Kemudahan Fasilitas Rumah Sakit dengan Transformasi Digital?
Teknologi | 2024-11-18 22:35:46Sistem informasi di rumah sakit juga mengalami kemajuan yang pesat dalam memberikan pelayanan kepada pasien – pasien, managemen rumah sakit, maupun bagi tenaga kesehatan dalam rumah sakit. Sistem informasi dan digitalisasi di rumah sakit telah banyak diterapkan seperti SIMRS (Sistem Informasi Managemen Rumah Sakit), Rekam Medis Elektro (RME), Telemedicine, Sistem Informasi Laboratorium, sistem rujukan dan masih banyak yang lain.
Sesuai dengan program pembelajaran dari Prodi Magister Adminitrasi Rumah Sakit (MARS) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Field Site Teaching (FST) bagi mahasiswa MARS UMY di RS PKU Muhammadiyah Gamping pada tanggal 08 November 2024 terkait pengembangan, pemakaian sistem informasi managemen rumah sakit (SIMRS). Tujuan dari pembelajaran adalah memberikan gambaran penerapan – penerapan sistem informasi rumah sakit era transformasi sekarang. Berbagai Sistim Informasi yang telah dikembangkan, Tri Sudarwati mahasiswa Prodi Magister Admintrasi Rumah Sakit (MARS) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tertarik mengulas Sistem antrian dan pendaftaran online.
Sistim antrian dan pendaftaran online dimana sudah banyak rumah sakit yang juga telah mengimplementasikan sistem antrian dan pendaftaran online mempercepat proses pelayanan kepada pasien. Sistem ini menjadi sebagai tantangan pelayanan kesehatan yang semakin kompleks, terutama dengan rumah sakit yang kunjungan pasiennya tinggi. Dimana sebelum penerapan sistem antrian dan pendaftaran merupakan sumber keluhan bagi pasien maupun petugas pendaftaran rumah sakit. Antrian panjang, pasien maupun keluarga diharuskan datang pagi – pagi sekali untuk mendapatkan nomor antrian di pendaftaran pasien, selanjutnya mengantri di loket pendaftaran dan antri di ruang tunggu dokter,waktu tunggu yang tidak pasti, dan proses administrasi yang lama sering dialami pasien. Dengan penerapan sistem antrian dan pendaftaran online dapat mendaftar secara online melalui aplikasi atau website rumah sakit sebelum datang bahkan dapat mendaftar setelah diberikan pelayanan saat itu, dengan antrian digital pasien dapat memantau nomor antrian yang tampak di layar TV, pasien dapat mengukur prediksi waktu tunggu, efisiensi administrasi.
KELEMAHAN DAN TANTANGAN DIGITALISASI
Dengan penerapan digitalisasi ini, dari beberapa rumah sakit masih terkendala dalam pelaksanaannya seperti akses terbatas untukbeberpa pasien yang lansia atau tinggal di daerah minim digitaliasi, resiko ketergantungan teknologi apabila terjadi masalah pada server atau aplikasi, kurangnya kesiapan dari SDM karena tidak semua petugas rumah sakit terlatih, rumah sakit ada yangmasih membatasi fitur – fitur pelayanan seperti di pilihan pelayanan atau di jadwal dokter, dan ketergantungan pada koneksi internet bila jaringan lemah resiko waktu tunggu antrian juga lama.
Meskipun ada tantangan, terutama terkait aksesibilitas bagi sebagian pasien dan ketergantungan pada teknologi, transformasi digital ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan. Rumah sakit harus terus berinovasi dan memperbaiki sistem mereka untuk memastikan bahwa teknologi ini dapat diakses oleh semua kalangan pasien, serta meningkatkan kenyamanan dan pelayanan yang lebih baik ke depannya.
Dengan penerapan yang tepat, digitalisasi sistem antrian dan pendaftaran online dapat menjadi bagian penting dari transformasi digital di sektor kesehatan, yang berdampak positif pada pelayanan kesehatan yang lebih cepat, efisien, dan berbasis teknologi.
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.