Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sayf Anwar

Penasaran Dengan Foto Pertama Dari Teleskop James Webb? Berikut Koleksinya

Teknologi | Tuesday, 15 Feb 2022, 09:37 WIB
Penasaran Dengan Foto Pertama Dari Teleskop James Webb (Dok. ESA/ATG Medialab)

Retizen, REPUBLIKA.co.id -- Apakah kamu penasaran dengan jepretan foto pertama dari Teleskop James Webb diluar angkasa? simak berikut foto-foto dari Teleskop Raksasa di Luar Angkasa tersebut.

Teleskop Luar Angkasa James Webb Saat ini berada di tengah-tengah proses kalibrasi cermin selama berbulan-bulan sebelum mulai menangkap gambar dalam fokus, tetapi NASA telah merilis foto pertama yang diambil yang memverifikasi bahwa ia dalam kondisi kerja yang hebat.

NASA mengatakan Bahwa James Webb hampir menyelesaikan fase pertama dari proses berbulan-bulan untuk menyelaraskan cermin utamanya menggunakan instrumen Near Infrared Camera (NIRCam).

Penasaran? Klik Link Ini Lihat Foto Dari James Webb Telescope

Pekan lalu, NASA melaporkan bahwa Webb sedang dalam kondisi baik dan telah menangkap foton pertamanya , dan hari ini telah menerbitkan foto itu dan menjelaskan apa yang akan terjadi selanjutnya.

”Tantangan tim ada dua: konfirmasikan bahwa NIRCam siap untuk mengumpulkan cahaya dari benda-benda langit, dan kemudian mengidentifikasi cahaya bintang dari bintang yang sama di masing-masing dari 18 segmen cermin utama,” nasa menjelaskan.

”Hasilnya adalah mosaik gambar dari 18 titik cahaya bintang yang terorganisir secara acak, produk dari segmen cermin Webb yang tidak selaras yang semuanya memantulkan cahaya dari bintang yang sama kembali ke cermin sekunder Webb dan ke detektor NIRCam.”

Sebenarnya menangkap setiap gambar tidak semudah apa yang terbayangkan. Mengarahkan teleskop ke HD 844406 dan menjentikkan Rana hingga 18 kali tentu membutuhkan ketelitian.

NASA menyebutkan bahwa proses menangkap gambar melibatkan penunjukan Teleskop James Webb. Dengan 156 posisi yang berbeda di sekitar lokasi bintang yang sudah diprediksi. James Webb telah menangkap 1560 gambar yang saat itu terjadi dan mulai mengartikannya menjadi 54 GB data mentah.

Potret bintang pertama James Webb yang ada melalui proses zoom membantu para ilmuwan NASA menyelaraskan dengan setiap segmen cermin dengan benar dan tepat.

Selengkapnya >> KLIK DISINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image