Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Luqman Hakim

7 Universitas Negeri di Tangerang Terbaik

Eduaksi | 2024-10-20 12:13:13

Universitas negeri di Tangerang terkenal dengan fasilitas dan program pendidikan yang baik. Tidak heran jika provinsi ini menjadi salah satu tujuan para pekerja untuk mencari nafkah karena lokasinya yang berada di dekat Jakarta.

Source: pixabay.com

Tangerang sendiri memiliki beberapa universitas negeri yang sangat terkenal seperti STAN. Selain itu, daerah ini memiliki beberapa universitas negeri lainnya yang tidak kalah bagus.

7 Universitas Negeri di Tangerang Terbaik

Dilansir dari pojokmahasiswa.com, berikut ini 7 universitas negeri di Tangerang terbaik yang bisa anda tuju

1. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau yang biasa disebut dengan UNITRA merupakan salah satu universitas negeri di Tangerang akreditasi A terbaik yang didirikan pada 1 Oktober 1981. Universitas ini resmi berubah menjadi Negeri pada 19 Maret 2001 lalu.

Sampai saat ini Unitra telah memiliki 6 fakultas dengan 1 Program Pascasarjana. Oleh sebab itu tidak heran jika universitas ini menjadi salah satu universitas yang banyak dicari oleh sebagian calon mahasiswa yang berada di Serang, Tangerang, dan sekitarnya.

2. Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin

Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin merupakan salah satu universitas negeri di Tangerang yang murah yang didirikan pada tahun 1961. Dinamakan Sultan Maulana Hasanuddin karena beliau merupakan seorang pendiri Kesultanan Banten.

UIN Sultan Maulana Hasanuddin telah memiliki 4 fakultas, yaitu Fakultas Ushuluddin, Ekonomi & Tarbiyah, Tarbiyah, Syariah dan akan membuka fakultas baru yaitu Psikologi, dan Dakwah.

Nah bagi anda yang ingin mendalami ilmu agama, universitas ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

3. Politeknik Keuangan Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara atau STAN adalah salah satu universitas negeri di Tangerang Selatan yang berada di bawah naungan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Kementerian Republik Indonesia.

Didirikan pada tahun 1952 dan diresmikan pada tahun 1977, STAN menjadi universitas favorit di Tangerang karena memiliki potensi yang cukup besar bekerja di pemerintahaan. Oleh sebab itu tidak heran jikan kampus negeri di Tangeran yang satu ini menjadi rebutan calon mahasiswa di Indonesia.

4. Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banten

Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Banten atau yang biasa dikenal dengan Poltekkes Banten merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Tangerang milik pemerintah yang didirikan pada tanggal 28 Juni 1980.

Universitas ini dikelola langsung oleh Departemen Kesehatan di bawah Kepala Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia atau PSDM. Nah bagi anda yang ingin kuliah di bidang ilmu kesehatan, universitas ini menjadi pilihan yang sangat tepat.

5. Politeknik Pelayaran Banten

Politeknik Pelayaran Banten adalah sebuah perguruan tinggi negeri di Tangerang yang berfokus pada pendidikan vokasional. Perguruan tinggi ini berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan dan didirikan pada tahun 1978.

Politeknik Pelayaran Banten menawarkan tiga program studi yang meliputi Nautika, Permesinan Kapal, dan Manajemen Transportasi Laut.

6. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika

Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah salah satu perguruan tinggi negeri di Tangerang yang memiliki biaya kuliah yang terjangkau. STMKG berada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan diresmikan pada tanggal 4 September 1984.

Perguruan tinggi ini merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang tertarik dalam bidang cuaca, iklim, perubahan atmosfer, dan lain sebagainya. STMKG menawarkan empat jurusan yang dapat dipilih, yaitu Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi.

7. Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Tangerang Selatan. Universitas ini didirikan pada tahun 1960 dan resmi beroperasi berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

Kampus UT Pondok Cabe menyelenggarakan pendidikan melalui empat fakultas yang berbeda. Keempat fakultas tersebut meliputi Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, Fakultas Matematika, dan Fakultas Keguruan.

Kesimpulan

Berikut informasi dari pojokmahasiswa.com tentang 7 universitas negeri di Tangerang beserta jurusannya yang bisa anda jadikan referensi jika ingin melanjutkan kuliah di Tangerang, Banten. Terima kasih!

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image