Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Institut Daarul Quran

Teknik Pomodoro, Teknik untuk Belajar Secara Efektif

Eduaksi | Friday, 04 Feb 2022, 15:14 WIB

Sebagai seorang mahasiswa, belajar merupakan aktivitas yang harus kamu lakukan setiap harinya. Namun kamu pasti pernah baru buka buku 10 menit tapi sudah kehilangan fokus dan malah membuka handphone. Namun ketika dipaksa untuk terus menerus belajar nantinya pikiran kita akan kelelahan sehingga sulit menyerap pelajaran yang dipelajari.

Lalu apa solusinya? Kali ini admin akan mengenalkan tentang Teknik Pomodoro yang mungkin bisa kamu terapkan atau bahkan sudah kamu terapkan namun kamu belum mengetahuinya.

Teknik Pomodoro adalah solusi manajemen waktu yang dikembangkan oleh seorang mahasiswa perguruan tinggi bernama Francesco Cirillo di tahun 1980-an. Teknik ini mendapatkan namanya dari sebuah kata dalam bahasa Italia untuk "tomat", yaitu sebuah penghitung waktu (timer) berbentuk tomat yang dipakai sendiri oleh Cirillo saat menyempurnakan metode manajemen waktunya.

Cara melakukan teknik ini adalah fokus melakukan sesuatu dengan interval selang waktu yang sudah kamu tetapkan. Misalkan 25 menit, dalam 25 menit pertama kamu harus benar-benar fokus dengan apa yang kamu kerjakan. Setelah waktu habis kamu baru boleh beristirahat selama 5 menit. Cara ini bisa dilakukan berulang-ulang, namun untuk awalannya kamu bisa mulai dengan 4 kali perulangan.

Cara Menerapkan Teknik Pomodoro

1. Tentukan tugas atau pelajaran yang ingin dipelajari

Siapkan buku, tugas, bahan belajar, laptop atau alat tulis untuk memulai kegiatan kamu. Atur untuk mengerjakan tugas yang paling prioritas terlebih dahulu.

2. Atur timer

Sebelum memulai, siapkan timer di handphone, pastikan jangan sampai salah agar metodenya bisa berjalan dengan benar.

3. Kerjakan tugas sampai timer berbunyi

Pada waktu ini manfaatkan sebaik mungkin dengan fokus pada tugas yang dikerjakan, kamu tidak boleh terganggu dengan hal lain. Bahkan kamu juga tidak boleh melihat angka di timer agar apa yang kamu kerjakan bisa maksimal.

4. Istirahat selama 5 menit

Istirahatlah ketika timer sudah berbunyi, walaupun tugas yang kamu kerjakan belum selesai. Ini dilakukan agar otak kamu kembali rileks.

Itulah cara menerapkan teknik Pomodoro, dengan teknik ini kamu bisa menantang diri sendiri dengan target waktu. Apabila kamu bisa menyelesaikannya kamu boleh memberi hadiah pada diri sendiri. Dan yang terakhir sebagai umat muslim agar berdoa sebelum melakukan kegiatan agar diberikan kemudahan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image