Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Cut Amanda Hafiani

Self Love: Bagaimana Cara Belajar Menerima Diri?

Eduaksi | Thursday, 17 Feb 2022, 23:00 WIB

Sering kali kita berpikir untuk menjadikan diri kita seperti apa yang diharapkan orang lain. Kita hanya fokus tentang kelemahan dan kekurangan yang ada didalam diri kita. Hingga akhirnya kita melupakan betapa pentingnya kita memandang diri kita sebagai sosok yang istimewa. Padahal, salah satu kunci kebahagian hidup adalah belajar untuk mengetahui bagaimana cara untuk menerima diri sendiri. Dan proses penerimaan diri sendiri adalah bagian dari self love.

Apa itu self love?

Self love adalah bagaimana cara kita menerima diri mengenai kekurangan serta kelebihan yang kita miliki dan juga menjadi diri sendiri. Mampu menghargai diri sendiri dan berteman dengan diri sendiri sehingga menjadi individu yang lebih baik untuk dirinya sendiri dan orang lain. Contohnya adalah disaat kita sudah berhasil menerima kekurangan dan kelebihan kita, kita akan fokus terhadap tujuan hidup yang kita miliki dan akan merasa cukup dengan usaha yang sudah kita lakukan.

Apa pentingnya belajar menerima diri?

Dengan belajar menerima diri kita akan mampu untuk menerima secara positif apa yang ada di dalam diri kita, mencakup kekurangan dan kelebihan. Lalu berpikir tentang hal-hal apa yang perlu dikesampingkan dan mengubah apa yang seharusnya bisa diubah melalui potensi yang dimiliki. Meskipun dalam penerapannya memang dibutuhkan keteguhan hati yang besar untuk menerima apa yang ada terutama hal yang tidak kita sukai. Dan dengan kita menerima diri, maka kita akan lebih terbuka pada kritik yang diberikan. Hal ini terjadi karna kita telah mampu melihat diri kita beserta potensi yang kita miliki secara realistic.

Apakah self love mudah untuk dilakukan?

Untuk sebagian orang, self love bukanlah hal yang mudah. Self love bisa jadi sulit dilakukan karena ada perasaan kita yang tidak cukup baik. Orang yang tidak menerima dirinya sendiri cenderung akan menghukum dirinya sendiri terus-menerus dengan komentar negatif hingga menggerus harga diri dan membuatnya sulit untuk berkembang setiap harinya. Mereka akan terus merasa tidak aman dan insecure.

Bagaimana cara kita belajar menerima diri?

1. Kenali kelebihan di dalam diri kita

Kita harus bisa mengetahui kelebihan yang ada di dalam diri kita. Karena setiap orang pasti memiliki kelebihan di dalam dirinya! Saat sudah mengetahui kelebihan di diri kita, maka kita dapat mengubah pandangan dan lebih menghargai diri kita sendiri.

2. Kenali kekurangan di dalam diri kita

Tidak ada manusia yang sempurna. Jangan malu dengan kekurangan di diri kita. Malulah ketika kita tidak berusaha untuk memperbaiki kekurangan tersebut. Jadi, kenalilah kekurangan yang ada di diri kita. Sehingga, kita bisa memperbaiki kekurangan tersebut dan menjadi pribadi yang lebih baik.

3. Jangan khawatir dengan perkataan orang lain

Sering diantara kita tidak menjadi dirinya sendiri disebabkan oleh perkataan orang lain. Untuk menghilangkan penyebab ini, mulai sekarang kita harus jangan khawatirkan perkataan negatif tentang diri kita. Kenapa? karna kita tidak bisa mengendalikan pikiran dan perkataan orang lain. Selain itu, kita juga tidak bisa untuk selalu menyenangkan orang lain. Be your self!

4. Jangan bandingkan diri kita dengan orang lain

Semua manusia sudah diberi porsinya masing masing oleh Tuhan YME. Jangan membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain. Tetaplah fokus terhadap tujuan hidup kita.

5. Belajar memaafkan diri

Kita manusia yang tidak luput dari kesalahan. Dan seringnya kita bisa begitu keras pada diri kita sendiri. Kadangkala kita menghukum diri kita sendiri terlalu banyak untuk kesalahan yang kita lakukan. Berlatihlah untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri ketika kita melakukan kesalahan. Ingat, tidak ada kegagalan jika kita telah belajar dan tumbuh dari kesalahan kita. Hanya akan ada pelajaran yang kita dapatkan.

6. Memiliki tujuan hidup

Jika kita memiliki tujuan hidup, kita akan merasa lebih nyaman dengan diri sendiri ketika kita berhasil mencapai tujuan hidup kita. Kita akan lebih mencintai diri sendiri jika kita telah mencapai apa yang ingin kita lakukan.

7. Perhatikan lingkungan sekitar

Kita harus dapat menempatkan diri di lingkungan yang tepat. Agar diri kita dapat berkembang lebih baik. Jauhi lingkungan yang membuat kita semakin buruk karna itu akan membawa dampak negatif ke diri kita.

Diatas adalah 7 cara untuk menerima diri sendiri. Menjadi diri sendiri itu tidaklah sulit. Cobalah dulu cara menerima diri sendiri. Memang di awalnya kita akan ragu atau sulit. Namun yakinlah, cepat atau lambat kita akan menjadi diri sendiri apa adanya sehingga kita lebih bahagia dan lebih menikmati hidup. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan lewat membaca artikel ini bisa membuat kita berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image