UMKM Wajib Tahu! Begini Cara Efektif Promosi Lewat Medsos
Bisnis | 2025-05-30 09:20:34
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan jenis usaha yang dijalankan oleh individu atau badan usaha yang memenuhi syarat sebagai usaha mikro dan bersifat produktif. Selain itu, perekonomian suatu negara atau daerah juga sangat bergantung pada UMKM. Maka dari itu, dalam menjalankan UMKM alangkah baiknya pemilik usaha harus memiliki rencana pemasaran yang matang agar produk dan jasa yang ditawarkan dapat dikenal luas oleh masyarakat. Rencana pemasaran ini dapat meliputi strategi promosi, penetapan harga, penentuan target pasar, dan pemilihan media promosi yang tepat. Sehingga dapat meningkatkan daya saing usaha dan memperluas jangkauan pasar secara efektif.
Selain itu, teknologi informasi dan komunikasi saat ini juga semakin canggih. Sehingga kesempatan ini dapat dimanfaatkan oleh pemilik usaha untuk memasarkan produknya melalui media digital berupa iklan di internet atau media sosial seperti Instagram, TikTok, Youtube, Facebook, dan WhatsApp. Pemasaran digital ini sangat disarankan untuk digunakan, karena mudah di akses, praktis, dapat meningkatkan penjualan, membangun brand awareness, melakukan promosi secara langsung serta real-time, dan hanya membutuhkan sedikit biaya untuk promosi.
Maka dari itu, pemasaran digital sangat bermanfaat bagi UMKM, karena dapat membantu mereka dalam menjangkau pasar yang lebih luas walaupun dengan modal yang terbatas. Namun, strategi pemasaran digital juga harus direncanakan dengan benar dan melalui beberapa tahapan yang perlu dipahami oleh UMKM :
Melakukan Analisis Pasar dan Target Konsumen
Dalam merencanakan pemasaran harus menentukan terlebih dahulu siapa target pasar dari produk yang akan ditawarkan. Selain itu, pemilik usaha juga harus paham tentang karakteristik konsumen yang dituju, baik dari segi usia, minat, kebiasaan berbelanja, dan platform media sosial yang paling sering digunakan. Misalnya, pengguna medsos di usia remaja lebih sering menghabiskan waktu di Tiktok dan Instagram, sedangkan pengguna dengan usia yang lebih dewasa cenderung menghabiskan waktu di Facebook dan WhatsApp. Maka, pemilik usaha harus menyesuaikan strategi pemasaran yang digunakan berdasarkan karakteristik target konsumennya.
Menetapkan Tujuan Pemasaran
Tujuan pemasaran harus spesifik, jelas, dan realistis agar dapat di evaluasi secara berkala. Tujuan pemasaran ini dapat berupa peningkatan trafik ke toko online, jumlah pengikut di media sosial, dan meningkatkan penjualan. Selain itu, dengan tujuan yang jelas juga dapat membantu dalam penyusunan strategi, pengalokasian anggaran, dan pengukuran keberhasilan kegiatan pemasaran.
Membuat Konten Yang Menarik dan Konsisten
Dalam pemasaran digital, konten merupakan bagian terpenting dari strategi promosi. Konten yang baik tidak hanya menyampaikan informasi dengan jelas, namun juga dapat menarik perhatian pelanggan, dan mencerminkan keunggulan dari produk yang ditawarkan. Pemilik usaha dapat menggunakan berbagai konten dalam menawarkan produknya, seperti menggunakan foto produk yang menarik, video tutorial penggunaan produk, testimoni pelanggan, dan promosi berbasis event berupa giveaway dan diskon untuk meningkatkan interaksi dan penjualan kepada pelanggan.
Memilih Platform dan Strategi Promosi Yang Tepat
Tidak semua platform digital cocok digunakan untuk setiap jenis usaha. Maka dari itu, pemilik usaha harus memilih dengan benar platform yang paling sesuai dengan kebutuhan dan target pasar mereka. Kemudian, pemilik usaha juga harus mengoptimalkan fitur promosi yang tersedia seperti Instagram Ads, TikTok for business, dan WhatsApp business. Selain itu, dengan strategi pemasaran seperti endorsment, kolaborasi dengan influencer, dan penggunaan hastag yang sesuai juga dapat membantu memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas produk atau layanan yang ditawarkan.
Melakukan Monitoring dan Evaluasi
Tahap terakhir dalam proses pemasaran adalah melakukan evaluasi terhadap efektivitas strategi yang telah dijalankan. Media sosial merupakan salah satu platform utama dalam pemasaran digital yang menyediakan berbagai data analitik yang sangat bermanfaat, seperti jumlah tayangan, klik, interaksi pengguna, dan konversi penjualan. Data ini dapat di analisis secara menyeluruh untuk menentukan strategi mana yang paling efektif dan mana yang perlu diperbaiki untuk membuat kampanye pemasaran lebih efisien di masa mendatang.
Sehingga pemasaran UMKM berbasis media sosial adalah cara yang paling efektif dan strategis. Maka, dengan memiliki perencanaan yang matang dan pelaksanaan yang konsisten, UMKM dapat berpeluang besar untuk meningkatkan keberadaan usahanya, menjangkau pasar yang lebih luas, dan meningkatkan pendapatan secara optimal. Selain itu, pemilik usaha juga harus memahami siapa target pasarnya, membuat konten yang sesuai, dan memanfaatkan berbagai fitur media sosial dengan baik. Dengan begitu, pemasaran digital dapat berjalan dengan maksimal dan efektif.
Talitha Salsabila Ariqah (Mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.
