Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Johanes Sutanto

Kuy, Kenali Skema Fixed Allotment dan Pooling Allotment untuk Saham-Saham IPO

Eduaksi | Friday, 18 Feb 2022, 16:48 WIB

Membeli saham IPO (Initial Public Offering) jadi pilihan banyak investor, apalagi saham yang akan tercatat perdana di bursa diproyeksi memiliki potensi cuan yang menggiurkan. Saham-saham yang punya prospek bagus begini biasanya banyak diburu.

Diketahui, IPO (Initial Public Offering) adalah proses penawaran saham perdana bagi suatu perusahaan atau emiten untuk dibeli publik secara terbuka dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

IPO dilakukan suatu perusahaan tertutup yang ingin Go Public atau menjadi perusahaan publik dengan menawarkan dan menjual sebagian sahamnya kepada publik. Manakala investor tahu bahwa perusahaan yang akan Go Public itu bagus secara fundamental maka sahamnya jadi incaran. Investor akan berusaha mencari dan membeli sahamnya.

Nah, bagi yang baru pertama kali akan membeli saham perdana maka mau tidak mau harus membuka rekening efek di salah satu sekuritas. Jika sudah memiliki rekening efek maka investor tinggal melakukan pemesanan melalui sekuritasnya yang saat ini pun sudah serba online.

Selanjutnya terkait penjatahan saham IPO ada dua mekanisme yang tersedia dan wajib diketahui, yakni penjatahan secara pasti (fixed allotment) dan penjatahan terpusat (pooling allotment). Lantas seperti apa perbedaan keduannya?

Penjatahan secara pasti (fixed allotment) dipahami sebagai penjatahan efek sesuai dengan jumlah pemesanan dalam formulirnya. Penjatahan pasti ini memberikan alokasi efek kepada pemesan sesuai dengan jumlah pemesanan dalam formulir pemesanan efek.

Sementara itu, pooling allotment adalah mekanisme penjatahan efek yang dilakukan dengan cara mengumpulkan seluruh pemesanan efek (pooling) dan kemudian dijatahkan sesuai dengan prosedur sebagaimana diatur dalam peraturan dan biasanya dibagi bagi secara proporsional setelah seluruh pemesanan di terima oleh emiten.

Selanjutnya buat investor yang ingin memesan saham-saham IPO di skema pooling allotment, kini pun sudah bisa melakukannya dengan mudah karena sudah serba online semisal melalui aplikasi IPOT. Berikut ini 3 langkah mudah memesan saham-saham IPO di salah satu sekuritas karya anak bangsa dengan tagline #SemuaBisaInvestasi bernama Indo Premier Sekuritas melalui aplikasi IPOT yang sudah memiliki versi untuk pemula bernama IPOT EZ:

1. Login ke IPOT EZ menggunakan username, password dan secure pin.

2. Pilih fitur e-IPO dan langsung pilih saham-saham IPO yang diincar, lihat jadwal public expose, peminatan awal dan penawaran umumnya serta wajib membaca dengan teliti prospektusnya.

3. Lakukan Order dengan melakukan swipe. Jika sudah yakin dengan pilihan saham IPOnya maka bisa langsung melakukan order dengan memasukkan jumlah lotnya, contreng syarat dan ketentuan yang berlaku lalu swipe to order. Order selesai dan telah otomatis tersimpan. Silakan tunggu hingga tanggal distribusi dan cek hasil penjatahan final yang didapatkan di menu Portofolio pada tanggal tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image