IMPLEMENTASI GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Image
Suci Dwi Firdayanti
Bisnis | Friday, 04 Feb 2022, 11:03 WIB

Good Coorporate Governance

Good Coorporate Governance (GCG) menurut Indra Surya adalah Good Coorporate Governance terkait dengan pengambilan keputusan yang efektif. Dibangun melalui kultur organisasi, nilainilai, sistem, berbagai proses, kebijakan-kebijakan dan struktur organisasi yang bertujuan untuk mencapai bisnis yang menguntungkan, efisien dan efektif dalam mengelola risiko dan bertanggungjawab dengan memperhatikan kepentingan stakeholder.

Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Good Coorporate Governance merupakan suatu struktur yang mengatur pola hubungan yang harmonis tentang peran dewan komisaris, direksi, pemegang saham dan para stakeholder lainnya dan pada akhirnya akan terhindar dari benturan peran.

Sementara definisi Good Coorporate Governance (GCG) sesuai dengan Surat Keputusan Negara BUMN No. 117/2002, adalah : Suatu proses dan struktur yang digunakan oleh organ BUMN untuk meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas perusahaan guna mewujudkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang dan tetap memperhatikan kepentingan stakeholder lainnya, berlandaskan peraturan perundangan dan nilai-nilai etika.

Tujuan Penerapan Good Coorporate Governance (GCG)

Penerapan sistem Good Coorporate Governance (GCG) dalam perusahaan diharapkan dapat menumbuhkan nilai tambah bagi semua pihak yang berkepentingan. Penerapan Good Coorporate Governance diharapkan dapat memperoleh informasi yang cepat, tepat, dan dapat di percaya agar keputusan yang diambil dapat memenuhi tujuan yang telah direncakan dan ditetapkan sebelumnya. Tujuan perusahaan pada umumnya adalah untuk mendapatkan laba maka dari itu perusahaan harus dapat mengefektifkan laba pada perusahaannya.

Implementasi Good Coorporate Governance terhadap Nilai Perusahaan

Salah satu implementasi Good Coorporate Governance adalah dengan menerapkan CSR (Corporate Sosial Responsibility). Good Coorporate Governance dapat dikatakan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan namun tidak signifikan. Karena dalam prakteknya Good Coorporate Governance pada perusahaan memang dilakukan, tetapi dalam implementasinya masih belum diterapkan oleh perusahaan-perusahaan secara penuh sesuai dengan prinsip-prinsip Good Coorporate Governance atau bisa dikatakan bahwa dalam pelaksanaan praktek Good Coorporate Governance dilakukan oleh perusahaan hanya untuk formalitas saja.

Selain itu terdapat juga sebaian perusahaan besar yang hanya mementingka faktor keuangan saja, tidak memperdulikan faktor non-keuangan seperti Corporate Sosial Responsibility. Padahal semakin tinggi pelaksanaan Corporate Sosial Responsibility di dalam perusahaan maka semakin tinggi pula loyalitas konsumen dalam tingkat penjualan perusahaan sehingga dapat memberikan nila tambah bai perusahaan.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Artikel Lainnya

Image

150 Kumpulan Rekomendasi Caption Instagram Yang Sesuai Dengan Tema Fotonya

Image

Apa Fungsi dari Situs Web Lifeat Io Celebrity yang Sedang Ramai

Image

Tutor Pemasangan Apk PUBG 32 Bit Versi 1.5.0 Lengkap Beserta Link Download

Image

PUBG 32 Bit Apk V1.5 (Link Download Terbaru) Gratis 2022 Lengkap Beserta Cara Pasang Aplikasinya

Image

MP4Juice : Situs Gudang Download Lagu dan Musik Selain MP3Juice

Image

Link Nonton Anime Spy x Family Episode 12 Sub Indo Terbaru

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

Ikuti

Image
Image
Image
× Image