Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dewi Hasanah Suprijanto

Media Sosial Sebagai Pemasaran Digital

Bisnis | 2025-05-30 18:54:14
sumber: dokumentasi pribadi

Mengapa Media Sosial Penting untuk UMKM?

Penggunaan media sosial saat ini sangat penting untuk UMKM, sebagai bentuk inovasi pemasaran yang dibutuhkan di era digital ini. Dengan adanya sosial media ini, para UMKM dapat mempromosikan produknya dengan jangkauan target yang lebih luas, karena banyaknya konsumen yang mengakses social media. Selain itu, dapat meingkatkan visibilitas Brand, Wadah Word-of-Mouth terluas, dan media sosial juga efektif serta mudah digunakan oleh semua kalangan.

Salah satu media sosial yang dapat digunakan sebagai media pemasaran adalah TikTok.

Apa Itu Tiktok?

Tiktok adalah sebuah platform digital yang menggunakan sistem rekomendasi berbasis personalisasi. Konten-konten di tiktok bervariasi, seperti edukasi, produk UMKM, tren budaya, dan kuliner. Tiktok memiliki peluang besar untuk UMKM karena dapat menjangkau audiens dengan cepat, luas, dan kreatif.

Dengan menggunakan TikTok para UMKM dapat meningkatkan personal branding, meningkatkan engagement, dan pengikut, serta menghasilkan pendapatan yang lebih banyak.

Jadi, sangat disarankan untuk para UMKM agar dapat menjadikan media sosial sebagai media pemasaran digital.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image