Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image triana apriani

4 Alasan Kenapa Wanita Muslimah Harus Memakai Kosmetik Halal

Gaya Hidup | Friday, 18 Feb 2022, 11:15 WIB

Ditengah maraknya berbagai produk kosmetik yang beredar di tengah masyarakat luas, baik itu yang produk lokal asli merk dalam negeri maupun merk impor, produk ber BPOM ataupun produk abal- abal yang dipake artis K-POP ataupun selebgram tersohor. Biasanya wanita kurang berhati- hati dalam hal ini, asal viral, banyak yang pake, apalagi yang ngiklan artis terkenal, main tempel aja dimuka dan badan.

Mirisnya tak sedikit wanita muslimah yang ikut-ikutan beli make up atau kosmetika yang belum jelas kehalalannya. Sebagai umat muslim pemakaian produk halal merupakan suatu kewajiban tidak bisa disepelekan, bukan hanya makanan dan minuman yang dikonsumsi saja yang harus halal, yang lainnya juga harus halal dan salah satunya kosmetika yang merupakan kebutuhan pokok muslimah. Ada 4 alasan menurut LPPOM MUI dibawah ini kenapa wanita muslimah harus memakai kosmetika halal?

1. Kosmetik menempel dikulit dan akan terbawa saat melakukan ibadah

Kewajiban seorang muslim baik itu pria ataupun wanita melaksanakan ibadah wajib yaitu sholat lima waktu, tentu selain tata cara sholat yang tertib dan tumaninah sesuai syari’at islam yang diajarkan Nabi Muhammad SAW, sebelum melaksanakannya kita wajib bersuci dulu yaitu dengan wudhu pake air kecuali kalau lagi sakit bisa diganti dengan tayamum pake debu.

Disaat bersuci itulah kosmetik yang dipake kaum hawa akan menempel dikulit beserta air basuhan wudhu, nah bagaimana kalau kosmetika yang dipakai itu mengandung dari bahan-bahan yang haram dan najis? Sahkah solat kita? Tentu tidak kan, kecuali kalau kita tidak tahu. Tapi, masa sih kita akan pura- pura tidak tahu terus yah ladies...hehe

2. Tidak semua bagian anggota tubuh terbasuh air wudhu, sehingga ada kemungkinan kosmetik masih menempel.

Ini tidak hanya berlaku dibagian wajah saja kosmetik seperti body lotion, nail polish atau cat kuku yang kita oles-oles di jari tangan dan kaki juga harus halal karena kalau non halal dikhawatirkan masih menempel ketika wudhu dan sholat.

3. Kosmetik akan terjamin kandungannya dari bahan non- halal.

Misalnya bahan halalnya 99% bahan non halalnya 1 % tetep itu gak boleh ya ladies. Hampir mirip dengan ungkapan pepatah “karena nila setitik, rusak susu sebelanga”. Walaupun maksud dari pepatah ini adalah karena kesalahan kecil menghilangkan semua kebaikan yang besar. Rada relevan juga ya sama air se-baskom terkena kotoran cicak seuprit, kan jadi najis semuanya. Jadi intinya bahan- bahan kosmetik terbebas dari najis atau bahan non halal sekecil apapun.

4. Beberapa kosmetik tidak dapat menembus air, sehingga menghalangi air wudhu.

Point ini hampir mirip sama point nomor 2 ya, point ini khusus untuk bagian muka terutama kosmetik yang waterproof yang merupakan kosmetik yang diformulasikan tahan terhadap air alias anti luntur, biasanya kosmetik yang berformulasi waterproof itu hampir semua yang menempel di wajah ber-waterproof seperti mascara, eyeliner, eye concealer, foundation, bedak, lipstik dan lain- lain sebagainya kalau disebutin satu- satu buanyak banget.

Memang tujuannya sih agar tahan lama biar gak dikit-dikit bedakan lagi, atau lipstikan lagi sehabis makan atau minum. Kosmetik waterproof ternyata menghalangi masuknya air wudhu ke anggota tubuh yang harus terbasuh air, terutama bagian wajah yang wajib terkena air wudhu...hmmm jadi waterproof itu gak boleh dipake sholat ya ladies, sebelum wudhu baiknya kita hapus dulu make up waterproofnya pake cairan pembersih make up atau lazim disebut remover make up tentunya harus yang halal juga ya biar wudhunya afdhol biar sah ibadah sholatnya juga.

Terus bagaimana caranya donk agar wanita muslimah bisa membedakan kosmetik yang halal dan yang non halal? Yaitu selalu menggunakan produk yang bernomor registrasi BPOM dan berlogo Halal MUI. Dan jangan lupa untuk memperhatikan kandungan/komposisi utama yang di cantumkan dikemasan. ingat ya ladies, tidak semuanya produk 100% alami itu halal.

Biar tampil cantiknya aman dan thoyib ya ladies, sekarang sudah banyak produk kosmetik buatan negeri tercinta yang beredar dipasaran sudah berlabel halal termasuk merk-merk kosmetik yang iklannya juga tentu banyak wara wiri di media elektronik dan media sosial endorsan selebgram, jadi kenapa mesti pilih yang import korea dan diragukan kehalalannya kalau yang buatan anak bangsa halal dan thoyib.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image