Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Drajad Dwi

Berapa Kali Sortir Ikan Lele Sampai Panen dan Bagaimana Caranya? Simak Ulasan Berikut!

Bisnis | Friday, 11 Feb 2022, 06:57 WIB

Para peternak perlu memperhatikan berapa kali sortir ikan lele sampai panen karena menyortir kolam ternakan saat budidaya sangat penting untuk dilakukan. Terlebih lagi untuk usaha ternak lele dengan skala besar maka sortir ikan menjadi hal yang wajib dikerjakan secara rutin agar hasilnya bisa menghasilkan profit yang melimpah.

Berapa Kali Sortir Ikan Lele Sampai Panen?

Sortir merupakan kegiatan seleksi dalam usaha pembudidayaan ternak Lele dengan cara memisahkan ikan-ikan budidaya sesuai besar ukuran. Sortir ikan Lele bertujuan untuk menyamaratakan seluruh ternakan sesuai dengan ukurannya agar tidak menjadi kanibalisme.

Sifat kanibalisme biasanya muncul ketika ikan berukuran besar merasa kelaparan sehingga memakan ternakan yang ukurannya lebih kecil. Hal tersebut yang membuat sortir sangat penting agar tak terjadi kerugian saat pembudidayaan, namun berapa kali sebenarnya penyortiran dibutuhkan?

Sebenarnya jika membicarakan berapa kali waktu yang tepat penyortiran ternak Lele sampai panen tidak bisa diseragamkan jumlah nya. Penyortiran tersebut dapat dilakukan setelah peternak menjumpai ada banyak Lele yang ukurannya lebih besar dan tidak seimbang dengan ternakan lainnya.

Umumnya sortir dilakukan sekitar tiga minggu sekali, namun balik lagi peternak harus melihat kondisi Lele apakah sudah membutuhkan penyortiran atau belum. Jika dirasa sudah, maka segeralah melakukan penyortiran agar ternak usaha pembudidayaan tidak habis dimakan Lele besar.

Cara Melakukan Sortir Lele Saat Panen

Saat akan mulai melakukan penyortiran, peternak harus mengetahui dulu apa saja langkah-langkah menyortir yang benar. Ada sejumlah hal penting yang perlu diperhatikan oleh peternak sebelum mulai melakukan penyortiran, di antaranya adalah:

1. Ternakan dalam Keadaan Sehat

Seringkali setelah penyortiran selesai ternak Lele malah jadi banyak yang sakit dan memuntahkan makanannya. Bahkan biasanya sebagian besar dari ternak Lele banyak yang akan mati setelah peternak melakukan penyortiran.

Untuk mencegahnya, sehari sebelum melakukan penyortiran peternak tidak diizinkan untuk memberi pakan pada ternakan Lele. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari sejumlah Lele yang suka memuntahkan makanan saat penyortiran baru selesai.

2. Menyiapkan Kolam untuk Sortir

Langkah kedua, peternak perlu mempersiapkan sebuah kolam untuk tempat melakukan penyortiran yang sebelumnya sudah dibersihkan. Pastikan letak tempat sortir tidak begitu jauh dari kolam asli ternakan agar tidak menyulitkan peternak.

Kemudian isilah seluruh kolam sortiran dengan air sampai tingginya kurang lebih mencapai 40 cm saja. Pastikan juga suhu air kolam tidak memiliki perbedaan cukup jauh, kembali menyesuaikan pH agar ternakan tidak mudah stres.

3. Menyiapkan Tiga Bak Sortir

Selain kolam untuk sortiran ikan lele, peternak juga harus menyiapkan bak penyortiran sebanyak tiga buah. Setiap bak sortiran untuk ternak lele yang dipakai, masing-masingnya punya ukuran berbeda dan fungsinya tersendiri.

Bak sortiran Lele biasanya berbentuk lingkaran seperti ember namun berlubang agar air tidak ikut terbawa. Bak sortir Lele tersebut bisa didapat dari toko pakan hewan ataupun dibeli lewat marketplace.

4. Kurangi Air dalam Kolam Sortir

Setelah menyiapkan tempat dan bak sortir, selanjutnya peternak menuju ke kolam Lele kemudian kurangi air di dalamnya. Dengan mengurangi banyaknya air pada kolam maka dapat membantu peternak untuk mempermudah pengambilan ikan didalamnya.

Langkah selanjutnya peternak bisa mengambil kembali tiga bak sortir ikan ternak yang sebelumnya sudah disiapkan. Pastikan seluruh bak sortir yang akan dipakai masih dalam keadaan yang baik dan tidak ada kerusakan.

BACA JUGA: Ternak ayam broiler kemitraan

5. Pindahkan ke Bak Sortir Satu Dua dan Tiga

Masukan bak berukuran kecil terlebih dulu ke dalam kolam ikan lele, tunggu sampai ternakan yang ukurannya kecil keluar. Setelah ikan kecil berhasil keluar, lele yang masih di bak pindahkan ke sortiran kedua, tunggu sampai ternakan keluar dari penyortiran.

Lanjutkan lagi dengan memindahkan dan memasukkan ternakan untuk di sortir ke kolam ketiga yang sudah disiapkan. Pemindahan ternak sudah selesai, saat proses penyortiran peternak harus berhati-hati agar lele tidak stres dan terluka.

Demikianlah telah di ulas artikel yang terkait dengan sejumlah informasi penyortiran pada budidaya ikan lele. Peternak tidak perlu bingung lagi menentukan berapa kali sortir ikan lele sampai panen sebab artikel di atas juga sudah dijelaskan secara singkat. Selalu audit kegiatan ternak lele yang di lakukan agar menemukan pola beternak yang baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image