Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Endar Julian

Apa Itu Copywriting? Yuk Cari Tahu!

Bisnis | Wednesday, 09 Feb 2022, 11:33 WIB
Sumber gambar: pexels.com/Judit-Peter - Diedit oleh Endar Julian

Saat ini tentunya kamu tidak asing lagi ketika mendengar kata-kata copywriting dan banyak dari kalian yang mempunyai basic untuk melakukan kegiatan copywriting.

Namun, tidak dipungkiri pasti ada juga dari beberapa orang yang belum memahami apa itu copywriting. Mari kita langsung saja bahas secara lebih detail dan jelas.

Apa itu copywriting.

Copywriting adalah salah satu cara yang digunakan untuk menarik para konsumen agar membeli produk atau menggunakan jasa tersebut.

Dahulu kegiatan copywriting hanya digunakan sebagai alat untuk membuat layanan promosi dengan menggunakan billboard maupun tulisan pada beberapa media sosial yang digunakan sebagai alat pemasaran.

Namun, untuk saat ini semua kegiatan pemasaran memerlukan copywriting agar dapat mempermudah kegiatan proses transaksi jual beli.

Pada saat akan merealisasikan kegiatan copywriting bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Untuk cara pertama kamu bisa menggunakan dengan menuliskan kata-kata yang menarik perhatian masyarakat agar penasaran dan akhirnya menggunakan produk atau layanan tersebut.

Sedangkan untuk cara kedua bisa dilakukan dengan cara membuat naskah dan dibentuk seperti video maupun podcast.

Sehingga kamu yang sedang memiliki bisnis maupun usaha bisa memilih akan menggunakan cara iklan mana dan gunakan sesuai dengan keahlianmu agar semua berjalan dengan lancar.

Jenis- Jenis Copywriting

Setelah kamu mengetahui apa itu copywriting maka untuk selanjutnya kamu harus mengerti mengenai macam-macam jenis copywriting.

Daripada semakin membuat kamu penasaran mari kita langsung saja sebutkan macam-macam jenis copywriting yang harus kamu ketahui.

1. Direct Response Copywriting (konten copywriting untuk mengarahkan pengguna untuk melakukan klik)

2. Marketing Copywriting (konten copywriting untuk menyampaikan informasi penjualan seperti manfaat dan fungsi dari sebuah produk).

3. Brand Copywriting (konten copywriting untuk menyampaikan informasi suatu brand/citra).

4. SEO Copywriting (konten copywriting yang ditulis agar dapat lebih optimal di pencarian internet).

5. Technical Copywriting (konten copywriting untuk memberikan informasi mendalam tentang suatu produk atau layanan).

Lima jenis copywriting yang sudah di sebutkan di atas harus kamu pahami dan mengerti agar dapat mempermudah proses membedakan antara jenis satu dengan lainnya.

Copywriting Sebagai Hal Penting

Untuk di perkembangan teknologi seperti sekarang ini ketika kamu tidak menjalankan teknik copywriting maka akan membuat usaha kamu mengalami penurunan dalam penjualan.

Maka dari itu kamu harus memanfaatkan kegiatan copywriting sebagai alat untuk mempromosikan semua produk maupun layanan yang kamu punya dengan menggunakan media sosial.

Kenapa menggunakan media sosial? Karena saat ini pengguna media sosial mempunyai jumlah pengguna yang sangat amat banyak jumlahnya.

Sehingga kamu harus pintar-pintar menggunakan manfaat tersebut agar usaha milikmu tetap mengalami jumlah peningkatan penjualan yang signifikan.

Cara Membuat Copywriting Baik dan Benar

Membuat copywriting secara baik dan benar tidak hal yang mudah. Maka dari itu gunakan cara-cara berikut agar menghasilkan copywriting secara baik dan benar.

1. Harus mempelajari terlebih dahulu mengenai produk atau layanan yang kamu miliki atau jual.

2. Memahami kebutuhan dari para audiens kamu.

3. Menentukan headline yang dapat memikat para konsumen.

4. Menggunakan headline dengan lead yang semenarik mungkin.

5. Pada saat kamu mengcopy kata-kata gunakanlah secara baik dan benar.

6. Gunakan kata-kata penutup yang mengandung persuasif.

Cukup sekian informasi mengenai apa itu copywriting, jenis copywriting, pentingnya copywriting sampai dengan cara membuat copywriting yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image