokal dengan nominal hadiah yang bukan kaleng-kaleng hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Sama seperti olahraga lainnya, meski terlihat remeh eSport juga memerlukan sosok pelatih yang memegang kendali dibalik layar untuk ikut yang melatih mental, berkomunikasi, menganalisis dan memberikan strategi ataupun metode terbaik mengembangkan performa tim menjadi juara.

Dalam menyiapkan atlet terbaik juga perlunya sebauh wadah untuk untuk menguji potensi besar calon atlet eSport untuk ikut berkontribusi membawa Indonesia bersaing ke mancanegara. Akademi eSport LEAD by IndiHome adalah salah satu bukti nyata Telkom dalam menyiapkan atlet eSport terbaik Indonesia

Dimulai sejak September 2021 lalu, kini LEAD by Indihome memasuki fase puncak inagurasi. Setelah melewati rangkaian fase kualifikasi dan pembinaan dari para mentor profesional, secara resmi IndiHome mengumumkan 14 akademia yang lulus sebagai atlet eSport Indonesia.

Dibina dengan penuh disiplin baik fisik maupun mental dan diuji dengan mengikuti berbagai turnamen eSport tingkat Asia Tenggara, salah satunya adalah Wild Rift Champion SEA (WCS). Di kompetisi bergengsi tersebut, perwakilan akademia LEAD by IndiHome membuahkan hasil positif dengan berhasil masuk di enam besar di Indonesia.

Dengan ini LEAD by Indihome berperan dalam membangun ekosistem eSport di tanah air yang mampu melahirkan atlet-atlet eSport terbaik untuk ikut serta dalam turnamen eSport.

Langkah berikutnya adalah terus merawat mental sportif yang menjunjung rasa nasionalisme yang tinggi karena atlet juga merupakan duta bangsa yang membawa nama Indonesia.

Orang tua hingga pelatih sangat berharap besar dengan hasil pembinaan selama di Akademi eSport LEAD by IndiHome yang nantinya mampu membuahkan hasil dan menjadikan academia atlet eSportterbaik untuk Indonesia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Blogger

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

Social Media Marketing, Aspek Penting Pemasaran Digital

Image

Ilmu Nahwu dalam Syariat Islam

Image

Link Download GB WhatsApp Versi Terbaru September 2022 Termudah dan Tercepat!

Image

20 Nama FF Keren Tanpa Simbol, Buat Cowok dan Cewek Beserta Artinya Terbaru 2022

Image

6 Orang WBP Lapas Perempuan Palembang Kanwil Sumsel Terima Asimilasi Dirumah

Image

Lapas Brebes Ikuti Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Tahun 2022

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image