Literasi Digital Bisnis: Keragaman Konsumen pada Coffeshop
Bisnis | 2025-01-02 21:49:29Era globalisasi ini mengubah banyak hal, termasuk gaya hidup masyarakat. Khususnya bagi pemuda dan orang dewasa yanng mulai memiliki gaya hidup berkumpul di sebuah cafe atau coffee shop untuk sekedar menghabiskan waktu atau mengerjakan tugas dan pekerjaan. Setiap cafe dan coffeshop pastinya mengharapkan adanya pembelian ulang secara terus menerus dari konsumennya.
Dalam persaingan bisnis yang semakin berkembang, perusahaan harus menentukan tren gaya hidup urban, branding dan pemasaran, serta lokasi cafe atau suasana cafe. Perusahaan juga harus melihat persaingan pasaingan pasar saat ini agar dapat mengeditifikasi keinginan dan kebutuhan agar bisa memuaskan pelanggan.
Manajemen pemasaran adalah usaha perencanaan untuk mengendalikan kegiatan pengeorganisasian untuk mencapai tujuan dari perusahaan itu sendiri secara efektif dan efisien. Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih, pemasaran digitalisasi salah satu cara untuk mengembangkan bisnis coffe shop. Dengan adanya paltform digital seperti instagram, tiktok serta lainnya akan membranding coffeshop agar diketahui oleh khalayak umum. Dan didukung dengan penyedia aplikasi seperti pemesanan online atau pembayaran sistem digital.
Demografi konsumen dalam keragaman konsumen di coffeeshop melibatkan berbagai faktor seperti usia, pekerjaan, tingkat pendapatan, serta preferensi minuman dan makanan. Coffeeshop harus mampu menyesuaikan penawaran produk untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari berbagai latar belakang. Misalnya, kaum muda cenderung mencari suasana Instagramable, sementara pekerja profesional menginginkan tempat yang nyaman untuk bekerja.
Preferensi dan Gaya Hidup juga penting dalam keragaman konsumen yang memiliki preferensi berbeda terkait menu, suasana, dan pelayanan di coffeeshop. Keragaman produk yang dibeli oleh pelanggan dapat memenuhi kebutuhan tertentu dan memberikan manfaat tertentu, fitur produk tidak hanya meliputi aspek fisik produk (tangible features) tetapi juga kedua aspek immaterial (intangible features) seperti gambar dan jasa tidak dapat dilihat. Keragaman produk merupakan salah satu unsur yang harus diperhatikan oleh para pengusaha bisnis karena dengan produk yang beragam akan meningkatkan minat pelanggan untuk berkunjung ke coffee shop dan mendorong pelanggan untuk berbelanja. Suasana coffee shop dalam bisnis sangatlah penting untuk diperhatikan karena dapat menciptakan keadaan emosional pada pelanggan yang membuat perasaan senang dan memicu keinginan untuk melakukan pembelian. Selain itu dalam kualitas pelayanan juga berpengaruh terdapat keragaman konsumen, jika layanan yang diterima sesuai bahkan dapat memenuhi apa yang diharapkan maka jasa dikatakan baik atau positif. Jika perceived service melebihi expected service, maka kualitas pelayanan dipersepsikan sebagai kualitas ideal. Sebaliknya apabila perceived service lebih jelek dibandingkan expected service, maka kualitas pelayanan dipersepsikan negatif atau buruk. Oleh sebab itu, baik tidaknya kualitas pelayanan tegantung pada kemampuan perusahaan dan sifatnya memenuhi harapan pelanggan secara konsisten.
Kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa yang didapatkan seseorang dari membandingkan antara kinerja produk yang di persepsikan. Kinerja produk (Percieved performance) 18 sangat bergantung kepada kepuasan seorang pelanggan. Kepuasan seorang pelanggan terhadap kinerja produk dengan membandingkan ekspektasi dan apakah pelanggan juga menginterprestasikan adanya deviasi atau gap diantara kinerja dan ekspektasi tersebut. Apabila kinerja lebih rendah di bandingkan dengan ekspektasi, maka pelanggan itu akan merasa tidak puas. Begitu juga sebaliknya, pelanggan akan merasa puas atau sangat puas bahkan bahagia (Delighted) jika kinerja melampaui ekspektasi.
Dengan demikian keragaman konsumen pada coffeshop dilihat dari demografi konsumen, preferensi dan gaya hidup, digitalisasi pemasaran, dan kualitas pelayanan memiliki efek yang positif terhadap kepuasan pelanggan pada coffeshop. Penyedia layanan harus selalu memperhatikan pelayanan yang diberikan demi menjaga kesan yang baik kepada pelanggan serta dalam penyelenggaraan pelayanan harus memperhatikan standar prosedur yang telah ditetapkan. Berbagai strategi diupayakan untuk dapat menciptakan kualitas pelayanan terbaik untuk dapat memenangkan hati pelanggan dan mencegah pelanggan untuk beralih menggunakan produk atau jasa dari coffeshop lain.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.