Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Bakti Bersama

Keutamaan Mengucapkan Salam 'Assalamualaikum'

Gaya Hidup | 2024-10-18 13:53:54
Sumber Gambar : canva.com

Bakti Bersama - Mengucapkan salam merupakan sunnah yang dianjurkan dalam Islam. Salam adalah suatu penghormatan kepada muslim lain dengan mengucapkan “Assalamu’alaikum” (semoga keselamatan tercurah atas mu). Allah Ta’ala berfirman : “Wahai orang- orang yang beriman, janganlah kalian memasuki rumah-rumah yang bukan rumah kalian sebelum kalian meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya.” (quran surah An Nur Ayar 27). Para ulama menyatakan bahwa hukum memulai mengucapkan salam kepada orang lain adalah sunnah sementara menjawabnya adalah fardhu kifayah.

Keutamaan salam lainnya yaitu pertama, tersebarnya rasa cinta dan kasih sayang di tengah-tengah kaum muslimin. Menciptakan atau mencairkan suasana yang baik ditengah-tengah keluarga bahkan orang lain, sering menjadi tantangan. Namun, Islam hadir melalui salamnya yang penuh dengan keberkahan. “Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman, dan tidaklah kalian beriman hingga kalian saling menyayangi. Maukah kalian aku tunjukkan atas sesuatu yang mana apabila kalian mengerjakannya niscaya kalian akan saling menyayangi. Sebarkanlah salam diantara kalian.” (HR. Muslim no. 54)

Kedua, mendapatkan pahala besar. Rasulullah shallahu ‘alaihi wa salam mengajarkan bahwa semakin lengkap salam yang diucapkan semakin besar pula pahala yang diperoleh. “Barangsiapa yang memula dengan mengucapkan, ‘Assalamu’alaikum’ maka baginya sepuluh pahala. Barangsiapa yang mengucapkan, ‘Assalamu’alaikum warahmatulah’, maka baginya dua puluh pahala. Barangsiapa yang mengucapkan. ‘Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,’ maka baginya tiga puluh pahala.” (HR. Abu Dawud)

Memberi dan mengucapkan salam merupakan amalan yang tampak sederhana, tetapi memiliki keutamaan luar biasa. Karena dalam salam terkandung do’a dengan makna terbaik, rasa hormat, persaudaraan dan cinta kasih. Dengan menjaga kebiasaan memberi dan mengucapkan salam, seorang muslim dapat memperkokoh ikatan sosial dan mendekatkan diri kepada Allah subhanallahu wa ta’ala. Tebarkan salam ke seluruh ummat manusia didunia dengan cinta yang penuh makna : https://www.laznasdewandakwah.or.id/sedekah-buku/2159?lz=ea00

Sumber : Buku Mentoring Kelas X

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Terpopuler di

Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image